Apakah dengan ASA tinggi bisa bayi tabung – Asti

Hai Moms,

Aku Asti, tinggal di sebuah kota di Riau. Sudah lama sekali menjadi pembaca setia bayi-tabung.com namun baru kali ini berniat untuk sharing ke teman-teman semua.

Umurku sekarang 31 tahun dan suamiku 32 tahun. Kami sudah menikah 3 tahun dan aku belum pernah merasakan yang namanya Hamil, meskipun aku dan suami selalu tinggal di kota yang sama dan tidak pernah pisah.

Selama 2 tahun terakhir, aku telah konsultasi dengan obgyn RS di kota tempat tinggal kami dan juga dengan dr. Oetamar Sjamsuddin di Kinik Sam Marie Jakarta (terpaksa bolak balik Jakarta – Riau hampir tiap bulan). Aku sudah melakukan tes darah untuk uji FSH / LH / Prolactin / Progesterone/ ACA/ TORCH, dan semuanya bagus menurut Dokter. Pertumbuhan telurku katanya bagus. Siklus menstruasi ku juga normal, memang agak panjang sih sekitar 32-33 hari, tapi konsisten tiap bulannya. Kadang sering ngerasa sakit kalau hari pertama (hanya 4 jam pertama), tapi menurutku itu masih wajar. Aku juga sudah pernah HSG test tahun 2008, dan hasilnya bagus kedua tuba faloppi ku tidak tertutup. Tapi kata dokter rahim ku retroflection, yang menurut dr. Oetamar itu tidak masalah.

Ketika pertama kali periksa di Sam Marie, Dr. Oetamar menyarankan untuk melakukan tes Kibbrick, untuk mengetahui apakah aku punya masalah dengan Antisperm Antibody (ASA). Dan pada saat itu, kami tahu kalau ASA ku sangat tinggi 1:32788. Kemudian kami dirujuk untuk menemui dr. Indra G. Mansur untuk menyembuhkan masalahku. Aku sudah suntik 6x PLI dan pada masa treatment PLI itu, kami diminta untuk berhubungan menggunakan Kondom, karena dikhawatirkan akan memperlambat turunnya Antibodi ku. Dan aku juga menjauhi makanan yang menjadi pantanganku seperti seafood, ayam, tahu, tempe, teh, kopi, tomat, dll. Semua itu dengan alasan untuk mempercepat penurunan ASA. Alhamdulillah ASA-nya turun menjadi 1:256, dan menurut dokter aku sudah siap Hamil.

Pada saat yang bersamaan, suamiku juga diperiksa sperma-nya, hasilnya cukup baik, namun perlu ditingkatkan jumlah serta kualitasnya supaya semakin banyak jumlah sperma yang bisa bergerak cepat dan lurus. Suamiku juga didiagnosa ada vericocle stadium I, tapi tidak perlu operasi. Dr. Indra hanya memberikan banyak obat (dan mahal-mahal), hehehe. Alhamdulillah setelah minum obat, banyak sekali peningkatannya. Kualitasnya BAIK dan siap membuahi telurku.

Setelah ASA-ku turun, aku mulai program hamil. Yaitu memantau pertumbuhan folikelku untuk mengetahui masa suburku. Aku dikasih obat seperti profertil, ovestin dsb untuk menstimulasi pertumbuhan telurku, dan di hari ke-12 sd 18 mens, aku cek USG dan transvagina untuk memonitor pertumbuhan telurku. Folikelku kadang hanya 1 buah yang tumbuh sangat besar sekitar 20 – 25 mm, menurut dokter ini sih cukup baik. Bahkan pernah juga ada yang besar sekali sampai 30 mm dan belum pecah-pecah, akhirnya sama dokter dikasih suntikan Ovidrel, besokannya periksa eh belum pecah lagi, terus mau dijadwalkan suntik ovidrel lagi, tapi pas dicek akhirnya dia pecah juga. Kenapa ya bisa begitu? Apakah telur terlalu besar itu juga gak bagus? Dan kenapa pecahnya lama ya?

Sampai sekitar beberapa bulan aku terus ikut program hamil dengan memonitor perkembangan telurku dan masa ovulasi, namun belum hamil juga. Akhirnya kami memutuskan untuk INSEMINASI di Sam Marie dengan dr. Oetamar, dan inseminasi pertama ku gagal, aku mens seperti biasa, tepat 14 hari setelah aku insem.

Setelah kami mencoba 6 bulan dari ASA-ku turun untuk program kehamilan normal dan sekali inseminasi, aku belum hamil juga. Memang sih sempat aku terlambat 2 minggu (dan ini jarang sekali), dan ketika mens yang keluar banyak sekali, dan darah berwarna coklat gelap. Dr. Indra biilang mungkin sudah terjadi pembuahan, namun embrio-nya tidak nempel di rahim. Dan dia menyarankan aku untuk Kibbrick test lagi karena sudah 6 bulan takutnya ASA-nya naik lagi. Dan benar ternyata ASA-ku jadi 1:2048, akhirnya aku suntik PLI 3x lagi dan infus Gammaras (sumpah nih infus mahal banget). Setelah treatment kedua ini ternyata ASA-ku masih cukup tinggi 1:1024, dr. Indra sampai bingung, jarang2 yang kayak gini, udah PLI 3x dan infus Gammaras ternyata gak ada peningkatan yg berarti. Akhirnya karena kami sudah pasrah, kita tetap nekat INSEMINASI yang kedua sama dr. Oetamar juga. Dan lagi-lagi, insemnya GAGAL.

Sekarang aku berhenti treatment ASA, karena sudah hopeless. Kadang-kadang ke obgyn ku di kota kami untuk cek perkembangan telur untuk tau masa ovulasi, kami masih ingin aku hamil normal.

Aku lagi berpikir apakah aku perlu Laparoscopy untuk mengetahui apakah aku ada masalah kista, or miom, dsb. Karena kakak ku sebelumnya pernah punya kista besar, dan harus dioperasi, dan Alhamdulillah dia sudah punya anak sekarang setelah dioperasi dan kosong 3 thn. Tapi menurut obgyn-ku hasil dari USG normal-normal saja, tidak ada indikasi kista or myom, dan akupun tidak pernah mengeluh sakit kalau lagi mens, jadi kemungkinan endometriosis kecil. Tapi apakah memang dari USG bisa ketauan ada kista apa ngga? Terus kalau nggak salah banyak perempuan yang tidak pernah sakit mens-nya ternyata ada kista?

Sekarang kami lagi bingung harus apa lagi. Kemarin kami coba ke RS Bunda (klinik Morulla) untuk konsul dengan Dr. Taufik Jamaan, kami berencana mau ganti dokter. Dan menurut dr. Taufik ternyata dia tidak menganut tentang ASA. Memang teori Antisperma Antibody ini gak semua dokter percaya, ada yang percaya ada yang tidak. Nah dr taufik ini salah satu yang tidak percaya. Kami menceritakan kondisi kami, dan dia menyarankan jika mau langsung bayi tabung juga boleh. Tapi kalau masih mau nyoba Inseminasi dengan dia, juga disarankan. Nah aku bingung nih, apakah aku normal dulu, insem dulu, atau langsung bayi tabung ya sama dr taufik? Kalaupun mau bayi tabung kayaknya tahun depan, karena cutiku udah habis tahun ini, hehehe. Ada yang punya pengalaman bayi tabung dengan dr taufik? Kalau dr ivan gimana ya?

Apakah dengan ASA yang tinggi aku masih bisa bayi tabung ya?

Ohya, kemarin aku sempat telat 2 minggu, makanya aku periksa sama dr. taufik, katanya hormonku terganggu, dan aku diminta minum Cyclo Proginova. Aku cek diinternet itu sih untuk mengatur hormon ya, ada yang pernah punya pengalaman minum obat ini? Kalau sudah minum ini kita tidak akan hamil di siklus bulan itu ya? Aku malah disuruh datang konsul di hari ke-3 mens siklus bulan berikutnya.

Oke deh moms and moms wanna be, makasih ya sudah membaca curhatan dan masalahku, semoga bisa memberikan input, masukan dan semangat buatku. Yang pastinya aku senang karena ternyata banyak perempuan-perempuan yang berjuang dan punya semangat untuk punya anak yang bisa menjadi inspirasi buat aku.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 3.60 out of 5)
Loading...

53 thoughts on “Apakah dengan ASA tinggi bisa bayi tabung – Asti

  1. muly

    Hi Asti salam kenal ya,
    Aku dulu setelah beberapa kali gagal insem pernah ke androlog dr indra mansyur itu, tapi bukannya fokus ke pengobatan suamiku aku dinta untuk melakukan tes ASA dan berdasrkan hasil tes ASA aku disarankan melakukan PLI namun stelah 3X PLI dan melakukan program hamil ternyata ga berhasil juga lali aku kembali ke dr obgynku dan dia bilang antibody antisperm itu hanya ngaruh kalau kita mau hamil alami tApi klau insem atau bt ga ngaruh krn sperma tidak terkena cairan vagina

  2. martha

    To : Asti

    Salam kenal, Saran saya sih lansung masuk program bayi tabung aja, kenapa gitu.alasannya :

    Dari segi waktu dan biaya :
    Karena kita menbutuhkan persentasi keberhasilan yang lebih tinggi.Pernah saya baca pengalaman di blog sini, katanya 3x insem biayanya sama dgn 1x bayi tabung dan percentace rata2 insem 10%-20% (tdk sama setiap orang). kalo bt bisa 30% keatas ( juga tdk sama pada setiap orang).So untuk apa kita byk buang2 waktu dan duit nanti makin stress…..

    Dari segi psikologis :
    kalo kita ikut program yg tingkat keberhasilannya paling tinggi untuk teknologi kedokteran saat ini, kita punya semangat yang lebih, karena kalo udah pernah gagal sekali, pasti tetap akan teringat dan perasaan jadi down.Selalu gelisah takut gagal dan akhirnya memicu streessssss lg……
    Kalo di program insem ,kadang analisanya cuma setengah2, tapi kalo di bt, itu semuanya dicek apakah bisa ato tidak masuk program.Saya dulu juga rencana mau insem dulu di medan, tapi dipikir2, kenapa kita tdk milih lansung ke program yg lebih tinggi,padahal kondisi reproduksi saya tidak ada masalah, udah cek papsmear,usg,hsg,dinding rahim. cuma banyak keputihan.Kalo suami saya baru ada masalah spermanya dibawah 10 juta\ml (untuk program insem 10juta keatas dan utk normal 20% keatas)

    Saya baru pertama bt, dan proses fresh cycle saya sudah gagal kemarin tgl 18 Sept, skrg lg tunggu siklus ke2 mens , baru mau thaw cycle lagi.Sisa embrio saya masih ada 5 (di pakai 2 kali et)

    oh. kak asti di riau tinggal dimana ? Saya tinggal di Pekanbaru juga.kak Sudah pernah coba ke dokter di Medan, saya bt dimedan dengan dr. bin.

    kalo nanya Apakah “dengan ASA yang tinggi masih bisa bayi tabung ya?”
    jawabnya : so pasti bisa ikut bt,karena bt itu sperma dan sel telur sudah bersatu menjadi embrio.berarti sudah jadi cuma bisa nempel dan berkembang tidak.Punya saya embrio nya tidak nempel, waktu itu keluar kyk bentuk sepotong daging jempol gitu, sedih banget,hik…..hik…

  3. thin

    Salam kenal…semua
    Sy jg salah satu yg updated di web ini dan sangat membantu,mengingat bbrp dktr cenderung pelit info dan kita jg bingung klo udah di dpn dktr ngomong apa….
    @Martha:saya sangat setuju dgn pendapat anda,klo ujung2nya solusi mau BT ngapain ga lsng aja,kan hemat biaya…
    @asti:mslh km hampir sama dgn saya cmn bbrp dktr yg saya temui blm ada tuh yg saranin tes ASA,sy pny endometriosis yg kecil yg suka ilang dan timbul mknya dktr tdk menyarankan LO lsng BT aja,krn dah coba mcm2 dah 6thn blom jg diberi “titipan” akhirnya kami memutuskan BT….di Mlys,sy tinggal di BTM cmn suami krj di Mlys jd sy tinggal jg disini cmn tdk bekerja..smg usaha kita tdk sia2 aminn….sblmnya udah insem 2x dan gagal..hik’s

  4. Asti

    @ muly : hai muly, salam kenal juga πŸ™‚ wah kamu juga udah treatment PLI ya, udah turun ke berapa nilai ASA-nya? aku udah 9x PLI, pfuuh, kasian nih tangan dah disuntikin terusss. heheheh… Sekarang program PLI-nya lanjut lagi gak? aku udah stop nih bahkan pantangannya udah byk yg dilanggar juga. Ohya, menurut dr Indra kalau ASA kita masih tinggi, akan menyebabkan sulitnya embrio menempel di rahim, karena dianggap benda asing oleh tubuh kita. Hmmm, bener gak ya.

    @ martha : salam kenal martha, aku domisili di duri. wah, aku baru tau kalau di medan ada rs yang bisa BT, dimana martha? bisa kasih infonya gak, berapa persen tingkat keberhasilannya? Kalau kamu di pekanbaru apa gak pengen nyoba ke Malaysia, kan deket juga tuh, bisa ke Malaka or Penang :)good luck untuk thaw cycle-nya ya… ditunggu kabar2nya.. πŸ™‚

    @ thin : thin mau BT di Malaysia ya? mau nyoba dimana? aku sudah sempat contact by email dengan iCare fertility centre di penang, dokternya menyarankan 2 pilihan, nyoba insem sekali lagi atau langsung BT. masih bingung mau BT di jakarta atau di Malaysia. kalau di malaysia kendalanya tempat tinggal aja dan tidak ada yang menemani, kalau di jakarta kan enak ada rumah sendiri dan ada orang tua yang bisa nemani kalau suami harus balik lagi bertugas…

    ok semua ditunggu info-infonya ya πŸ™‚

  5. thin

    @Asti…:Iyaa nih suami kebetulan pas krj disini,tdnya mau di srby cmn ga ada yg nemenin takutnya malah stress,kan klo deket suami lbh tenang aja…,sbnrnya klinik ato rumkit BT di Mlys banyak cmn yg terkenal di MMC melaka,TMC Damansara dan penang,krn memikirkan faktor lokasi (dkt rmh,suami g ada cuti lagi)kemudian biaya,kami memutuskan BT di klinik england (johor bahru) dgn dr Tan jui sheng.(www.victoryivf.com) biayanya sekitar 10rb-15rb RM hampir sama dgn melaka cmn klo Melaka jauh dr rmh 3jam,blom pasiennya byk bgt.Klo di england persentagenya tinggi juga kok dan pasiennya g byk2 amat jd mungkin lbh konsen..hehehe itu mnrt saya loh,Sebenarnya dimana aja klo rejeki gak kemana bener gak…dan hati kita mantapnya dimana,sy dulu sdh insem di sana yg ke-2 (blom berhasil,yg ke-1 di batam)jd record mediknya dah ada sama dr.Tan.
    Oh ya saran aja sih..mending lsng BT aja deh,klo ujung2nya bakal kesitu jg..hemat biaya…trs g usah memusingkan soal ASA,mkn byk pantangan mkn stress aja,klo memang penting banget tuh ASA knp tdk semua dokter menganut paham itu..tul gak??
    So enjoy aja ..jgn stress itu yg utama….Allah tidak akan menguji umatnya melebihi kemampuannya….Give Up!!!

  6. retno

    Halo asti lam kenal..
    Aku jg pasien dr Taufik..dah sempet hamil tp masih gagal. Kalo menurutku mending langsung BT aja deh. Kmrn disaranin dr Taufik buat periksa kekentalan darah..skrg msh terus terapi darah sm dr Karmel..yah smoga program berikutya bs berhasil yah…gutlak!!

  7. erni

    hi semuanya….lam kenal ya
    asti: aku jg pasien dr taufik dan aku skrg g menjalanin program bt dgn beliau…kemaren baru abis transfer embrio ke rahimku..skrg lg menunggu waktu apakah aku positif hamil atau nga pada tgl 17 oktober nanti…aku bingung apakah kehamilanku benar2 terwujud ata nga?..karena aku masih berumur 30taun dan 7 taun menikah jd sangat mengharpkan kehadiran seorang bayi….

  8. Melly

    hallo..sy sangat excited bergabung d blog ini. sy sudah pya anak umur 4 thn,setahun yg lalu sempat keguguran anak ke 2 dan sampai saat ini selalu nyoba hamil lg tp blm brhasil,soalnya ingat umur jg yg udh 30 th,pgnnya umur 35 udh ga hamil lg,pgn gedeun anak aj.sy tinggal d banjarmasin. dokter kandungan disini ada yg lumayan expert d bdgnya tp pasiennya byk bgt,bayangkan kt bs antri ampe jam 12 malam,kadang dokternya udh ga konsen lg dgrin curhat kt. sy pgn nyoba 2nd opinian dokter djkt,kira2 dokter kandungan apa yg bagus untuk program bayi lg?ktnya d RSIA Bunda ada doktr yg bagus,kira2 ada info ga dokternya ga?tks atas info dan sharingnya..
    oya bt mba asti,sy gede dan besar jg d riau,tepatnya d rumbai..lam kenal ya.. πŸ˜‰

  9. shanty.A

    Asti,,salam kenal.
    Coba deh dibaca buku karya DR. Alan Beer…isinya cocok dgn keadaan asti yg ada gangguan Immunologic…bayi tabung,,ASA tinggi,,antibody tinggi,,, Anti sperma tinggi dll.
    Judulnya ” Is your body baby friendly? unexplained infertility, IVF failure and Miscarriage””. Banyak pasien yg pernah dirawat Dr. Beer dan punya kasus kayak Asti.
    Coba juga terapi akupuntur krn ada titik akupuntur tertentu yg bisa membuat tubuh kita lebih kalem,,,Baca karya Dr. Randine lewis,Ph.D tentang akupuntur agar body / darah kita jadi kalem tdk punya immune sistem yg terlalu agresif sehingga embrio bisa tumbuh dgn baik + ada juga bahan makanan tertentu yg harus pantangan dan yg sebaiknya dimakan.

  10. Asti

    @ thin : goodluck dengan program bayi tabungnya ya. makasih buat masukannya, aku semakin yakin buat BT nih.
    @ retno : kita sama-sama pasien dr taufik ya, hmm retno kalau konsul di rs bunda atau klinik morulla? kalau di klinik morulla relatif lebih mahal ya, kemarin aku konsul dan usg trans v plus biaya admin habis 485rb, kalau ketemu dgn dr taufik di rs bunda menteng katanya cuma 200rb-an udah termasuk trans v, bener gak ya..
    @ erni : wah, aku ikut deg2an nunggu hasilnya erni nih, nanti kabarin ya say kalau udah tgl 17 berhasil atau nggaknya. yang penting yakin aja, dan ikhlas juga, pasti semuanya udah ada yang ngatur, mudah-mudahan usaha BT nya menjadi rejeki erni dan suami untuk mendapatkan keturunan, amiin
    @ shanty : wah lengkap bukunya, thanks banget shanty, aku mau cari bukunya dr. beer dan dr. lewis itu. selama ini aku cuma banyak baca di internet or dpt penjelasan dari dokter, belum pernah nemuin buku yang mengupas mengenai masalah antibody tinggi ini. makasih buat infonya. ohya, kira2 apakah semua praktek akupuntur tau mengenai treatment untuk antibody ini, mungkin kalau di pekanbaru gak ada ya. shanty punya info nggak praktek akupuntur yang bagus untuk program kehamilan dan treatmen kasus antibody dimana?

  11. thin

    @erni:jgn stress ya?easy going aja dan pasrah serta berdoa jgn lupa kbr2 i..
    @asti:katanya akup 65% meningkatkan keberhasilan BT,ktnya klo bisa sblm BTnya,di web ini aku baca mrk di JKT pake dr.Loona/lionaa lupa aku..coba baca2…aku dah pernah akup bln maret-april tp di akupuntur bukan dokter,di daerah titik rahim,kaki dan tangan..

  12. Asti

    @ thin : oke, nanti aku coba cari di web ini mengenai akupuntur. aku pernah sih akupuntur sekali di kotaku sini, cuma kayaknya praktisinya kurang begitu mengetahui untuk program kehamilan dan yang bisa mendukung program BT harus di titik2 mana aja. jadinya kayaknya kurang meyakinkan, hehe.

  13. shanty.A

    Dear Asti:
    Bukunya aku beli dr amrik. Kayaknya belum ada di gramedia indonesia. Dr. Alan Beer khusus membahas byk kasus antibodi dan banyak pasiennya berkali kali keguguran tdk sukses BT karena masalah antibodi..jadi saran saya, asti perbaiki dulu masalah immune system yg agresif baru ikut BT daripada buang duit dgn kemungkinan dibawah 50% kesuksesan krn Immune system yg terlalu agresif (ASA, anti sperm dll) akan membuat embrio tdk akan bertahan lama dalam rahim (tubuh akan bereaksi bahwa embrio yg tumbuh dalam rahim adalah sebuah benda asing yg harus dimusnahkan) .Di buku Dr. Randine lewis,,ada byk titik akupuntur utk kesuburan,krn sy kurang suka jarum atau akupressure (walau manfaatnya sama dgn akupuntur),sy beli sendiri mesin shinsu massager yg punya fasilitas sama dgn akupuntur elektrik harga sekitar 3,5 jt krn di kota sy belum ada dokter khusus akupuntur utk kesuburan seperti Dr. Loona di jakarta(alat ini banyak dijual di mal di kota besar indonesia,,tdk perlu pakai jarum ,,namun berupa elektrik pad yg ditempel dititik akupuntur tubuh dan sy pakai petunjuk gambar di buku Dr. Randine mengenai letak titik titik tubuh sesuai kasus masing masing .Beda titik tiap orang,,tergantung kasusnya). Ada titik yg berfungsi seperti heparin dimana jika titik ini distimulasi darah tdk akan gampang menggumpal atau berfungsi seperti pengencer darah, biasanya titik ini erat dgn kasus Immune system. Masih banyak lagi titik yg lain jk dijelaskan disini kayaknya kepanjangan deh…moga moga bermanfaat ya.
    Juga boleh dicoba beberapa makanan yg bisa membantu menurunkan ASA :makanan yg mengandung vitamin C, E, betakarotene, selenium dan zat besi), Omega 3, makanan hijau gelap (spt bayam), spirulina( gangang laut biru), Bee pollen dan royal jelly (keduanya produk hasil lebah). ganggang laut biru terbuki secara klinis dpt mendorong cel immune sistem yg aresif utk berpindah tempat dr darah.
    Juga boleh dicoba…

  14. Asti

    @ shanty : makasih banget shanty buat info2nya.., aku tadi langsung googling mengenai titik-titik akupuntur yang penting untuk reproduksi. hmm kayaknya agak susah ya nyari buku dr beer itu di indonesia, harus cari lewat amazon or ebay kali ya. mengenai antibody yang harus diturunkan sebelum BT, dr taufik gak menganjurkan untuk menurunkan ASA-nya, padahal make sense juga apa yg dijelasin shanty ya. tapi aku udah capek treatment PLI itu lagi, haduuuh..
    ohya, shanty sendiri bagaimana, apa sudah berhasil dapat momongan?
    @ erni : ditunggu kabar baiknya ya erni..

    Ohya, apa ada yang pernah dengar tentang Transfer factor 4Life? kapsul sejenis supplement dari extract colustrum susu sapi dan kuning telur ayam. fungsinya selain untuk meningkatkan sistem imun juga untuk menyeimbangkan system imun yang agresif. aku lagi konsumsi itu, cuma agak khawatir nih, takutnya efeknya bukan menstabilkan antibody sperma ku tapi malah membuat lebih aktif imun-nya. Ada yang tau produk ini? aku lagi nunggu info dari dr Indra G Mansur mengenai produk ini apakah aku boleh konsumsi atau nggak, namun bagi yang punya info ini silahkan di share ya, makasih…

  15. Asti

    @ Melly : Sorry aku miss comment dari melly. wah senangnya udah punya anak meskipun baru satu, memang aku sering denger gitu, udah punya anak pertama terus susah untuk anak kedua. aku pernah baca kalau ASA tinggi bisa jadi penyebab masalah seperti itu, kemungkinan anak pertama dapet saat antibody si istri belum tinggi terhadap suami, tapi setelah sering berhubungan sama suami maka tubuh istri mulai membentuk antibody terhadap sperma suami. Kalau melly mau coba konsul ke Jakarta, sebagai referensi aku sudah coba 2 dokter SPOG dan 1 dokter Androlog untuk treatment masalah ASA ku.
    – dr. T Otamar Samsudin, SpOG di Klinik SamMarie khusus infertility – Jl. Wijaya 1 No. 45 Kebayoran Baru Jakarta Tlp. (021) 7211305. Disitu juga terkenal Prof. Dr. dr. T.Z. Jacoeb, SpOG. beliau direktur utama klinik ini, cuma kalau sama prof jacob agak susah ngatur jadwalnya, sibuuk soalnya.
    – dr. Taufik Jamaan di RSIA Bunda Menteng atau Klinik Morulla – BIC 1st Floor Jl. Teuku Cik Ditiro no. 12, Menteng, Jakarta. Tel: +62 21 3926393 Ext. 820/821. aku sekarang sedang konsul sama beliau. disana juga ada dokter2 bagus yang ahli untuk BT seperti dr karel dan dr ivan.
    – dr. Indra G. Mansur, DHES, SpAnd di Klinik SamMarie atau Klinik Syaidah Jakarta timur. beliau yang menghandle masalah ASA ku.
    semoga bermanfaat ya infonya. ohya aku di duri sekarang melly, salam kenal ya πŸ™‚

  16. Shanty. A

    Asti@ udah pernah sih positif cuma sekali tapi tdk bertahan (dulu byk sekali punya masalah mulai dr Kista, fibroid/ miom kecil,,alhamdulillah sdh nda ada). Aku sekarang lebih rajin olahraga + akupuntur di rumah pake elektrik pad/ bukan jarum (manfaatnya sama saja)+ mengkonsumsi byk vitamin. Tapi manfaat akupunturnya sudah sgt terasa sekali…payudara yg biasanya sehabis masa subur sangat sangat ekstrim sakitnya sehingga tdk bisa disentuh sama sekali krn terasa nyeri,,sekarang sudah 90% berkurang rasa keras/tegangnya setelah 3 bulan terapi.Dan PMS dimana selalu pengen emosi aja klo mau haid sekarang terasa ademmm,,,santai deh rasanya otak ini friendly nda pengen marah marah hehehe..dan lendir yg biasanya ada di darah haid sekarang sdh hilang semua semenjak terapi akupuntur dan mengikuti pantangan makanan tertentu sesuai rekomendasi buku tsb.

  17. martha

    @ martha : salam kenal martha, aku domisili di duri. wah, aku baru tau kalau di medan ada rs yang bisa BT, dimana martha? bisa kasih infonya gak, berapa persen tingkat keberhasilannya? Kalau kamu di pekanbaru apa gak pengen nyoba ke Malaysia, kan deket juga tuh, bisa ke Malaka or Penang πŸ™‚ good luck untuk thaw cycle-nya ya… ditunggu kabar2nya.. πŸ™‚

    @ asti :
    Saya bt di klinik binarwan fertility, jalan pemuda baru Medan.Tepatnya dibelakang bekas Perisai Plaza.
    Sebenarnya kalo program bt diluarkota, biaya akomodasinya lebih besar dari program bt itu sendiri.jadi saya pilih di medan aja.supaya lebih murah akomodasinya

    Kemarin dr.nya bilang persentase gua 75% ( wah senangnya ) eh ternyata gagal pada fresh cycle….jadi dokter juga tidak bisa tepat, tapi kalo dirata2 kan ,dari info yg wa dapat,perbandingan 7 (berhasil): 3 (gagal)

    Oh ya, gua kemarin ada dengar info di Pekanbaru mau buka klinik Bt di rumah sakit arifin ahmad – Pekanbaru, tapi masih dalam tahap persiapan.mungkin tahun depan ato 2 thn lagi sudah ada bt dipekanbaru.

  18. Melly

    @asti: thanks utk infonya ya,,aku pgn bgt nyoba dokter djkt tp kmrn masih minim info.kadang kl liat temen yg gampang bgt hamilnya jd memperkuat keinginan utk hamil lg.semoga usaha kita2 semua utk menjadi seorang ibu segera dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa ya amin….

  19. Asti

    @ martha : wah good news nih kalau mau ada klinik bayi tabung di Pekanbaru. Semoga beneran dan cepet buka deh biar gak usah jauh-jauh. Martha, pernah dengar sinshe di dekat jalan juanda pekanbaru? kalau gak salah toko obat sentosa, katanya bagus ya untuk ngobatin berbagai macam penyakit. kemarin aku kesana ternyata antriannya panjang banget, 40 orang/hari, karena datengnya telat akhirnya pulang lagi πŸ™ belum tau juga sih dia bisa mengatasi masalah pasangan yang belum punya keturunan atau ngga.

    @ shanty : bersyukur shanty dah pernah hamil, aku belum pernah sama sekali sejak menikah, makanya jadi penasaran dan tanda tanya besar, kok susah sekali mau hamil ya. shanty tau Sinshe Hendra di ITC Permata Hijau jakarta? pernah denger gak? temenku ada yg berobat sama dia, treatment 2 bulan sudah berhasil hamil sekarang.

    @ melly : iya melly, semoga keinginan dan doa kita semua dikabulkan yang diatas ya, amiiiin

  20. shanty.A

    Asti@ aku tdk pernah tahu mengenai sinhe hendra..tapi sinshe itu biasanya jg mengerti titik titik darah yg berhubungan dgn kesuburan rahim atau masalah di rahim.Di metro TV besok pagi di acara healthy life akan dibahas mengenai shinse (ahli sinshe jakarta nih…) dan hubungannya antara titik titik darah/ akupuntur dgn kesehatan tubuh. Jgn dilewatkan,,tadi aku baru lihat iklan acaranya…

  21. muly

    hai Asti…
    aku dah lama stop PLI, karena bisa diatasi dengan insem atau bt, dari hasil googling dan menurut dr obgynku antisperm antibodies itu cuma ngaruh ke proses fertilisasi aza, antisperm antibodies bisa berasal dari cowok sendiri dan bisa pula dari cewek melalu servical mucusa coba deh googling untuk lebih jelasnya πŸ™‚

  22. Asti

    hai Muly..
    Kamu ada ASA juga ya, jadi dah berhasil Hamil setelah dengan insem atau BT? Wah kalau memang ngaruh ke proses pembuahan, berarti BT gak masalah dengan problem ASA dong ya. Kalau boleh Muly bisa share pengalamannya berhasil hamil dengan masalah ASA sama seperti aku?

  23. Asti

    hai erni..
    bagaimana? kabar baikkah dengan hasil BT-nya? tanggal 17 Okt lalu tau positif or negatifnya ya?

  24. vinnie

    teman2 ikutan donk
    sy vinnie, uda merit 3 taon, taon kmrn sempat insem, n berhasil hamil, tp hanya 2 bln (keguguran ),bln lalu mau nyoba lg tapi telur hanya 1 yg berkembang tapi blm cukup besar juga…hiks..sedih(pdhal umur ku uda 35….)
    gmn ya biar sel telur aktif n bagus..?
    mohon share nya dr teman..teman..tengkyu

  25. yulianaa

    @ vinnie: saya yuli, kepengen tau ttg proses inseminasi bagaimana ya? Mbak termasuk hebat ya, cuman 1x inseminasi dah langsung jadi, biasanya org2 butuh berkali2, mbak vinnie kenapa insem? prosesnya bagaimana? Bisa tolong sharing, karena saya baru mau nyoba insem pertama kali, setelah insem apa harus bed rest? Terima kasih

  26. vinnie

    @yuli, salam kenal ya,iya sy juga surprise wkt insem pertama, bisa positif hamil,prosesnya mudah kok,setelah telur kita dicek besarnya cukup,malamnya disuntik,n bsknya diinsem deh, ga sakit kok,biasa aja ,stlh proses insem kita diminta tiduran dulu 1 jam,baru pulang,sy ga bed rest banget sih, hanya jgn byk naik tangga,n jgn byk jongkok,jln pelan2 aja,sy gagalnya krn naik pesawat stlh 1 ming insem,(ktnya krn tekanan udara diatas)…skrg hrs berjuang lg deh, o y n stlh insem mkn makanan yg bergizi n istirahat cukup aja sambil berdoa…@ good luck ya..yuli rencana insem dimana?

  27. yulianaa

    @ vinnie: saya rencana insem di bali, tapi dah dibilangin dokter insem ini belum tentu berhasil, ga dijelaskan kenapa sih…. Tapi ya… Mudah2an lah

  28. vinnie

    @yuli, memang insem keberhasilannya hanya sekitar 20% kok, tapi kan namanya kita berusaha,byk juga kok yg berhasil ada yg 1 x insem ada yg 2, jgn pesimis ,yg penting jalanin n pasrah sambil berdoa,ku doakan ya smoga berhasil,yuli masalahnya dimana? kalo aq wkt itu masalah dijumlah sperma aja sih….seee you@

  29. Jeni

    @vinnie,
    salam kenal semua yah..
    vinnie terakhir insem di dr siapa yah? kl bole tau biayanya brp? emank kl insem 1 sel telur aja yg berkembang blm bisa yah? tq,maaf nih..banyak tanya2..hehe

  30. yulianaa

    @ vinnie: semoga sukses menimang anak ya…. Aku sih juga masalah di sperma, dari saya sih ga ada masalah banyak, dokternya juga heran secara alami sudah setahun lebih kok ga hamil2, ternyata suami OAT… Mudah2an setelah berobat bisa untuk inseminasi….. Terima kasih ya penjelasannya

  31. vinnie

    @jeni,
    saya insem di dr.karel (Rs.abdi waluyo)tp drnya praktek juga di RS bunda-jakarta, by nya semua sd insem + obat2 +/- 2,5 jt an,bisa kok wkt sy insem pertama n berhasil hamil itu hanya 1 telor kok, hanya ukuran n bentuknya harus memadai, so jgn pesimis ok….tetap berusaha aja…
    @ yuliana,
    amin…ya sama 2 berusaha…smoga berhasil menjadi mommy…he3…
    sharing2 yach kalo ada perkembangan baru, o y ada juga yg bilang minum susu hamil bagus saat ini program..biar sehat…good luck..(^V^)V

  32. jesica

    @ Shanty,
    mau nanya buku dr randine yang membahas titik akupuntur dan makanan yg bisa menurunkan ASA , buku yang mana ya? krn aku search di internet ada 2 judul buku. Thanks ya Shanty

  33. widya

    @ Vinnie,
    Hai Vinnie, salam kenal ya.. wah kita sama 35th nih.. tapi aku sudah 10th menikah dan belum pernah hamil. aku mau tanya waktu mulai insem di abdi waluyo datang pertama ke dokter pas hari keberapa mens ya? aku juga baru mau mulai insem nih.. dan hari ini hari ke 8 ku sejak haid terakhir.. thanks infonya ya…

    salam, widya

  34. vinnie

    @widya, salam kenal juga @
    iya y kita senasib…he3,aq pernah berhasil hamil di insem pertama des thn lalu, but keguguran di bln ke 2, sayang yach, skrg mau mulai lg deh kayaknya…he3,pantang menyerah,kalo insem selalu diminta datang ke dokternya h ke 3 mens,diperiksa apa ada telur baru n dikasih obat n 1 minggu balik lg dicek lg telurnya, kalo cukup besar n bentuknya bagus lgsg deh di insem, cb aja insem, dr.karel di Rs abdi waluyo prakteknya hari sel,kam,sab, jam 5 sore, tp biar ga nunggu, paginya jam 6-7 ambil nomor n byr dulu br dpt no awal,soalnya rame…no.telp Abdi waluyo;(021)3144989,jl.hos cokroaminoto 31-33, mbak dikota apa?…good luck ya…(^V^)@@@~~~

  35. shanty.A

    Jessica@ bukunya judul “the infertility cure” membahas efek akupuntur dan semua titiknya dijelaskan di situ + beberapa studi kasus. Bukunya bagus,,,karena berhasil menjawab byk pertanyaan yg dokter pun kadang kadang tdk bisa jelasin ke saya hehehe Sedangkan utk ASA tinggi, antibody tinggi,,di buku DR. Alan Beer (sukses membuat byk pasien yg ASA tinggi berhasil BT),,judulnya “” Is your body baby friendly? unexplained infertility, IVF failure and Miscarriage””. Moga moga bermanfaat.

  36. vinnie

    @widya
    email/ym ke sini;ni3luck@yahoo.co.id, but aq ga selalu OL,kdg2 aja kalo lg buka komp..he3,iya sharing2 aja…biar semangat…he3 (^V^)~~~~

  37. Asti

    @ shanty and jessica : aku lagi order bukunya (buku dr alan beer dan dr randine) di AMAZON. gak sabar nunggunya, semoga berguna untuk persiapan BT-ku. thanks infonya ya shanty..

  38. Christin Mendrova

    Hai dear moms, terutama Asti… Aku tin2
    Kasusku mirip denganmu.. ASA ku sangat tinggi, plus TORCH, ACA, tuba kanan putus, kiri tersumbat, sperma terratozoospermia, prolaktin…. dll belum tau… heheehe…
    Pertama tahun 2007 berobat di Sam Marie aku stress berat dan hampir ‘gila’… kebayang kan, kalau ternyata justru adik ipar dr keluarga suami ‘parno’ mengganggap aku pengen ambil sperma suaminya… padahal hanya ingin test darah, mana tau bisa meng-imunisasi diriku… berhubung suamiku jauhhhh sekali. Akhirnya aku infus Gumaras…. tapi setelah beberapa tahun ini berlalu, dan setelah konsul ke Dokter2 lain, akhirnya kuputuskan, HANYA TUHAN yang memberi kesempatan kita bisa atau tidak melahirkan…
    Jd dear Asti, cobalah utk menenangkan diri saja. Pernah ku test tidak berhubungan dengan suami 3 bulan, ASA ku turun secara alami. jadi, kalau bisa, ketika kamu ingin melaksanakan program, apapun itu, ‘bersih’-kan diri… semoga dengan pengorbanan suami, dan keihklasan dirimu, semua akan terwujud…

    Coba juga saran2 teman2 yang lain, utk akupuntur, diet makanan… tp yang penting diet hati dan pasrahkan diri…

    Oh iya, saat ini aku masih berjuang lagi utk BT… kemaren2 gagal dan ada yang terputus ditengah jalan… kalau ditanya sekarang perasaanku bagaimana, aku sudah hampir ‘mati rasa’… hehehe…. yang ku sedihkan justru, apakah suamiku saat ini terurus atau tidak… semoga semua perjuangan kita ini ada hasilnya….. SEMANGAT

  39. jesica

    @ASTI. kalo mau pesen buku lewat amazon, byr pake credit card ya? kena ongkos kirim brp kalo kirim ke jkt?
    @ vinnie:
    dr karel cuman praktek di RSabdi waluyo dan praktek sore hari aja ya?
    denger2 dia ada prog bayi tabung yang ga mahal? apa ada yg uda pernah nyoba ya?
    thanks infonya

  40. Asti

    @ christin m : Semangat juga buat christin ya, ditunggu cerita proses bayi tabungnya. Ohya, untuk BT ini apakah christin juga treatment untuk nurunin ASA-nya? Rencana aku awal 2011 mau coba BT.
    @ jesica : iya pakai kartu kredit kalau mau pesen brg lewat Amazon, ongkos kirimnya kemarin untuk 2 buku $ 14, harga bukunya 2 buah $ 26 jadi total $ 40. Aku udah nyoba 4 LIFE, emang berasa lebih enak badannya. Cuma aku gak lanjut lagi. Mahal banget soalnya.

  41. Gabe

    Hai semuanya…

    Perkenalkan, nama saya Gabe (perempuan). Saya juga pernah PLI dengan dokter Indra (Klinik Syahidah) setelah sebelumnya gagal inseminasi dengan dokter Taufik di RS.Bunda. Perjuanganku untuk punya momongan selama 5 tahun pernikahan kami memang tidak mudah. Beberapa kali ganti dokter dan rumah sakit atas saran teman atau rujukan dokter lainnya.

    Kondisi saya hampir sama dengan Asti, tapi sperm count suami saya rendah sekali dan tidak “lari” juga. Siklus saya juga tidak teratur dan sebelum menikah saya sudah tahu punya kista 5 cm. Saat ini malah endometriosis juga dan ASAnya tinggi πŸ™

    Saat ini saya sedang konsentrasi studi dan insya Allah akhir tahun akan kembali ke meja kerja dan saya sedang berpikir untuk BT. Aku tunggu kabar perkembangannya ya sist…

  42. christina

    Hi Asti…. aku baru kembali lagi… kemaren pas 30 Des itu, justru aku harus ‘menggugurkan’ baby ku karena kembali ektopik… hiks…
    Untuk program ASAnya aku sudah tak ambil pusing… hehehe… pokoknya, 2 bulan sebelum program kami sudah ‘puasa’… jadi pasti turun secara alami… (pendapat pemilik klinik Sam Marie, Prof. Jacoeb… hehehe)
    Bulan Juni ini, aku kembali ke Penang utk ivf, mulai dari awal lagi… ok deh… SEMANGAT

  43. fany

    Dear Asti, wow im reading a 1 year old blog you have posted.
    interesting to know we have the same doctor, Dr. Indra di rs. Sayyidah, aku juga dah 6x PLI tp belum berhasil dr.indra sarankan kalo 7bln berhasil balik lagi ke dia, aku dah 4 bulan after PLI tp belum berhasil, now we’re thinking of inseminasi..

    ada yang sudah pernah n berhasil? please share.. πŸ™‚

    btw im 29 and been married for almost 4 years

  44. Asti

    Hi all,
    Sudah hampir 4 tahun lebih saya tidak cek postingan saya ini. Saya hanya ingin memberitahu bahwa, saya sudah memiliki seorang anak perempuan, yang hari ini genap berumur 17 bulan.
    Saya akhirnya menjalankan program IVF di TMC Damansara Kuala Lumpur. Programnya dimulai bulan Dec 2012, dan saya dinyatakan hamil positif pada tanggal 5 February 2013. Waktu itu yang ditanam memang 1 embrio, karena hanya 1 embrio yang bagus kualitasnya. Dan Alhamdulillah the one and only hope embrio, berhasil tumbuh baik di dalam janin saya hingga lahir menjadi bayi yang sehat, lucu dan menggemaskan.
    Kesimpulannya, meskipun ASA tinggi, tidak mempengerahui keberhasilan Bayi Tabung karena saya yakin pada saat saya menjalani IVF, ASA saya pasti sedang tinggi2nya. Karena jarak dari saya treatment ASA dengan PLI dan IVF itu ada 3 tahun lebih, dan saya tidak juga diet makanan yang alergen.
    Saya posting ini lagi, karena kemarin ada salah satu teman kakak saya yang menanyakan mengenai ASA dengan program PLI dan Program IVF, dan saya menyarankan untuk langsung IVF saja dari pada harus menjalani treatment PLI yang kalau ditotal2 itu bisa satu kali siklus IVF sendiri biayanya. It just my personal opinion, setelah saya belajar dari pengalaman pribadi saya… Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman lainnya.
    Rencananya setelah anak saya 2 thn, saya akan melakukan program IVF untuk anak kedua, semoga usaha kami dilapangankan jalannya. Mohon doanya.. πŸ™‚

  45. Putri Irawati

    Hi asti,salam kenal..
    Saya baru aja membaca blog ini dan hati saya ikut berbunga-bunga pas baca postingan terakhir yang isinya mengabarkan kalo asti sudah hamil (saya baca semua comment dari awal sampe akhir). Saya juga punya ASA tinggi dan sering galau, apakah saya bisa IVF gak ya dengan ASA tinggi,karena dokter kandungan saya mengatakan tidak bisa, ASA harus diturunkan baru bisa IVF. Oh iya, kalo boleh tau, biaya total untuk IVF di TMC Damansara KL ini berapa ya asti? Terimakasih

  46. Fika

    Haii Mba Asti..

    Salam kenal yah.. Sy baru baca blog ini.. Syukur alhamdulillah baca akhirnya mba Asti bisa hamil walau dengan ASA tinggi.. Pengalamannya sama seperti saya juga, ASA tinggi dan PLI dengan dr Indra.. Tp smpai skrg sy belom berhasil hamil, dan masih galau antara ikut PLI dl atau lgsunh IVF.. Bole minta nmr hp nya mba? Aku mau tanya2 soal IVF nya.. Makasiii sebelumnya mba Asti

  47. lia

    Hi mba asti

    Salam kenal yah, bulan juni 2015 kemren saya program bayi tabung di ivf morula bunda dengan dr. Ivan tp blm berhasih, masih ada 2 frozen embrio lagi tp masih maju mundur mau masukin, skrg lagi program suntik pli di dr indra (Rs. Sayyidah) uda pli 6x turun nya dikit2 asa nya, klo denger pengalaman mba asti jd pengen masukin lagi frozen embrio nya, tp klo denger dri dr indra jd maju mundur lagi, takut nya embrionya tidak mau nempel, karena uda 2x positif hamil tp ga berhasil nempel (keluar lagi)

  48. Asti

    Hi mba lia
    Salam kenal juga.. wah masih ada frozen embrio ya. Masih ada harapan mbak.. ayo semangat…!
    Just for information, saya baru saja melahirkan anak ke 2 saya bulan januari lalu, seorang bayi laki2. Dan kehamilan saya itu terjadi alami. Tanpa program apapun. Saya tidak melakukan IVF ataupun PLI utk menurunkan ASA saya. It just happen mba. Atas kehendak Allah SWT. Padahal tahun 2016 saya berencana mau IVF utk anak ke2. Ternyata Alhamdulilaah kami malah diberikan rejeki kehamilan di awal tahun lalu.
    Jadi, menurut saya meskipun ASA saya tinggi (krn saya tidak pantangan alergen, berhubungan dengan suami tidak pernah dengan kondom, dan tidak pernah suntik PLI lagi) saya bisa hamil. Bahkan dengan kehamilan alami…
    Tapi semua saya serahkan ke mba lia. Jika mba lia ingin PLI dulu supaya lebih yakin, lakukan saja mba.. insya Allah berhasil yg kali ini.

  49. Anay

    Hallo Mba Asti,
    Saya harap mba asti bisa menjawab pertanyaan saya ini ya.. karena akan sangat membantu untuk saya.
    Apakah selama PLI mba Asti konsumsi obat, suplemen, vitamin atau mungkin jamu mba?
    Jujur, saya sudah desperate. Karena ASA saya 65rb something.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*