Antibody tinggi bisa ikut program inseminasi atau tidak – Emmylia

Dear allz,

Please bantuannya dong ….

Antibody saya tinggi (di posisi tabel ke-3) & untuk pemeriksaan lab yang lain dari hari ke 7 sampai hari ke 22 semua bagus termasuk sperma suami. Pernah saya & suami minta insem tapi menurut dokter tidak perlu karena apabila antibodynya turun maka saya akan hamil dengan sendirinya.

Sudah setengah tahun ini saya tidak ke dokter untuk periksa lagi setelah PLI yang pertama (dengan 3x suntikan)sehingga tidak tahu lagi diposisi tabel manakah antibody saya.

Apakah teman-teman ada yang punya pengalaman atau pernah tahu atau mendengar dengan posisi antibody yang tinggi bisa ikut program inseminasi atau tidak?

Thanks untuk bantuannya ya … semoga kita bisa saling menguatkan satu sama lain … GBU.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 3.80 out of 5)
Loading...

40 thoughts on “Antibody tinggi bisa ikut program inseminasi atau tidak – Emmylia

  1. Cynthia

    Hai Emmylia…
    Salam kenal, aku siy ga ada pengalaman sama antibody sperma (ASA). Setau aku dg inseminasi bisa membantu, karena jalannya sperma di short cut langsung menuju tuba falopi. Jd no problem. Kl pingin segera memiliki anak ya bisa dg di bantu insem or BT. Kecuali kalau kamu sabar menunggu sampai antibodi thd sperma menurun. Tp sebaiknya siy konsul lagi/ cek lagi sama Dr. Semoga semuanya lancar yaa…
    Aku jg lagi berjuang u/ memiliki anak, ayoo kita tetap semangat.

  2. immanuella

    Dear Emmy,

    Aku cuma mau sharing pengalamanku, dulu aku pernah berobat ke Prof Marsis – R.S. Budhi Jaya(sblmnya dengan dr. Nud pernah 1x insem gagal). Oleh Prof Marsis aku dirujuk ke androlog dr. Indra Mansyur, cek lab ternyata ASA ku mayan tinggi, akhirnya PLI (suntik darah putih suami ke aku) 3x (setiap 3 minggu atau 21 hari sekali) setelah suntik yg ke 3 ASA ku dah normal, oh iya seblumnya kita harus test alergi macem2 kalo ga salah hamopir 30 jenis (alergi makanan dan non makanan). Ternyata aku ga blh makan susu keju, es krim, cheese cake dll), coklat, sea food, kopi, semua termasuk produk turunannya. Setelah ASA ku normal aku disuruh langsung insem… ternyata GAGAL. Sebenernya sama Prof aku disarankan insem lg, tp aku males… aku pikir2 sekalian bayi tabung aja lah… skr lg ikut program bayi tabung di IVF dengan dr. Ivan (masih tahap minum pil KB, sempet synarel sekitar 2 minggu tp kepotong libur lebaran)… yyyaa… moga2 berhasil :). Oh iya kata dokter alerginya ASA itu kan asalnya dari dalem, jadi penyebabnya adalah makanan/minuman yg kita telan. Jadi kalo kamu tetap mengkonsumsi makanan2 yg membuat ASA kamu tinggi, ASA kamu akan tetap tinggi. Kata androlognya, setelah ASA ku normal kalo aku makan sembarang lg (ga pantang makanan yg bikin ASA ku tinggi) dlm waktu 8 bln ASA ku bakalan tinggi lg. KEsimpulannya ASA tinggi = tidak bisa insem, tp confirm ke dr. IVAN kalo IVF ga ngaruh (alias bisa). Kalo bingung kontak aku aja, kasih alamat imel mu ya…

  3. emmylia

    @ cynthia :
    thanks ya cyn, berarti aku sekarang ke dokter & berobat lagi sekalian mau tanya mengenai insem ….

    @ immanuella :
    thanks juga ya imma, yap aku mau test food dulu agar segalanya beres kemudian cek ASA lagi mungkin ya … alamat emailku: byruby03@yahoo.com … aku juga minta email-mu ya, biar bisa kontak-kontakkan …

    cynthia & immanuella :
    Semoga kita bisa selalu saling menguatkan … TETAP Semangat Semangat Semangat …. GBU Allz

  4. Cynthia

    @Emmy…
    Ayoo tetap semangat yaa…aku jg masih terus usaha. Malahan kl aku ACA syndrome. Emang sekarang teknologi makin canggih makin byk yg ketahuan ya?

    @Imma…
    Salam kenal, aku baru tahu kalau ASA itu penyebabnya bisa dari makanan ya? Kalo aku kan ACA, malah kt Dr kalau ACA itu ga di sebabkan o/ makanan?
    Pokoknya semuanya tetap semangat yaa…kita saling menguatkan aja. Semoga lancarr semuanya.

  5. immanuella

    @Emmy & Cynthia,
    Aku juga dulu ada riwayat ACA loh (kumplit ya ASA dan ACA) hehehehe…. tiap hari utk ACA minum ascardia dan ticlid (dulu dokterku Prof. Ari di MMC). Tp habis insem yg pertama (dgn. dr. Nud) aku brenti ga kontrol lg, males dan capek, capek bolak balik dan minum obatnya… trs aku baca2 katanya ACA jg blm terbukti bgt bikin susah hamil… semuanya terjadi karena Kehendak Tuhan. Intinya tetep berusaha tp tetap jg harus berserah sama Tuhan. Aku jg ga tau tuh penyebab ACA apa :(…. yg jelas aku suka biru2 ga jelas (kaya kebentur) gitu di tangan atau kaki…. :).

    @Ima: kalo test food aku juga mau… tp ini kebalikannya food test… agak sakit… hehehehhehe….dulu aku testnya di klinik syaidah ga jauh dari Univ. Dharma Persada – Duren Sawit. Kamu PLI dmn?

    Aaaammmmiiinnn…. semoga Yang Diatas berbelas kasihan sama kita… dan memperhitungkan usaha2 kita utk jadi seorang Ibu ya…. Semangat! Semangat! semangat!

  6. niken

    dear emmylia.

    hai………..

    sekedar sharing, kasus dirimu sama persis dengan saya.
    suami saya di cek semua : oke, sperma bagus sekali.
    saya pribadi di cek semua : oke, masalahnya hanya satu : antibodi yang terlalu tinggi.

    tahapan yang saya lalui sudah banyak sekali, mulai dari berobat standart (just obat2an), suntik PLI, setelah itu saya INSEMINASI…….dan GAGAL !!

    terakhir (last Februari ’09) coba BAYI TABUNG dan GAGAL…..:((

    oia, tahapan PLI, inseminani + androlog di Klinik SAMMARIE, Jl. Wijaya, sama DR. JACOEB —> semua tahapan pengobatan ini saya jalani selama +/- 1 tahun.

    tahapan Bayi tabung saya jalani sama DR. IVAN SINI di BUNDA, Menteng —> sama dengan Immanuella (hai…..salam kenal)

    menurut (ada 1 dokter yg bilang, tetapi tidak etis kalau saya sebutkan namanya), kata beliau ANTIBODI yang tinggi itu, kalau disuntikan sel darah putih suami/PLI), hasilnya tidak SIGNIFIKAN (dalam arti tidak berdampak banyak terhadap penurunan ANTIBODI kita)….
    berarti jika dilakukan INSEMINASI-pun, bisa jadi akan GAGAL, karena sifat dari antibodi itu adalah membunuh/menyingkirkan segala sesuatu yang tidak berkenan di dalam tubuh kita (termasuk si sperma itu).

    begitu kira2 pengalaman saya.
    kalau mau boleh nanti kita kirim2an E-mail atau mungkin ketemuan langsung (supaya bertukar pengalamanannya lebih enak dan jelas), dengan Immanuella, dan dengan teman2 seperjuangan (untuk mendapatkan anak) lainnya.

    terima kasih dan salam kenal 🙂

  7. indah

    hai nama saya indah…
    salam kenal..^_^
    teman-teman saya mau sharing tolong bagi pengalamannya ya . sy ikut insem baru 1x bulan september n sampe sekrg belum haid .waktu setelah insem 2 mgg sy kembali ke dr SPOG n di Usg ktny tdk ada penebalan dinding rahim jd tdk hamil trus 2 mgg kemudian sy tes pack teryata negatif tp sampe skrg belum haid …jd sy harus gimana ya apakah sy hrs ke dr atau nunggu haidnya datang….?

  8. neneng haryani

    Hai semua.. saya neneng, mau ikutan sharing jg ya… sy hampir 6th menikah, sdh kemana2, insem 2x dg Dr.Yuslam di RS Family Pluit, msh blm berhasil, terakhir BT dg Dr. Ivan di Bunda jg blm berhasil, perdarahan saat 6 minggu. Rencananya bln dpn br mau cek ACA dll lg, msh ada 2 frozen embrio..

    emmylia,Niken n immanuella, mau sharing lbh lanjut dong, boleh minta emailnya? email aku nharyani@yahoo.com

  9. thin

    Salam kenal semua…
    @indah:sebaiknya tunggu aja sampe 1 bln,sebab ada bbrp kasus kehamilan yg baru bisa dites stlh usia 1 bln,tp klo km dah ga sabar coba tes darah lbh akurat,krn testpack kdng ada yg tdk sesuai hasilnya,smg berhasil….
    aku juga mo insem ke-2 bln ini…saling mendoakan ya

  10. KIM

    Hi all,
    saya sudah 5 thn menikah tp blm pernah hamil.
    pernah coba inseminasi 1 x tapi gagal. ternyata ASA sy tinggi. Mengingat usia saya sudah 35 thn saya berencana untuk langsung BT. Ada yang tau gak yah kalo mau program BT apa harus PLI dulu? Program BT di klinik Yasmin (DR Muharam) ada yg pernah coba gak? ada yg pernah ke Dr Karel di RS Abdiwaluyo? cerita2 dong pengalamannya. Lagi bingung nih mau BT di mana? Helllppppp……..

  11. emmy

    hai allz ….

    yuks kita ketemuan biar bisa sharing seperti yang Niken bilang … hayooo siapa yang mau jadi komandan ???? ….

  12. thin

    Numpang sharing ya??klo setahu saya pernah baca sebenarnya proses inseminasi itu memotong jalur mulut rahim,biasa utk kasus antibody tinggi sperma dianggap makhluk asing begitu masuk lewat vagina jd blm sempet masuk ke mulut rahim udah dibasmi ama tuh antibodi,klo insem kita lsng dibantu dgn keteter,sperma diantar ke rahim kita jd ga masalh.tp ya itu td ada memang dokter yg menyarankan utk tes ASA dulu.tergantung kita ikut yang mana??
    Smoga bermanfaat dan silahkan menambahkan klo ada kurang.
    Good Luck!!

  13. emmy

    dearest allz,

    1. ada yang tahu insem yang bagus dengan dokter siapa di jakarta dan berapa biayanya?

    2. asam folat boleh dikonsumsi sebelum haid or sesudahnya?

    3. test food sama food test sama khan? karena antibody yang tinggi …

    thanks allz and GBU …

  14. Dyah Ully

    Dear mb Emmylia dan semua yg udah sharing disini,

    Salam kenal..

    Nama saya ully, umur 34 th udah married 6 th.
    Setahu aku, ASA itu ketahuannya dari test Kibrick kan ya? dan emang baiknya food respond test (FRT) dulu krn kalo tetap suntik PLI tanpa FRT turunnya bisa gak banyak lho.
    Kebetulan aku jg udah PLI 4X, dan gak disuruh FRT (aneh ya) makanya turunnya gak banyak (sebel deh..)

    Trus aku ke saudaraku yg kebetulan ginekolog, trus ditanya kenapa gak dites PCT? lha… akhirnya aku tes PCT (Post Coital Test), dimana kita disuruh berhubungan ama suami, trus kurang dari 6 jam waktu kita berhubungan itu, sperma yg ada dikita diambil (kyk pap smear) untuk dilihat bisa hidup ato tidak.

    Dan ternyata…. tidak ada yg hidup (hiks…hiks…)
    Padahal aku dah PLI 4X, dan menurut saudaraku itu , emang Kibrick tdk bisa terlalu diandalkan krn di Kibrick, sperma dites ke darah kita, padahal yg penting kan ditesnya di rahim kita. kalo dalam waktu 6 jam gak bisa survive gimana mau ketemu sel telurnya, padahal harusnya bisa bertahan di rahim 24 jam utk bisa ketemu si telur kita (ini katanya saudaraku loh…)

    Dan karena aku udah pernah insem 2x ( sekali dgn Dr Enud, dan sekali dg dr Derajat yg di Sam Marie), saudaraku itu menyarankan aku untuk bayi tabung aja..

    mba Emmy, kayaknya insem dimana aja bagus, yg penting memang di klinik fertilitas ya..
    Asam folat setahu aku bagus untuk diminum anytime.. malah harus nya diminum tiap hari dari 3 bulan sebelum kita hamil untuk mengurangi resiko bayi kita terkena spina bifida (kelainan tulang belakang)
    Kalo yg dimaksud FRT (food respond Test) itu kayaknya buat tahu kita alergi sama makanan apa aja yg menyebabkan antibodi kita tinggi, aku juga baru mau tes nih, setahuku adanya di klinik Sayyidah di duren sawit

  15. emmy

    hai mba Dyah & teman-teman seperjuangan,

    thanks untuk masukannya ya … FRT di Sayyidah mau coba kujalani … semoga Tuhan mendengar keinginan qt … GBU allz

  16. yulie sutrisna

    hiii lam kenal…ikutan nimbrung yach…
    aku hampir 4 th nikah tapi jg belum pnya baby, dulu ASA ku juga tinggi, setelah menjalani PLI alhamdulilah udah normal. Aku mau coba insem…ya mudah2an berhasil. Aku cuma bisa pasrah sama Tuhan ..tapi tetep semangat dong..Doain yaaa…

  17. sisca

    @dyah ully:
    lam kenal ya…
    aku tgl 20jan jg test PCT tp msh ada sperma yg hdp,pdhl huby Oligosperma shg Dokter Amino,SpOg di Klinik Permata Hati RS Sarjito Jogja blng,aku msh mgnkn hamil alami.
    mba dyah sdh test sperma msw blm?jk sperma msw normal mgkn bener antibody mba tinggi,tp jk msw blm test sperma jgn2 sperma suami mba ada mslh?
    mm rumit deh urusan organ reproduksi…
    saranku buat teman2 jgn pernah ikut program Insem deh,buang2 uang aja tuh.tingkat keberhasilan dibwh 10% kan.hmpr semua dokter SpOg di jogja tdk menganjurkan insem,krn prinsip insem mirip dg senggama biasa lho.bedanya sperma diantar pake alat smp rahim agar berenang cari2 sel telur yg sdh matang.yg kutahu ky gitu….
    jk dana dan mental sdh siap mending langsung program BT aja.
    kami msh nyoba2 pengobatan alternatif kok,lbh murah dan jk gagal ga bikin stress…BT menjd jalan paling terkhr bg kami
    gitu sharingku…teman2 jg bs lihat komentar2ku di PCO dan Sperma bermasalah.ok

  18. Linda

    Mau ikutan sharing.

    Udah 10 tahun ini saya sudah berupaya dari inseminasi sampe 3 kali bayi tabung dan 1 kali FET (Frozen Embryo Transfer). semuanya gagal. Dulu pernah test ASA tinggi, udah PLI juga sampai normal. Dan terakhir test di Amrik, katanya Natural Killer Cell-nya tinggi. jadi diperlukan test lanjutan dan treatment khusus sesudahnya. Karena kendala biaya test, treatment dan biaya hidup di sana, saya tidak melanjutkan proses tsb. Adakah di antara teman2 yang mempunyai antibodi tinggi tetapi berhasil mendapatkan keturunan? Mohon infonya di evmlinda@yahoo.com. Terima kasih. semoga Tuhan mengabulkan doa2 kita.

  19. sisca

    @linda :
    lam kenal….
    coba kamu baca postingan web bayi-tabung.com pd kategori ANTIBODY TINGGI DAN PENGOBATAN ALTERNATIF,jk capek lht layar laptop diblok copy ke word kmd diprint aja.shg bs dibaca lbh nyantai.
    menurutku problemmu bs sembuh dg pengobatan alternatif tuh,tp prinsipnya harus pcy loh….jk kamu lbh mantap ke dokter ya jgn nyoba2 alternatif.wl di web tsb bnyk tmn2 yg sembuh dan hamil alami krn pengobatan alternatif dg pijat+herbal tuh.kamu tinggal dikota mana sih????emailmu kok ga bs kukirimi ya,alamat emailmu ga terdeteksi….
    jk kamu bth alamat2 penyembuh alternatif aku ada lengkap kok.

  20. Tyas

    Salam kenal,
    Mau ikutan sharing neh,ak sedang program hamil di dokter Indra, Antibodiku waktu itu 4096, setelah PLI 3 x antibodi turun jadi 512. Dengan antobodi level segitu, apakah sudah bisa program untuk hamil? Kira-kira ada teman2 yang bisa kasih masukan?
    Thanks

  21. linda

    hai semua

    yg tabah ya,,, pasti ada jalan yg penting hubungan suami istri tetap berjalan baik dan menurut saya inseminasi change nya hanya 10 persen jadi mending simpan uang untuk bt dan setelah itu banyak pikir positive karena siapapun yg stress akan lebih susah hamil.

  22. ria

    hai semua… salam kenal ya.. aku mau ikutan sharing juga..
    aku ria, udah 6.5th nikah.. problemnya kira2 sama kaya kalian semua… setelah berkutat dengan 3 dokter di ypk n bunda, semua bilang normal2 aja.. akhirnya ketemu prof iam di rsia budi jaya. trus periksa anti body n tinggi, PLI 4x, ditiup n gagal krn prof nya curiga ada penyumbatan akhirnya laparascopy n ketauan kl ada usus buntu yang aga parah n posisinya nempel dengan rahim…trus ada kista juga, setelah bagus semua terapi hamil tiap bulan, itu dikasih obat, suntik dll deh.. gagal lagi… trus baru insem n gagal maning…
    setelah itu harusnya aku ulang insem lagi, karena katanya gosip2 (hehehe) insem 2 -7kali biasanya baru berhasil… tapiiii sehubungan denga perasaaan yang cape, sedih, biaya etc aku ngambek ke dokter dulu…
    saat ini total 2taun libur “ga diapa2in” ma dokter.. lagi fokus alternatif aja karena toh menurut dokter uda bagus semua, tergantung TUHAN sekarang…
    aku mikir apa langsung Bt aja.. terakhir info dari temen biaya nya bisa 75 juta..di saitmary sama dr jakup…
    semoga semua tetap semangat yah n ga lupa mohon sama TUHAN semoga semuanya INDAH PADA WAKTUNYA AMIEN… aku tau susaaaaaaah banget rasanya yah kl kita lagi down… downnya tiap bulan lagi kl mens keluar lagi… hehehe..

  23. asih

    hai, salam kenal semuanya………..
    aku 5thn menikah jg pernah program insem bulan juli 2009,tapi gagal stlh 2hari sebelumnya sempat dinyatakan positif. mungkin karena saking senangnya ketika tahu kalau positif, aku bersemangat sekali untuk bekerja, padahal dari dokter maupun perawat sdh mewanti-wanti untuk tidak capek, dan sebaiknya bedrest, jd aku berpesan buat teman-teman yang mau insem untuk banyak istirahat setelah insem. Insyaallah bulan ini aku mau insem lagi, doakan aku yaaa…. semoga kita dikasih kesabaran untuk menantikan buah hati……..

  24. Asti

    hai semuanya, mau ikutan nimbrung nih
    aku juga punya masalah yang sama, ASA ku tinggi sekali, pertama kali test 1:32rb, setelah PLI 6x turun menjadi 1:254, akhirnya aku usaha untuk hamil normal selam 6 bulan, namun belum berhasil juga, aku PLI lagi 3x karena ternyata naik lagi antibody-nya jadi 1;2rb, setelah PLI 3x dan infus gammaras ternyata turunnya gak signifikan hanya satu level diatasnya. dr indra (androlog) sampe bingung sendiri…
    aku udah insem 2x tapi gagal, dan sekarang mau BT, apakah ada pengalaman teman2 yang antibody-nya tinggi sudah berhasil hamil? apakah ada yg berhasil hamil dengan BT? infonya yaaa teman-teman…

  25. suri

    setau saya, antibody ditest dgn diambil darah, dan saat ini saya tidak tau kalau indonesia sendiri bisa melakukan test antibody . saya sendiri antibody nya 5 point lebih tinggi saja dari normal, jadi saya tidak bisa membayangi kalau ibu2 disini yang antibodynya sudah terlampau tinggi hanya menunggu antibody tsb akan turun sendiri, Menurut saya tidak bisa hanya ‘menunggu’ saja utk menurunin antibody tsb. pantangan makanan pun ada kemungkinan tidak membantu.
    saya menjalani program IVF di UK saat ini. dgn antibody yang hanya 5 point lebih tinggi saja, saya sudah dianjurkan utk menurunkannya dgn menyuntik “humira” . Humira sendiri bukan obat murah, dibutuhkan 2x suntik dgn waktu berselang 3 minggu. harga humira tsb kurang lebih 12 juta. Sebelumnya saya pernah keguguran beberapa kali, jadi berhubung saya juga mengalami antibody yg lebih dari normal, saya tidak sarankan ibu2 utk berharap antibody akan turun sendiri dalam waktu dekat.

  26. Linda

    Dear Suri,

    Just curious, di UK bagaimana cara test antibody? Maksudnya ACA, ASA atau antibody terhadap sperma atau apa nih? Pernah ga baca2 mengenai Natural Killer Cell. Bukannya pesimis terhadap dokter di sini, tapi menurut dokter di US, masalahku terletak pada tingginya Natural Killer Cell sehingga embryo dengan kualitas bagus pun tidak dapat bertahan di rahim. Dan dokter di Indonesia tidak ada yg percaya dengan hal ini. Kemungkinan berhasil hanya dengan surrogate atau intravenous immunoglobulin atau intravenous intra Lipid. Sayang ketiga opsi tersebut tidak bisa diterapkan di Indonesia karena tidak ada dokter yang mau bekerja sama or even get some knowledges about it. Jadi sampai sekarang mentok deh. Mungkin ada yg mengalami hal yg sama dan telah berhasil mempunyai keturunan?

    @Sisca, aku di Jakarta, coba lagi deh e-mailnya mgkn ada yg salah ketik. atau boleh tinggalin e-mail address di sini buat kuhubungi?

  27. Linda

    Sisca, bbrp bulan lalu saya kirim e-mail ke alamat anda di atas, apakah sudah diterima? Balas dong kalau ada waktu. Salam kenal

  28. Lydia

    Bunda..ada yg sudah berhasil dengan promilnya? Aku nikah 8 th blm diksh debay, mau coba cek ASA..biaya nya berpa yaa, terus Rs mana yaa? Aku dijkt…mohon info nya?

  29. immanuella

    Hai mommies.. pa kabar? masih inget aku immanuella yg komen di tahun 2009? yg punya problem asa dan aca? dan waktu itu sedang program IVF dgn dr. Ivan di Bunda? hehehhe…. IVF pertama ku gagal, 3x insem jg gagal, tp Puji Tuhan setelah 8 tahun merit (nov kemaren genap 9 th merit) berhasil juga perjuangan aku. Sudah ada baby boy sekarang mau 4 bulan umurnya, hasil IVF di Penang dengan dokter Ng. Buat yg punya Asa dan Aca dont worry ya…. ga usah pakai suntik2 PLI segala, yg penting pola makan yg sehat dan olahraga teratur. Tetap semangat ya semuanya…… Semua indah pada waktunya… God bless us….

  30. Asti

    Hi all.. jadi mau ikutan nimbrung lagi nih. Saya asti yg sama juga pernah comment di bulan Oct 2010. Sama dengan teman2 disini awalnya saya di diagnosa memiliki masalah antibody dgn sperma yg tinggi.
    Akhirnya saya di thn 2012 akhir mencoba IVF di TMC damansara malaysia dengan dr surinder (sdh berhenti treatment PLI sejak 2010), dan sekarang saya sdh punya toddler usia 2 thn hasil IVF tersebut. Dan alhamdulilah lagi, skrg saya sedang mengandung anak ke 2 sdh 34w. Dan itu berhasil secara alami tanpa program apapun.
    Kesimpulannya, menurut pribadi saya, tidak perlu treatment ASA kalau memang mau bayi tabung. Sudah habis hampir berpuluh2 juta, padahal biayanya mgkn bisa ikut 1 siklus IVF. Bahkan banyak dokter IVF yg tidak pro teori ASA ini. Semoga berkenan…

  31. Ninoy

    Saya juga memiliki ASA yg tinggi bgt di level 224 ribu.. Tp saya pernah hamil 2 tahun lalu usia 10 minggu keguguran.. Jadi benar yaa ASA tdk terlalu berpengaruh utk kehamilan? Setahun terakhir saya dan suami berobat trrnyata jumlah sperma suami yg bisa bergerak lurus dan cepat 0%.. So skrg masih fokus perbaikan kualitas sperma.. Namun saat skalian test ASA diketahui ASA sy tinggi.. Jd drop banget rasanyaa..

  32. Ivan

    Pernah pengalaman masalah Asa tinggi , berobat program penyutikan sel darah putih suami ke tubuh istri selama hampir 1 tahun Dan hasilnya nol besar walaupun hasil lab menunjukan ASA sudah normal , kesimpulan saya buang waktu dan duit .akhirnya ke Penang dengan dr.ng program bayi tabung Dan hasilnya sekarang punya anak kembar 3 umur 1.6 bulan , Dan 1 anak tanpa program hamil secara normal blm 1 bulan umurnya.

  33. Maria

    Malam all..
    Saya punya ASA tinggi sudah 3x PLI (Rs sayyidah) dan sudah ada penurunan yg lumayan dan setelah evaluasi dgn dr.indra.. sya tiba2 berfikiran utk mncoba konsul ke dokter kandungan lagi (Rs.family) dgn dr.arie polim,saya hanya ingin tau jalan lain slain PLI. Dan dokter pun menyarankan utk proses insem,karna proses PLI ga pengaruh besar.. jd saya mau coba memulai program insem lgs.. good for ud yah..

  34. novie

    Mbak ivan nanya dong, di penang rs nya apa untuk program BT nya? Terus berapa biaya untuk BT disana. Saya juga punya antibodi yg tinggi. Mau ikutin jejaknya mbak ivan, mudah2an berhasil juga

  35. Ivan

    Rs.lam wah ee, Dr.Eng peng wah. Sebelum kesana mbak bisa konsultasi Dengan Suster kepalanya miss low emailNya lowbk@hlwe.com Untuk Biaya relatif jauh lebih murah dibanding dI indo Dan proses BT juga jauh lebih efektif Tanpa buang waktu .untuk jelasnya Dari awal hingga akhir kontek Saya saja 520390E6 Dengan senang hati Saya membantu Anda ,

  36. Ayu

    Halooo… Salam kenal…

    Senang rasanya menambah kawan disini…. Semoga kita semua segera menjadi ibu di keluarga kita, amin…

    @mbak ivan boleh sharing2 via email gak mbak… Mohon share alamat email,, dan ini untuk alamat email saya : miss.ayu.ms@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*