Anak hasil bayi tabung – Meidi

Hi,  saya mau mulai suntik Gonal F minggu depan. Sebelumnya boleh tanya tidak ya, berdasarkan pengalaman Ibu-ibu yang sudah berhasil proses bayi tabungnya, apakah ada perbedaan bayi yang hasil proses bayi tabung dengan yang hamil alami? Saya dengar anak hasil bayi tabung meningkat resiko kelainan genetik atau beberapa cacat lainnya (menjadi sebesar 9% an atau 2 kali lebih besar dari anak yang dari proses normal). Ada yang bilang (Mbak Therez) bahwa kognitif anak bayi tabung lebih baik. Boleh share ya Ibu-ibu bagaimana pengalamannya..

Masa depan memang ditangan Tuhan kan ya.., tapi kalau boleh saya di share dong pengalaman dari Ibu-ibu yang sudah sukses disini untuk lebih menenangkan hati saya, atau setidaknya meng-clear-kan pertanyaan-pertanyaan di kepala saya,

Terimakasih banyak semua =)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 2.40 out of 5)
Loading...

18 thoughts on “Anak hasil bayi tabung – Meidi

  1. Erlyna

    Kata saya sih anak baik tabung kemungkina cacat kecil.Lihat saja telur yang dipilih yang paling bagus, embrio yang ditanam dilihat gradenya, excelent, good. Tidak random kalo natural, kita tidak bis menilai embrio yang jadi natural atau tidak

  2. shinta

    Dear Friends, Apa Kabar Semua???
    Saya Mau sharing dong,boleh ya,please.
    Saya 38th, Suami 49th,menikah sdh 10th.Saya Pasien di Rs.Bunda.
    Mengingat umur sdh mentok haha…saya mau ngejar target nih,
    Kpingin punya Momongan.Problemnya saya ada Kista 5cm,Stelah Kontrol Sm Dokter,sy terapi Kista dengan Suntik-
    Endrolin tiap bulan and Saya sudah 2x suntik.

    Hari ini saya kontrol lagi ke Dokter,stelah di USG kista saya
    mengecil.Dan Hasil sperma suami saya kurang bagus,Suami Sperma
    nya Banyak Cuma loncatannya krg gesit
    Lalu Dokter Saya menganjurkan:
    -Tgl 7april saya di suruh kontrol lagi Untuk di liat telor saya
    dan Untuk Suami Tgl 8april cek sperma lagi kalau ada yang –
    Gesit and Positip,lalu mau di IVI.

    -Saya mau Tanya ke Teman2 Semua,ada yang sama engga kasusnya
    sama saya???? Please,Please…sharing dong ya.
    -ah ya sama Dokter saya,saya di kasih obat Netavit
    -Untuk suami Enerplus,vitamin juga.
    -sambil menunggu Untuk next Kontrol lagi,kira2 ada Makanan yang
    harus di Pantang engga???

    Salam Hangat dari Mami shinta and Tetap Semangat Semua!!!
    Please dong ya Sharing nya.

  3. iin

    @ Hai meidi salam kenal yah :
    wah uda suntik gonal yah semoga telurnya besar2 yah.
    meidi anak adalah titipan tuhan jd kl tuhan memberikan jalannya dgn BT yah jalinin aja dan jgn terlalu byk memikirkan negatip pikirkan lah yg posipnya “Semoga anak yg nanti kt kandung adalah anak yg terbaik”.
    Jd byk2lah berdoa smoga hamilnya lancar dan smua sehat baik ibu jg anaknya.
    Kl km terlalu byk pikiran yg negatip nanti sel telurmu ikut stres jg jd santai aja yah meidi.

  4. therez

    hi meidy.. pertanyaan menarik. aku coba searching dan dapat website ini: http://www.ivfbabies.com. disini dikatakan sudah 28 tahun sejak bayi IVF pertama dilahirkan, dan sudah ada lebih dari 3juta bayi IVF di dunia,sehingga telah banyak penelitian yang memfollow up perkembangan bayi-bayi IFV ini dengan hasil tidak ada masalah dalam perkembangan bayi IVF. penelitian terakhir di Belgia th 2006 oleh European Society of Human Reproduction and Embryology menyatakan tidak ada masalah dalam perkemb fisik bayi IVF.
    yang menarik, dikatakan juga bahwa justru yang “bermasalah” adalah ortu2 dari bayi2 IVF ini. ternyata dibanding ortu yang hamil alami, ortu2 dari bayi IFV ternyata lebih “parno” alias cemas berlebihan terhadap masalah perkembangan anak mereka. (haha, aku pun mengalaminya…maklum, susah dapetnya sih…)
    ok meydi..semoga membantu. try not to worry about it, just think all the happy thought and you’ll have the beautiful n healthy baby soon! good luck!

  5. Meidi

    Hehehe.. Terimakasih ya Mbak Erlina, Mbak Iin, dan Mbak Therez =)) Iya nih, aku memang parno-an nih =) Semoga berhasil ya apa yang kita cita-cita kan (punya anak2 yang sehat).. Setelah suntik Gonal F 1500IU (4 kali), tadi check ke dokter Taufik (BIC) dan dilihat ada 6 telur yang 12mm dan 6 telur lagi yang kecil2 (10mm dan 10mm kebawah).. Jadi trus suntikan diteruskan hari ini dan besok, dan dosis ditambah jadi 2250IU (2 kali). Nanti Sabtu datang lagi katanya… Kata dokter Taufik, kalau gak Senin, Selasa mungkin bisa OPU… Hehehe.. H2C nih =)) Doakan ya

    Mbak-mbak disini bagaimana ya perasaannya setelah disuntik Gonal F? Kalau saya, kemarin-kemarin sih biasa2 aja cuman agak getar2 dikit. Kalau sekarang setelah dosis ditambah, kok kayaknya agak hangat ya disana.. Hehehe =)

  6. Ineke

    Hi Mba Meidi,,

    salam kenal ya,,,wuahh udah mulai suntik-suntik yaa,,:)sdh yang ke brp kali mba? kebetulan saya juga lagi mulai suntik Gonal F 1200 IU baru mulai rabu dan sabtu ini USG sama Dr.Ivan. Jgn -jgn bisa ketemu ya hehehhee,,, pas suntik pertama rasanya kaya demam2 gitu ngga mba badannya,,

  7. Meidi

    @Ineke, hari ini saya yang ke-8 dan yang terakhir Mbak. Tadi (jam 8 malam) baru saja suntik Ovidrel. Kalau saya demam-demam enggak, cuman kayaknya jadi lebih gampang capek. Gatau juga, apa capek beneran atau justru karena kebanyakan tidur… Hehehe.. Dalam rangka suntik-suntik ini kan, saya memang usaha pulang cepat dan tidur jam 8 malem. Pagi-nya (jam 7) harus suntik di Bunda soalnya. Dulu kan biasanya pulang jam 9-10 an malem trus abis itu masih lanjut makan diluar sama suami =)

    Oya dibawah ini beberapa cerita sedikit tentang proses BT saya sampai saat ini. Mumpung masih hangat dan inget, saya share disini. Siapa tau ada yang punya pertanyaan atau pengalaman yang sama:

    Sabtu, tanggal 3 April 2010: Saya menstruasi hari ke-2. USG di dr. Taufik, katanya kemungkinan saya akan ada 6-8 telur yang matang. Resep untuk 4 kali suntik gonal F 150iu dari tanggal 4-7 April. Tanggal 8 diminta datang ke dokter dulu jam 9 pagi untuk USG sebelum suntik gonal. Langsung beli gonal F yang 1200iu (Rp.9 juta-an). Belakangan saya tau dari website ini juga bisa beli obat BT lebih murah di apotik Medika Center. Saya tanya di Medika Center (di Central Park, Jakarta Barat) harga Gonal F yang 1200iu itu Rp.7.865.000 dengan ongkos antar Rp.30.000. Kalau beli satuan (75iu), ga terlalu beda jauh antara apotik Bunda dan Medika Center. Kalau ga berani suntik sendiri, kita juga bisa ke Medika Center-nya untuk minta disuntikin. Hemm, sempet kepikir sayang karena lumayan juga tuh hemat 1 juta-an, tapi ya sudahlah da terlanjur beli di Bunda. Lagian Bunda lebih deket dari rumah jadi mungkin lebih nyaman kalau pagi harus ke sana dulu untuk minta disuntik. Hehehe, saya memang gak berani suntik sendiri. Serahkan pada suster yang ahlinya saja deh =))

    Minggu-Rabu, 4-7 April (suntik 1-4): Suntik gonal F 150iu. Oya tanggal 4, saya test prolaktin juga. Hasil yang bagus dibawah 20. Sebelumnya saya 25-an. Dah setelah minum parlodel mulai kira-kira 20 hari sebelumnya, waktu test saya 17,25.

    Kamis, 8 April (suntik 5): ke dokter Taufik, USG (jam 9.25). USG: ada 12 telur, ki/ka:6/6. Ukuran 12-10mm. Dokter minta dosis gonal nya ditambah jadi 225iu selama 2 hari (8-9 April). Suntik gonal F 225iu. Disini rasanya agak lebih hangat ya. Sabtu (10April) diminta ke dokter dulu sebelum suntik).

    Jumat, 9 April (suntik 6): suntik gonal F 150iu. Hari ini, saya naik ojek dari kantor untuk pulang kerumah karena jalanan macet dan gada taksi. Sampai dirumah, saya langsung terkapar di tempat tidur dan kaki saya pegel banget. rasanya capeeek bangeet. *lebai mode on* .. hehhehe.. (gatau deh itu pengaruh obatnya atau perasaan aja, biasanya saya naik ojek ga secape itu soalnya) Saya jadi takut telur saya pecah setelah terguncang-guncang di ojek (seperti telur ayam.. haha), makanya saya sms dokter Taufik untuk tanya apakah naik ojek bisa membuat telur pecah. Kata dokter, gapapa, istirahat aja. Besoknya (kebetulan memang jadwal USG), ternyata telurnya gak pecah. Hehhee..

    Sabtu, 10 April (suntik 7): test E2 hasil 1200. Telur 12 (yang dicatat) dan 2-3 yang lebih kecil. Yang 12, diameter terbesar ukuran 16-14 mm. Agak kurang sesuai dengan yang diharapkan karena tadinya dokter Taufik berharap dengan dosis yang ditambah (225iu) telur saya yang sudah ada jadi lebih cepat matang, tapi kalau ini kelihatannya laju kematangannya telur yang ada kayaknya tetap, tapi tambahan dosis itu menambah jumlah telur yang membesar. Jadi dokter mengurangi dosis Gonal F saya lagi jadi 150iu untuk 2 kali suntik lagi, ditambah centrotide 2kali juga. E2 saya 1200-an. Tadinya jadwal OPU saya hari Senin, tapi trus jadi diundur hari Selasa. Suntik gonal F150iu dan cetrotide.

    Minggu, 11 April (suntik 8): pagi suntik gonal f 150 iu dan cetrotide. Malam jam 8 suntik ovidrel di perut. Nah disini saya sempet panik karena sepulang dari suntik ovidrel saya baca website ini, dibilang suntik ovidrel itu seharusnya di pantat. Huaa, gimana dong ini. Akhirnya saya telp dokter Taufik (aduh mohon maaf banget ya dok, sudah jam 9 dan hari Minggu padahal. Terimakasih banyak sudah diangkat). Dokter bilang ovidrel memang di perut. Yang dipantat itu pregnil. Bingung saya yang bener yang mana. Tapi saya percaya dokter saya saja lah…

    Anyways, saya sempet concern juga kenapa kok E2 baru 1200 untuk 12 telur, sudah mau suntik Ovidrel. Setahu saya kan jumlah yang ideal itu untuk memastikan telur yang ada sudah matang itu kan ukuran 18-20mm dan nilai E2 (estradiol) 200 per telur. Saya sempet bilang ke dokter, apa gak sebaiknya OPU saya diundur satu hari lagi (jadi suntik gonal F dan cetrotide masing-masing ditambah 1 kali lagi), supaya telur bisa lebih banyak yang matang waktu OPU. Dokter bilang melihat hasil USG dan E2 saya, dia takut saya OHSS, jadi OPU hari Selasa itu sudah tepat. Di sms dia bilang Goodluck dan bahwa he’ll do his best. Hemm, lega saya. Saya senang dokter Taufik itu orangnya contactable sekali dan bisa diajak ngomong. Dr. Taufik itu kurang asiknya cuman satu, dia itu sering banget congress di luar negeri =) Bulan lalu congress di Mesir, dan seharusnyanya minggu lalu congress juga di Bangkok (cuman gak jadi yang di Bangkok ini). Ga jadi ke Bangkok, eh minggu ini dia tiba-tiba jadi ke Singapur. Saya ET-nya jadi sama dr. Ivan deh. Huu payah nih.., hehhehe.. tapi ya gapapalah. Saya sudah pernah ketemu dokter Ivan juga kok, dan saya nyaman sama dia juga. Diagnosa dokter Ivan itu menenangkan, gak berlebihan, tapi tepat. Tahun lalu saya sempet hamil (alami) dan keguguran (alami juga.. hehhehe.. ya iyalah, masak dibuat sendiri) soalnya dan sempet ketemu sama dr. Ivan.

    Oya, saya juga banyak dapet banyak informasi yang bagus dari website http://www.advancedfertility.com. Disitu bahkan sampai ada foto-foto telur yang bagus seperti apa, embrio yang bagus yang mana, faktor-faktor apa yang menentukan success rate. Bagus deh pokoknya, selain website ini, website advancedfertility itu juga informatif sekali. Coba liat aja =))

    Hemm, seneng deh mikirin 1 minggu ini akan cuti dan program bayi tabung. Udah beberapa tahun ini belum cuti dan libur yang bener2 istirahat soalnya. Kayaknya emang perlu nih. Saya sudah beli banyak majalah, susu hamil, telur ayam kampung, dan jus buah buat santai2 di rumah. Enak juga begini =)) Jadi pengen jadi stay home mum nih kalau dah dapet anak nanti =))

  8. erlyna

    @Meidy …
    Memangnya Meidy short protocol ya. Memang dokter2 sering Seminar kok. Et nya kapan ya, Meidy.
    Semoga sukses ya

  9. Dian Lestari

    Mbak Meidy, hehehe kita pakai dokter yang sama… Karena ini sudah program BT ku yang ke tiga, otomatis saya mau mengirit, dan karena saya setiap kali selalu menghabiskan 2 vial Gonal-F yg 1200 IU, saya memutuskan untuk suntik sendiri dan beli obatnya sendiri di apotik Medika Center, taunya juga dari baca-baca di website ini. Suntikan pertama saya disuntikin, dan diajarin sih sama tim specialty medicine dari apotiknya… Sebenarnya gampang sih ehehhe, saya sendiri sudah mahir, tidak susah dan jarumnya juga kecil jadi gak berasa. Lumayan ngirit satu jutaan gitu deh, kalo dua vial jadikan ngirit dua kalinya… Saya dua hari lagi akan transfer… E2 saya sebelum transfer sekitar 2800, dan telur saya kira kira 10 di ovary kanan dan 12 di ovary kiri, response cukup bagus tapi kita lihat saja dan saya tetap berdoa=) good luck untuk yang lainnya, sukses=)

  10. Dian lestari

    Buat yg tanya2 saya nomernya Medika Center, 021.56957245 atau 081927740999, sorry saya lupa cantumin di posting sebelumnya:) Sukses selalu yaaaaaa……
    -tari

  11. Arum

    Hai Teman-teman,

    aku baru aja ngejalanini proses IVF sama dokter Taufik niy..baru aja embryo transfer seminggu yang lalu. Yang jadi masalah adalah sejak embryo transfer, perutku (bagian atas) itu selalu begah dan kembung. udah gitu kalo ditekan nyeri dan agak keras. Dokter Taufik sih bilang kemungkinan aku maag n saranin aku untuk minum My*an*a. Karena aku nggak mau resiko banyak obat (takut mempengaruhi keberhasilan), makanya aku belum minum n memilih untuk ngatasin pake cara tradisional, yaitu banyak makan pepaya sama alpukat. Tapi masih begah n nyeri nih…

    Bagaimana dengan teman-teman? Ada yang senasib? Terus apa yang kalian lakukan?

    Thanks for sharing…

    Arum

  12. Rachma

    Hai Arum…
    Aku juga baru seminggu embryo transfer sama dokter Karel (15 Februari), yang ditransfer 3 embrio dengan pembelahan 8-6-6. Sampai saat ini aku belum merasakan ada perubahan di badan (perut dan payudara), biasa-biasa saja.

    Hanya BAB agak susah 2 hari sekali, itu juga sudah dibantu dengan makan pisang dan pepaya. Aku ga bedrest, hanya membatasi kegiatan saja. Paling keluar rumah beli makanan dengan kondisi jalan yang lambat. Kerjaan dirumah hanya makan-tidur-nonton TV-internet. Semoga seminggu lagi kita dapat raport sesuai yang kita harapkan ya…

  13. amy

    lam kenal semuanya,
    bagi ibu2 yang dah mencoba, saya mo tanya nih.
    1. untuk meproses bayi tabung ini diperlukan berp lama? total kseluruhan/ dri awal smp mlhirkan?
    2. Apakh slm menjalini proses ini kita tidak boleh kerja berat ato naik kendaraan?
    3. biaya total brp? estimasi untuk yg hrs dipersiapkan?
    mohon ya ibu2 bagi info ke saya ya, karena sy pengen baget melakukan itu tp blum siap baik material maupun fisik jg.thaks ya atas jwbnnya

  14. jasmine

    salam kenal semuanya…ikutan sharing yaaaaa saat ini aku ikut program BT sm Dr. Taufik. seminggu yg lalu suamiku udh PESA & alhamdulillah dpt sperma nya (skrg lg freezing). aku pilih yg short prot. kmrn udh USG, dokter blg tunggu siklus haid berikut nya (kl itunganku mens berikutnya antara tgl 25-27 maret) kondisi semua OK & hari ke2 mens hrs cek darah, hari ke 3mens hrs konsul ke Dr taufik utk tau hasilnya. mhn info nya donk, kpn kira2 aku disuntik Gonal F trus efek samping nya apa aja stlh suntik ? ga sabar nya rasanya pengen segera ET heeehee

  15. maya

    malem.. ??u tanya… Saya saat ini sedang menjalani program hamil.. Sudah ke 8x ke dokter ?? sama.. Treatment 1 bulan – 6 saya diberi obat2an untuk diminum, saya + suami… Kedatangan saya ?? ke 7 diminta untuk mengukur menggunakan termometer setiap harinya… Setelah itu kedatangan saya ?? ke 8.. Dokter menyarankan saya untuk suntik ovidrel pd tgl 15 ini, namun saya tdk suntik, mengingat tgl 24-29 saya akan liburan ke singapore, rasanya2 percuma saya suntik tp setelah itu capek2…maka saya putuskan untuk treatment suntiknya untuk siklus haid ?? akan datang.. Atau bulan april tepatnya. ?? ??u saya tanyakan apakah suntik ovidrel itu? Guna-nya untuk apa? Efeknya apa? Trus kemungkinan sukses-nya besar gak yah dengan suntik itu?? Sementara hasil hsg+cek sperma punya suami semuanya sehat, cuman hasil grafik temperaturnya badan ?? diukur stiap hari kata dokter kurang bagus, maka perlu disuntik ovidrel. a???à saran atau tidak yah sebaiknya bagaimana?? Terimakasih.

  16. Tary Ajiansyah

    hi semua , hmm senangnya bs berbagi disini … aq sekarang lg suntik gonal F 150UI dah hari ke 4, hari ke 6 konsul ma dokter lg, kebetulan aq di rscm kencana dengan Dr. Muharrom. Aq sedikit bingung ketika disuntik ma suster 2 hr berturut2 aq merasakan reaksi ada mules, ato pegel gt diperut, tp ketika hari ke 3 dan 4 aq suntik sendiri, kok ga merasakan efeknya ya ? aq takut aq salah cara nyuntiknya. harus bagaimana sie, perasaan dah ngikutin cara suster suntik dee. Oiya trs bahaya ya klo smp ada udara masuk … rada takut jg ternyata suntik sendiri. Mohon bantuannya ya. Buat yang sudah berhasil selamat ya, buat yg belom ayoo semangat. Doain aq ya temen2 semua

  17. Wati

    Saya Wati, tinggal dimakassar.
    Usia saya 41 tahun, suami 43. saya berniat menngikuti program bayi tabung. apa ada diantara teman2 dengan kisaran usia yang sama yang pernah bt dan berhasil.

    Mohon juga info dari teman2, sebaiknya ke dokter mana (mohon info alamat atau no telp dokter/RS kalau punya), lama waktu yang diperlukan (karena saya akan ijin dari kantor) dan persiapan biaya untuk program bt ini.

    Terimakasih sebelumnya
    Wati

  18. wanty

    @wati:
    *)RSAB Harapan Kita (Klinik Melati)
    Jl.Letjen.S.Parman Kav.87 Slipi Jakarta 11420
    Telp.(021)5668284.Hp:08001527441 (bebas pulsa)
    *)Morula-IVF (Bunda):
    Jl.Teuku Cik Di tiro No.12
    Menteng-Jakarta Pusat
    Telp:021-392-6393 Ext 820/821
    (kebetulan saya BT akan mulai BT disini bulan ini dengan Dr.Indra C Anwar,perkiraan harga 60jutaan)
    dokter lain :
    -)Dr.Anggia Melania
    -)Dr.Irham Suheimi
    -)Dr.Ivan R Sini
    -)Dr.Taufik Jamaan
    untuk bulan ini ada program diskon anak shio naga 12,5%,batas ampe bulan ini.biasanya ada program diskon lainnya.
    *)Klinik Yasmin, Immunoendokrin reporoduksi dan menopause. Paviliun Cendrawasih RSCM. Jl. Diponegoro no. 71 Jak-Pus. Telp. 021-3928567, 021-3918301. disana ada tim dokter, antara lain Dr. Budi Wiweko, Dr. Muharram, Dr. Andhika, dll.
    *)RS Abdi Waluyo, Jl. HOS Cokroaminoto 31-33, Jakarta. Telp 3144989. Dengan Dr. Karel, dia juga praktek di RS Bunda.
    *)Untuk yang tinggal di sekitar Bandung bisa ke Klinik Aster, RS Dr. Hasan Sadikin, Jl. Pasteur 38 – Bandung 40161, Phone: 022-70813800.
    *)Teratai Fertility Clinic (Rs.Gading Pluit)
    Jl.Boelevar Timur Raya-Lt.4-Kelapa Gading
    Jakarta Utara.
    Telp.(021)4520201 atau 4521001
    SMS Center (0888-858-6663)
    *Dr.Aucky Hinting (rs.Siloam)
    Jl.Wr.Supratman 59 Surabaya Timur/Gubeng
    Telp.031-5674360
    Semoga infonya bermanfaat..dan saya mendoakan semoga TUHAN senantiasa memberikan jalan terbaik dan kekutan kepada teman-teman semua dalam berjuang mendapatkan keturunan..GBU.amien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*