Apakah perlu cek hormon stress – sharing Tata

Hi..salam kenal smuanya… saya tata, usia saya 29thn…. Saat ini saya masih pasien andi hudono…2x keguguran, 2005 kehamilan pertama ectopic dan kedua, th 2006 tidak berkembang, thn 2007 dinyatakan tuba saya sudah blocked, akhirnya april awal kmaren melakukan BT di spore.

Setelah 2 mgg transfer embrio dinyatakan positif…tapi kmaren minggu ke-5 dinyatakan tidak berkembang lagi… karena hasil betaHCG menunjukkan penurunan dan tidak ada kantong yang terbentuk di dalam rahim, sebelum BT saya sdh berkonsultasi dengan dok darah untuk cek ACA, namun sudah 1thn tidak pernah cek ASA lagi dengan dok indra….

Saat ini saya disuru tunggu sampai mens, dan mungkin setelah 3 siklus mens baru akan coba transfer lagi.. saat ini saya mencoba untuk mempersiapkan lebih baik… saya sedang mempertimbangkan untuk melakukan test ASA kembali… selain itu apalagi yah yang saya harus cek? karena dok andi hanya menyarankan untuk konsultasi dok darah saja…. apakahh perlu cek hormon stress? karena setelah 2x gagal sebelumnya saya agak traumatic dengan kehamilan…

Semangat ya teman2…:)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 2.33 out of 5)
Loading...

30 thoughts on “Apakah perlu cek hormon stress – sharing Tata

  1. Kiky

    Hi Tata salam kenal,aku ingin ksh masukan sdkit,ini jg menurut info yg aku dpt dr sharingnya tmn2.sebaiknya km tes ACA(kekentalan darah)krn kl positif artinya darah km nga byk mengandung O2 dan akibatnya aliran darah kr lancar kerahim n embrio nga bs bertahan hidup krn kekurangan suply oksigen td,ada baiknya melaktkan akupuntur 2x seminggu 2bln sblm et utk melancarkan peredaran darah jg.menurut share slh st anggota web minum tim ayam 1xseminggu utk menghangatkan dr,maaf ini bukan penelitian ilmiah lho. Dan menurut dr.ivan bic,dlm BT nga perlu tes Asa,krn telur lsg dipertemukan dg sperm (icsi). Nah semoga bermanfaat infonya. Semoga berhasil ya thaw sycle nya.GBU

  2. juli

    hi tata,salam kenal…
    sy jg rencana BT di sing bln nov. Tata BT di sing dimana? sy rencananya di NUH dgn Prof.P C Wong..
    pernah dgr gak? atau ada tmn2x yg pernah BT dg PC wong?bs bg pengalamannya?

  3. Elin

    hai tata n juli….
    saya juga lagi rencana BT di sing… skrg lagi tunggu mens saja…. saya dgn dokter charles lim.. pernah dengar ttg dokter tsb gak? tata kamu pake doktr sapa?

  4. Velia

    Dear Tata,
    Saya juga ex pasiennya dr.Andi Hudono. Dulu saya insem 2x tapi gagal, trus BT di TMC Kuala Lumpur. Sekarang lagi hamil bayi kembar 29 minggu. Dulu juga sama dr.Andi pernah dicek kekentalan darah & memang hasilnya darahku kental. Jadi sejak itu minum ascardia 80 sampai sekarang. Selain cek kekentalan darah & ACA, aku cuma cek torch aja.

  5. juli

    hi velia
    selamat ya atas keberhasilannya.tmn sy skrg jg lg program di TMC,tp embrionya tdk membelah dg bgs cuman 6,sehrsnya 8.sy dl program BT di malaka jg kurang bgs pdhal sdh suntik yg 300iu,oya umur sy 35thn. velia bs ksh saran gak kt hrs konsumsi apa ya spy telur byk n bgs. tq velia…

  6. Velia

    Hi Juli,
    embryo ku juga dulu ga bagus, paling cuma 5 – 7 sel, ga ada yang 8. Biasanya dokter colin liat, kalau kualitasnya pas-pasan, dia transfer lebih banyak. Kalo bagus (excellent), ditransfer 2, kalo good yang ditransfer 3. Karena kualitas embryo ku pas2an, yang ditransfer 4, yang jadi 2. Kalo telur banyak / sedikit kayanya sulit ya, karena setauku jutaan sel telur dibuat pada saat kita masih bayi. Suntikan gonal f hanya merangsang ovarium melepaskan telur2 dari tabungan yang sudah ada.
    Kualitas telur setauku ada bbrp faktor, yaitu faktor genetik (dari sononya), hormon & nutrisi. Telurku banyak tapi kualitasnya kurang bagus, ga tau karena kecapean (aku pulang kerja malem mulu) atau dari sononya. Waktu insem aja disuntik gonal 3x telurku udah ada 6, tapi ga hamil tuh. Waktu BT kemaren aku suntik gonal 225 IU 8x, telur yang bisa diambil ada 16. Yang jadi embryo 11, tapi yang kualitasnya pas2an cuma 4, lainnya jelek semua.

  7. Velia

    hi Juli,
    PGD tuh apa ya? Dulu gw cuma pake assisted hatching (kulit embryo dibolongin supaya gampang nempel. Yang lainnya standard kok. Trus acara suntik2 juga cuma sebulan (suprefact+gonalf).

  8. Imel

    Hai Velia…
    Gimana kabar kamu n sikembar? semoga baik2 aja yaa…
    Aku bantu jawab soal PGD dikit neeh…
    PGD atau Preimplantation Genetic Diagnosis dilakukan untuk memeriksa kromosom embrio, sehingga hanya embrio dengan kromosom yg sehat saja yg akan di ET. Biasanya embrio yg di PGD di ET pada hari ke5 dan peluang keberhasilannya lebih tinggi. PGD bisa juga sekalian buat nentuin jenis kelamin kalo kita menginginkan jenis kelamin tertentu. Kalo ngak salah Yake juga pake PGD deh. Bener kan Yake?

  9. Velia

    Hi Imel,
    Waktu itu embryo ku kualitasnya ga bagus mel, jadi dokter memutuskan untuk transfer di hari ke 3. Kalo nunggu lagi takutnya malah mati semua. Yang sisa 4 aja udah ngepas banget kualitasnya.

  10. yati

    Hi Imel,
    Imel, sy pernah baca dimajalah, ada dokter obgyn jkt bilang,
    jika seseorang yg sdh berhasil hamil (positif) namun tdk bertahan yakni keguguran itu karena adanya kelainan kromosom pada telur atau sperma suami, mau tanya nih apakah dgn PGD tsb memeriksa kromosom telur & sperma dimana telur & sperma yg bagus itu yg diproces ivf atau PGD hanya utk memeriksa embrio saja?

  11. Imel

    Dear Ci Yati…
    Kalo di TMC KL yg di PGD itu embrio bukan sel telur ato sperma. Krn dgn PGD embrio yg udah terbentuk itu diperiksa kromosomnya, apabila kurang jumlahnya ato ada yg abnormal tidak akan di ET sehingga akan mengurangi resiko keguguran. Semoga bisa membantu ya ci..

  12. Yake

    Dear teman2,

    Iya bener penjelasan mengenai PGD dr Imel..
    Harganya 8000 RM..

    Good luck ya buat semuanya & tetap semangat..

  13. juli

    dear,Imel
    salam kenal…tq uda dijawab mengenai PGD. kalo gt memang ga semua org ya bs PGD.n ktnya cuman di TMC yg ada fasilitas tsb. imel wkt proses nginap dikost mana?boleh minta alamatnya ga? n ssdh ET tinggal terus di KL?
    Thx before…..

  14. Imel

    Hai Juli…
    Sebenernya dokter menganjurkan PGD terutama buat orang2 dengan resiko tinggi seperti umur diatas 40 thn, atau ada riwayat keluarga yg mempunyai kromosom abnormal tapi siapa aja boleh kok minta diPGD embrionya. Mengingat mahalnya harga PGD (RM 8000 per 5 embrio) maka ngak semua orang mau…hehehe. Setau aku sih emang di TMC KL aja yg ada fasilitas PGD. Kalo di NUH Spore ada ngak Jul?

    Aku baru mulai neh prosesnya, sekarang udah suntikan buserelin hari ke10, doain ya Juli semoga semua prosesnya berjalan dengan baik dan lancar. Aku ntar tinggal dirumah dr.Colin Lee yg disewakan, di damansara utama. Rencananya sih mau tetep tinggal disana sampai tes bhcg. Semoga sukses ya Jul, next ivf kamu…GBU

  15. yati

    Dear Imel,
    Memang sgt baik jk embrio yg di ET itu yg bagus kromosomnya, jika tidak, akan buat kita kecewa dimana kt sdh mendptkan
    ” + hml ” tapi hanya sementara aja.(senangnya cuma sebentar aja).
    Thanks Imel , good luck.

  16. juli

    dear Imel,
    semangat ya…mudah2x an sukses…n ketular ke sy…
    ngomong2x kalo bole tau imel uda umur brp?
    kalo di NUH sy ga tau ada pa ngak..sy br tau jg dr tmn yg bikin di TMC sdh umur 41.

    kemana nih Tata nya….kok menghilang…..

  17. Elin

    hallo untuk teman2 yg sedang rencana BT di singapur ato malay ato yg sudah berhasil BT disana… saya mau tanya, setelah ET kalian tetap stay di luarnegri sampai tes urine ato langsung naik pesawat pulang indo and tes urine di indo?
    saya tanya dokter saya katanya tunggu 3 hari setelah ET boleh pulang indo? bagaimana pendapat temen2? secara kan lebih nyaman di rumah sendiri daripada di tempat perantauan… hehehe..
    thanks bt yg mau share….

  18. ani

    saya ani, mao tanya nih waktu di indikasi hamil oleh Dokter dan dilihat umur nya sudah 5 minggu. hasil kantong gastasi berukuran 2.7 x 1 cm berisi yoksac 0.3 cm, beelum tampak fostal echo, kedua ovarium “N”
    nah saya dikasih obat biosanbe n Ascardia 80, kt dokternya biar aliran darah ibu nya lancar tanpa proses cek darah sebellumnya,sekarang usia kandungan saya 6 minggu, selama minum obat itu saya merasa mual, pusing dan karena faktor kelelahan jg kemarin n hari ini saya mimisan, memang tidak banyak n mengalir hanya ada darah di hidung saat saya membersihkan hidung saya,
    waktu saya tanya dokternya dia hanya bilng “stop ascardia, dan minum enervon C” lho saya makin bingung nih, knp kmren dikasih obat itu dan saya baru mengetahuinya skarang karena ada temen yg dlu punya penyakit ACA n dikasih obat itu, sedangkan saya tidak ada indikasi apa2 dikasih ini, apakah saya harus cek USG lagi untuk memastikan kandungan saya baik2 saja ? karena skrang saya jadi ketakutan, mohon bantuanya 🙂

  19. Dewi Anggraini

    Imel dan Yati,
    Saya sendiri sudah mengikuti proses Bayi Tabung dengan metode ICSI dan PGD sebanyak 5 kali di Amerika. Sebenarnya bukan embryo saja yang di PGD, memang umumnya kebanyakan yang dianalisa embryonya begitu. Tapi biasanya untuk mengurangi resiko dari awal, embriologistnya sudah menganalisa telurnya lebih dahulu sebelum dibuahkan dengan spermanya. Jadi, di hari pertama sel telur itu sudah dianalisa terlebih dahulu. Di hari kedua akan dianalisa lagi selnya. Dan di hari kelima sel akan di test sekali lagi supaya hasilnya benar2 pasti dan aman (99% accuracy).

    Saya PGD nya di center yang paling terkenal di dunia yaitu di Reproductive Genetics Institute atau nama lainnya Institute of Human Reproduction di Chicago. Mereka terkenal karena sudah termasuk pioneer atau yang pertama dalam menangani PGD khususnya untuk chromosomes atau penyakit2 lainnya.

    Perlu diketahui bahwa testing ini akan menganggu telur atau embryonya dan setelah PGD bisa2 hanya satu ataupun tidak ada satu telur pun yang survive. Jadi, hanya orang yang memerlukan PGD saja yang dianjurkan mengikutinya mengingat biaya yang juga tidak sedikit. Saya pernah dari 22 telur, sisa satu, sedih banget rasanya. Tapi tidak apa, sekarang saya sudah punya 2 anak yang lucu2…

    OK sekedar sharing PGD sama teman2…

  20. Mila A

    Hello,
    Salam kenal ya.
    Saya mau tanya kalau tes ACA itu dimana dan berapa biayanya..

    Apa dengan tes ACA nanti bisa membantu sampai kelancaran bayi sampai lahir.

    Terima kasih.

  21. ucci

    hai salam kenal semua
    Namaku ucci, domisili di Indonesia, aq sudah hampir lelah berusaha untuk dapat hamil, namun rujukan beberapa dr yg ada di indonesia menyarankan untuk program bayi tabung di Tropikana Medical Centre di kota damansara petaling jaya Selangor Malaysia. boleh tlg donk informasinya ttg TMC kota Damansara KL. cos aq berencana untuk ikut program bayi tabung di TMC dg dr. Collin Lee. kalo ada yang tau dimana bisa tlg no telp or apapun itu untuk dapat tempat tinggal yg tidak terlalu jauh dg klinik TMC. bagaimana caranya untuk buat janji dg dr collin lee agar beliau ada di tempat, aq rencana berangkat tgl 4 februari 2012. makasih teman-teman semua tuk infonya

  22. Ely

    Hi Friends,
    salam kenal ya, and terima kasih banyak u share info ini. aku jg lagi rencana u mulai bayi tabung dibulan july, cuma saat ini haid ku sangat kacau. Apakah teman2 juga sering mengalami haid yg kacau ? kr aku denger klo haid yg kacau.. kesuburan ibu hamil jg susah diprediksi. Tku

  23. Andorra

    To Ely, kesuburanku pun susah dideteksi dan diprediksi. Oleh karena itu aku ikutan bayi tabung. Untuk haid yang kacau biasanya dokter akan memberikan pil Kb selama 3 bulan (kurang lebih) sebelum program bayi tabung dimulai. Semangat ya. Berjuang terus pantang mundur. Semoga membantu.

  24. ely

    Hi Andorra, iya skrg sudah mulai diberikan obat hormon, cuma saya bingung klo kecapekan or stress biasanya akan datang dalam berupa flek. Apakah temen2 yg mengalami masalah hormon bisa memiliki peluang u menjadi seorang ibu ya ? terkadang agak pesimis juga. oh ya Andorra ada referensi u akupuntur di area tangerang ?

  25. Natalia

    Hello Ely…..salam kenal
    Saat Ini saya sedang menjalani program IVF di BIC dgn dr. Ivan, 2 bulan lalu saya sudah mau menjalni program IVF, tapi trnyata telur saya jumlahnya hanya 4 telur, jadi dokter menyarankan menunggu hingga siklus berikutnya. 1 bulan berikutnya ternyata tidak ada perkembangan, hanya ada 4 telur.
    saya menanyakan dgn dokternya adakah cara utk menambah jumlah telur ? dan dokter menjawab tidak ada, karena faktor usia, maka telur akan berkurang. Padahal Usia saya saat ini 33 tahun. dokter juga bingung kenapa telur saya sangat sedikit.
    Atas saran dari teman saya, dia menganjurkan utk akupuntur saja. karen a teman saya haidnya tidak lancar, stlh akupuntur menjadi lancar. Tapi tidak boleh setengah-setengah, harus rutin supaya keliatan hasilnya.
    Akhirnya saya memutuskan utk mengambil 1 packet akupuntur , biar serius jalaninnya ( soalnya lebih murah ambil 1 paket 😉 dpt free 2x akunpuntur )
    saya lakukan akupuntur awal mulai 1 minggu 3x, lalu minggu berkutnya 1 minggu 2x. Oh iya 1 hari sebulum ET saya juga melakukan akupuntur.
    Singkat cerita, saya datang lagi ke dr. Ivan pd siklus haid hari ke 2. Ternyata setelah dilihat jumlah telurku meningkat, ada 12 telur. Akhirnya sekarng bs berjlan program IVF nya.
    Oh iya saya Akupuntur di Tangerang, Chrysant Skincare. yang tanganin dokter nya langsung, alamatnya di Ruko Borobudur blok M/6. Perum 2. telpnya :021-5565.3235. Lokasinya dibelakang Lippo Supermall Karawaci. Oh iya jangan lupa bilang dokternya mau ambil paket untuk hamil, jadi dokternya tau titik-tikik pentingnya. dokternya cewek, jadi kita ga risih waktu di akupuntur, he…he..
    Selamat mencoba yah, semoga berhasil

  26. Ely

    Hi Natalia… Terimakasih banyak u informasinya, saya sdh kesana Chrysant… dan mungkin baru akan mulai awal July setelah saya berhenti kerja bulan ini. Saya agak takut juga u mempersiapkan diri u bayi tabung ke 2 ditahun ini. Oh ya Natalia bagaimana keadaan mu skrg ? sudah mulai masuk bayi tabung dan sudah sampai tahap apa ?… saya doakan semoga berhasil yaaaaaaa . keep in touch ya u informasi mu….

    Hi Andorra… terima kasih banyak u informasinya, iya biasanya dokter kasih obat pil kb… ternyata saya baru tau… kenapa saya sering flek disebabkan Polip yg tebal didinding rahim, jadi april kemarin baru dibersihkan . Saya sudah dikasih waktu u ikut bayi tabung ke2 sampai akhir tahunini, karena dokter tidak tau kapan polip akan muncul lagi dan juga mengingat usia sdh 34tahun. Rencana di bulan Agustus/September baru saya akan mengikuti prog ke2 ini.
    Bagaima kabarmu Andorra … apakah ada kabar yg mengemberikan dari hasil bayi tabung mu ?…

    Aku bener bener senang karena teman teman sudah membantu share informasi ttg bayi tabung ataupun hal yg berkaitan dgn hormon/akupuntur.. semoga Semuanya Sukses yaaa dan Tahun ini semua mendapatkan hadiah terindah.

  27. Natalia

    Hello Ely……
    Kmrn hari sabtu tgl 9 Juni, saya sdh test bhcg , puji Syukur ternyata positif hamil, dgn hasil bhcg 381. kmrn jumlah telur yang matang Ada 12. Tapi yang berhasil diambil 7 telur, yang lainnya tidak terjangkau diambil.
    Dari 7 yang diambil, 1 abnormal, 2 telur tidak matang. Jadi sisa 4 telur yang dibuahi, ternyata hanya 1telur saja yg terbuahi. Dgn pembelahan excellent 8 pembelahan.
    Ternyata walaupun Cuma 1 telur berhasil juga.
    Oh iya Ely, jangan lupa selain akupuntur harus olahraga juga. Saya 2 minggu sebelum program ikut olahraga Yoga & perbanyak makan Putih telur + ikan.
    Jadi kl tubuh kita sehat, niscaya tingkat keberhasilan lebih tinggi.
    Oh iya sebelumnya saya juga Ada endometrium polyp, lalu dioperasi. Suami saya juga Ada masalah dgn spermanya, yg normal hanya 1%. Dan sebelumnya saya sdh 2x insem di bunda, 1 x insem di spore, tapi gagal.
    So, Ely tetap semangat yah, good luck buat programnya di bulan July nanti

  28. Ely

    Hi Natalia… Congratulations yaaaaa karena sudah jadi calon Ibu.. semoga lancar sampai persalinan ya :D. Natalia kemarin program di dokter siapa ? apakah bisa share ?… aku lagi mikir mau change ke dokter di Jakarta, pengen coba konsultasi ama dokter Ivan. Cuma masih belom tau. Oh ya Nat apa bisa minta email add jadi enakkan komunikasi pakai email add or YM ?…. email ku : ely_maryulie@yahoo.com.

    Ku tunggu ya biar bisa chit chat 😀

  29. Natalia

    Hai Ely thank you doanya 😉 kamu juga sukses yah buat next program.
    Saya ikut IVF di BIC dgn dr. Ivan. Btw saya sdh add ym kamu. Di approve yah.
    Thank you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*