Akhirnya sekarang saya pasrah dan rencana mengadopsi anak – Lukisa

Dear All, Salam kenal untuk mba Jernih dan semua. Sungguh ada keharuan setelah menemukan dan membaca website ini. Saya ingin berbagi pengalaman pribadi.

Kebetulan sekali saya adalah salah satu dari anda yg bernasib sama ”Ingin memiliki momongan”. Umur 37 tahun, sudah menikah selama 13 tahun… belum juga di karunia anak. 2x Program BT, yang 1 di Bunda-Jkt dan BT 2 di South Africa-Agustus 2009 (kebetulan jg kami tinggal/tugas disini saat ini), 2x insiminasi (di Bangkok, kebetulan suami tugas disana).

BT 2 kami ternyata gagal lg….. 2 minggu setelah embrio di tanam kembali ternyata saya datang bulan… Ya Allah….sedih sekali rasanya. Kami menangis/marah… sejenak…astagfirulloh, Syukur alhamdulliah …. sedihnya tidak berkepanjangan (masih berkaca2 nih bu waktu tulis ini).

Problem ada di sperma suami yg nol, maka sperm donor jalan satu2nya. Jadi untuk semua ibu2… salut dan marilah kita berpasrah diri dan jangan berhenti berdoa memohon yang terbaik untuk kita, semoga doa2 kita tersampaikan. amieen.

Sekedar informasi BT, barangkali berguna untk semua, Saya tidak tahu berapa biaya BT di Indo skrng ini, karena 7-8 tahun yg lalu saja sudah 35-50 jt kl ga salah. Tapi biaya BT di South Africa ternyata tidak semahal di Indonesia lho…..sekitar US$ 3000-3500 Agust 2009, mana tahu anda punya family disini…. sambil liburan sambil BT. Donor sperma juga bisa tersedia.

Akhirnya sekarang saya pasrah dan rencana mengadopsi anak… setelah kami pulang nanti… December ini.. mudah2 an diberikan rejeki dan kemudahan dalam prosesnya. baik melalui yayasan ataupun kontak langsung dengan ibu bayi.

Sekali lagi ibu2…mari kita semangat dan terus berdoa..semoga apa yg kita rencanakan adalah yang terbaik…. dan tidak lupa bersyukur dengan nikmat yg ada skrng..suami yg penyayang dan penuh kasih, ibu mertua yg baik, orang tua dan handai tolan yg tidak hentinya memberi dorongan semangat…. dan segala nikmat yg telah diberikan..amieeeeeeen.

PS : Ibu2..yg pernah bayi tabung…. mengalami proses perut kembung ga ya? karena aku sempat sakit banget waktu telur udah di ambil… aduh ampun… perut kembung/keras… kenceng bener… terus waktu embrio ditransfer (karena memang masih kembung)… rasanya perut tambah sakit bukan kepalang… (aku ga bisa tidur malamnya… nangis gitu). Barangkali pengalaman anda berbeda.. sharing boleh ya bu…

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (17 votes, average: 3.53 out of 5)
Loading...

43 thoughts on “Akhirnya sekarang saya pasrah dan rencana mengadopsi anak – Lukisa

  1. Ririn

    Yg sabar ya bu…Allah menjawab doa kita dengan caraNYA sendiri.seperti saya,baru rencana mau berobat ternyata Allah berkehendak lain.Allah menganugerahkan saya seorang bayi perempuan cantik,meskipun bukan dr rahim sy sndiri,tp sy yakin setiap anak adalah titipanNYA.Subhanallah,ternyata ini memang rencanaNYA.Dan alhamdulillah skrg sy sudah tidak terlalu stres memikirkan punya momongan lg.Dan sy yakin suatu saat nanti entah kpn,barulah Allah akan mengabulkan keinginan sy memiliki anak kandung.skrg yg difikirkan adalah membesarkan titipan ini dengan baik,itu saja..

  2. nia

    Ya mudahan tuhan menjawab atas doanya ya bu.yang sabar. kita juga mencoba anak yang ke dua selama sepuluh tahun lamanya. tapi sampai sekarang belum dapat juga.pengenya ivf tapi kok juga ngak jamin langsung jadi .

  3. MARIA

    yang sabar ya mba…segala sesuatu pasti.. ada jalan keluarnya dan buah dari kesabaran itu indah…….saya doakan semoga allah swt cepat memberimu keturunanan ya…
    seperti saya juga….lagi berusaha awal jan 2010 insya allah mulai program BT

    oh ya mo tanya dikit nih.. klo sperma suami bermasalah emangnya waktu BT suami di ambil spermanya dgn cara operasi ga mba….

    trs mo tau jg nih.. klo emang jalan operasi kira2x kita tahu ga ya.. klo sperma yg di ambil itu bgs apa ngaknya ya???…

    txs salam dr pasir ris singapore linda klo transit sini sms2x boleh nih mba.. dahhh

  4. venice

    mbak, memangnya di south africa ada donor sperma dari berbagai macam ras? biayanya berapa kalo bole tahu? mbak boleh share alamat emailnya ga? mau nanya2…

  5. eris

    Semua adalah rahasia Allah swt, kita tetap berikhtiar sesuai kemampuan kita, selalu berdo’a tanpa henti.
    Bu Lukisa & Ririn, boleh tahu emailnya ? pengen sharing pribadi nich…

  6. yunie

    mbak,,,sabar…sabar,,,sabar
    aku menikah 7 thn sekarang usiaku 31th suami 41th,,kita smua baik2 saja
    kita sudah coba BT 4x diaustrali
    1.yang pertama gagal total krn keluar mens(bulan oktober 2008)
    2.yg ke-2 positif hamil tapi memenag allah masih belum kasih dihamil yg ke minggu ke-6 saya pendarahan didalam pesawat krn saya yakin saya kecapean traveling waktu itu(bulan febuari 2009)
    3.yang ke-3 positif lagi dengan memulai proses fresh cycle,(karena tidak ada embrio tersisa karena dibulan feburi saya masukin dua embrio),,waktu itu saya sempet kram perut after OPU memang sakit sekali sama seperti yg mbak rasakan,,yg saya tau itu sakit dikarenakan darh kita yg didlm perut secara tidak sengaja kesedot juga,,makanya kita terasa sakit krn darah barunya itu keluar,,biasanya cara mengatasinya saya kompres sama hot water bottol tapi sayang seribu sayang diminggu ke-7 setelah mau USG jantung saya keluar mens karena mungkin saya kecapean juga,karena waktu itu saya sebari kuliah pagi pulang jam 3 siang(bulan juni 2009)
    4.yang ke-4 saya masih ada sisa 4 embrio frogen jadi kita masukin 2 embrio,aku tunggu sangat berharap mungkin yg ke-4 berhasil krn aku tidak datang mensnya,,tetapi pas periksa darah jhasilnya mrk bilang “blank”(negatif)disinilah aku harus dapat menangis krn aku pikir aku bener2 melakukan bedrest total tapi masih saja ALLAH belum kasih kita kepercayaan,(bulan septemebr 2009).
    setelah yg ke-4 kita memutuskan untuk istirahat TOTAL karena badan aku sudah tidak stabil lagi,sejak mulai program sampai skrg berat badan aku naik 8 kg dan tidak turun lagi,walaupun banyak gym,dan sejak proses terakhir setelah aku berhenti pakai obat baru lah aku keluar mens dihari ke-2 setelah berhenti,tetatapi skrg aku mengalamin sering dapat spot fresh sekali,tapi setiap hari,,makanya aku skrg sedang lagi tidak nyaman karena klu mau pakai pembalut tanggung klu tidak cela selalu kotor,
    akhirnaya aku bertanya sama dokter yg diaustrali kenapa aku keluar spot jawaban beliau adalah:KARENA BULAN INI AKU TIDAK ADA OPULASI MAKANYA KELUAR SPOT”tapi rencana aku mau periksa tapi waktu tidak mendukung,krn skrg kita sedang liburan 3 minggu.
    jadi kita hanya berharap ALLAH kasih kita mukjijat untuk kita,,,,kita hanya berusahan ALLAh tetap yang menentukan,rencananya kita akan coba lagi tapi masih mau istirahat dulu krn badan aku yg semakin lama semakin melar…
    mbak lukisa klu mau adopsi bayi disayap ibu saja ,seandainya mau tanya2 bole YM aku saja
    yunie_strain@yahoo.com.dikasih teks ya mbak biar aku tau dari BT
    semanagt mbak
    ciao
    yunie strain

  7. rima

    yang sabar ya bu lukisa..aku juga udah 6 tahun ini belum diberi momongan, udah 2x bt dan belasan kali insem sudah ku lakukan juga belum dikasih..ya…bersabar aze deh..sekarang lagi cooling down ke dokter dulu, jadi lagi berobat pijat refleksi dulu, mudah2xan ini jalanNya, aku hanya bisa pasrah deh..yang semangat ya bu…cayo…

  8. Lukisa

    Dear mba Ririn, Nia, Maria, Venice, Eris, Yunie and Rina,
    Salam kenal untuk semua dari saya. Terimakasih atas semangat dan doa yang diberikan. Saling doa mendoakan adalah hal yg paling tepat untuk di lakukan, siapa tahu doa dari salah satu kita terkabulkan. Amieeeen.
    @bu Ririn, selamat ya bu…telah memiliki buah hati yg cantik. Mudah2 an saya bisa ketularan secepatnya. Sedang rajin2nya buka informasi adopsi sana sini…baik lewat teman dan info di internet.
    @Mba Nia….. terimakasih, mudah2an kesabaran ini ada hikmahnya.
    @Maria……terimakasih, mudah2an rencana BT di 2010 berjalan dengan lancar dan berhasil. Met berjuang ya….
    Sperma suami – Waktu BT di Bunda, sperma diambil langsung dari testis dengan di tarik (tidak operasi), jadi pake alat untuk ambil darah gitu (suntikan, kl ga salah). Dan untuk memastikan sperma bagus/tidak..kayaknya dokter bisa periksa dari testisnya. Konsul deh ke dr. Akmal Taher (dia ok untuk masalah cowok gitu, dia ada di rscm/st corulos).
    @Venice.. Donor sperma yang pasti ada South Africa… Bule Africa (bener2 bule/putih) dan Africa Origin (orang item/negro gitulah). Kl yg asia….mungkin ada…karena banyak orang keturunan Malaysia dan China yg tinggal di South Africa (capetown). Kl cari yg asia… disingapore aja…. dsana jg sedia donor sperma.
    Ok mudah2an membantu ya.

    @Eris….. terimaksih juga lho atas masukannya. Ini email aku : luksia72@yahoo.com. Feel free untuk kontak aku ok.

    @Yunie…. Termakasih ….. semangatnya biar menular ke aku. Iya waktu umurku 30an gitu..masih asyik2 aja…. tapi bu…skrng 37 gitu lho. Kebayang 40 bentar lagi….. aduh pusing. Anyway…thanks for the support.
    Aku salut bener lho sama dirimu…dah 4 x BT dan dengan semangat yg luar biasa. Sebenarnya aku juga udah 3x tapi yg 1 x ga kuitung, sebab berhenti separuh jalan di salah satu rs. Jantung di jkt.

    Ceritanya gini, suami itu kan nol sperma….jadi hrs ambil dr testis langsung. Nah waktu consults…dokter bilang bisa ditarik langsung dr testis “TANPA OPERASI”…(syarat mutlak buat suami nih … , maklum dia cari info lengkap dulu mengenai ini).
    Berdasar dr hasil konsultasi dokter td, kita langsung ikut BT…. Aku mulai periksa ini itu, suntik dan semprot sampai aku bertelur banyak (kaya ayam nih). Akhirnya telur siap diambil ..dan begitu jg pengambilan spermanya di schedulkan…… singkat cerita suami dah siap di ruang operasi… terus….last minute brifing sebelum dibius…. and ternyata ….”GA ADA JALAN LAIN SELAIN DIOPERASI ”….. mana teamnya macan kaya mau opersi jantung gitu 10 orang kali kelilingi dia (kaya buat praktek aja)…. wal hasil…setelah argumen sana-sini….beneran dia ga mau dan pergi dr rs detik itu juga.

    Bisa kebayang apa jadi dengan aku waktu itu…stress..nangis …hampir gila kali….. (kalo boleh pake donor aku pake deh saat itu), sayang di Indo kan ga bisa…ato sebaliknya..telurku bisa di donorkan (karn ada yg program BT, tp telur ga tumbuh satupun sementara aku belasan dimasing2 knn-kr). Anyway…. semua itu udah lewat….. jadi sekarang aku lebih pasrah aja.

    Yunie… Efek BT katanya jadi melar, kok di aku ga nih… Cuma sakit di perut aja (kembung, kenceng, kram ama periode yg melenceng dikit). Boleh dong tips nya bagaimana supaya tambah gemuk dikit aja…aku kurus nih..berat 39/40 kg, tinggi 150. Pengin tambah 2 kilo lagi gimana caranya.

    And thanks untuk info Adopsinya. Tar kl da pulang ke Indonesia…aku coba kesana deh… (tp katanya ribet prosedurnya). Aku akan add ya di YM aku : lukisa72@yahoo.com

    @mba Rima : terimakasih. Iya bu sedang mencoba bersabar nih…….. mudah2an pengobatan reflesi yg sedang berjalan membawa hasil baik. Amien

  9. olif

    mbak lukisa ga sendiri….banyak yg ngalamin kyk kita mbak… aq uda 7 thn nikah blm pernah hamil, da coba obat ini itu termasuk alternatif2, da ikut program BT 1x, tp Alloh masi jg menguji kesabaran kami….. tp jgn patah semangat hidup hrs terus berjalan…. moga next program mbak lukisa & saya serta ibu2 yg lagi program berhasil hamil & punya anak2 yg terbaik…amiiin ya Rob!!!

  10. ellin

    salam kenal utk Lukisa….

    yang sabar yah… dan byk doa juga… suatu saat pasti ada yg terbaik buat kamu…
    oya ttg perut kembung waktu selesai OPU, rasanya itu OHSS _ovarium hyperstimulate syndrom yah kalo gak salah… dimana indung telurnya menjadi membengkak karena pengaruh obat hormon yg disuntik sebelum OPU.. kata org kalo kasus nya PCO emang suka kena OHSS setelah OPU… sebagai antipasi beberapa dokter mengajurkan konsumsi putih telor rebus… 4 kali sehari….kalo gak mempan mesti infus albumin.. karena agak bahaya yah OHSS itu…
    semoga info nya sedikit membantu.. kalo ada temen yg mau kash penjelas jg bole takut salah juga aku….

    yg penting ttp semangat yah..

  11. Lukisa

    Mba Ellin,

    Salam kenal kembali ya dan terimakasih atas infonya (coba aku tahu dari dulu, ya ampuuuuun). Kadang2 aneh juga sih rumah sakit itu….kita sih udah lapor ke dokternya…kalo perut bengkak/rasa banyak gas… tapi dokter ga kasih saran apa2. Untunglah ada website begini..yg bisa saling berbagi informasi. Siapa tahu kami ada rejeki lagi dan semangat 45nya balik, tahun depan ikutan BT lg. Tapi mungkin aku coba insiminasi dulu, yg prosesnya ga ribet kaya BT.

    Makasih sekali lagi. Salam hangat untuk keluarga – Lukisa

  12. ira

    Salam kenal utk ibu2 program BT semua….
    saya disini cm sharing mslh donor sprem, tlg sblm ibu2 memakai donor sprem harus dilihat dl hkm syariat yg diperblhkan dlm agama kt. krn setahu sy menurut MUI donor yg dihalalkan hy dari suami dan istri, bs jg hal ini yg menyebabkan jln ibu2 blm di ridhoi oleh ALLAH. mhn maaf bukanny sy mau menggurui tp sy py kewajiban moral krn kt sm2 org muslim. trima kasih dan semoga ALLAH mendengar doa ibu2 bayi tabung semua!!!!!!! AMIEN..

  13. Lukisa

    Halo Ibu semua dan salam kenal untk bu Ira khusunya,

    @bu Ira…wah saya mesti minta maaf nih sama ibu2 semua. Maaaaaf…. “Saya tidak bermaksud untuk menyarankan “Sperm Donor”. Ini sekedar informasi dan kebetulan pengalaman pribadi saja, itu juga karena keadaan. (kalo bu Ira diposisi ini, kemungkinan pemikirannya akan berbeda). Tapi terimaksih lho bu…atas pencerahannya.

    Gini bu Ira…… berdasar informasi medis, keberhasilan BT memang 30-35%, dan kemungkinan ada peningkatan menjadi 40% saat ini, karena penelitian2 terus dilakukan, dan saya tidak setuju “DONOR” penyebab kegagalanya. Tapi saya setuju memang sebaiknya jangan pake donor.

    Pada kenyataanya….banyak ibu2 yg mempergunakan sperma suaminya sendiri dan belum berhasil juga. Jadi memang saya percaya disini…bahwa yang diatas/Tuhan mempunyai rencana sendiri untuk tiap-tiap umatnya. Lika-liku hidup yang mesti dijalani, rejeki dsbg. Berusaha dan berusaha itu yg bisa kita lakukan selebihnya…pasrah. Pasrah memang mudah diucapkan tapi susah direalisasikan dalam hidup. Mudah2an saja….dengan ujian2 ini…saya khususnya tumbuh menjadi manusia yg lebih baik…

    @Eris…maaf kemarin salah ketik..buru2..email/YM yg bener: lukisa@yahoo.com

    @Olif… terimaksih ya….. iya mudah2an semangat terus…… aku pikir2 lagi deh utnuk BT…. abis aku hrs donor…dimarahin nih ma bu Ira (:()…….anyway…. tetap semangat juga ya untuk dirimu.

  14. ira

    bukan dimarahi lho say tp ksian nanti anakny, kalau ak blh saran mgk mancing dl yaaaaaa istilah kerenny skr adopsi tp dr anak saudara sendiri. kalau dari phk ibu mgk laki ndak apa2 krn ndak btl wudhu. kalau dari phk bpk bs laki atau cewek,krn keponokan cewek dr phk bpk tdk akan batal wudhu. apalg rasany pasti spt anak sendiri krn mereka kan keponkan kt,berarti jg spt anak bg kita yaaaa semua ini hy saran semua keptsan ada di tgn bpk dan ibu lukisa!!!! sekali lg mhn maaf semoga ALLAH memudahkan jalan yg bpk dan ibu lukisa tempuh!!! Amien…….

  15. Dianee

    Maaf ikutan nimbrung niy… Suami saya kbetulan jg azoosperm atau sperm O. Sehingga satu2nya jalan (mnrt medis) utk punya anak hrs dgn BT. Itupun dg catatan di tests suami ditemukan sel sperma. So, sblm BT suamiku dibiopsi dulu (ambil sperm langsung dari testis), alhamd hasilnya sperm ada. Shg proses BT bs trs dilakukan dg cara ICSI (1 sel sperm suamiku disuntikkan ke 1 telurku).
    Setahuku kalo qta moslem, memang haram hukumnya utk BT dengan sperma bukan dari suami kita. Karena nasab/garis keturunan anak kita menjadi tidak jelas.
    Aku BT 2x n blm berhasil juga. So, utk teman2 yang moslem, smoga qta terus bersemangat berikhtiar, tetapi dengan tetap berada di jalur yang sesuai dengan garis yang telah dtetapkan agama qta…

  16. nina

    Dear ALL,
    Salam kenal…saya salut dan bangga banget dengan semangat ibu untuk mendpt momongan…
    Usia sy 37 th dan 11 th menikah, saat di vonis harus BT untk dapat momongan (suami Azospermia).
    th 2000 (usia saat itu 28 Th) saya ikut BT tetapi gagal (positif tetapi krn saya tidak istirahat total dan gugur di minggu 1)
    Th 2002 suami sy operasi untuk membuat saluran sperma, dan gagal. Di dokter specialist Urologi, RS Darmo Sby
    Berbagai macam Alternatif sudah saya coba tetapi juga belum berhasil.
    Rencana bln Januari 2010 saya BT lg di RS.Siloam Sby
    Buat ibu2 yang muslim ( maaf apabila kata2 sy tdk berkenan):
    Saya setuju dengan ibu Ira dan ibu Dianee tentang “sperma donor”
    Apabila kita harus melanggar syariat agama untuk mendapat momongan, menurut saya anak bukanlah segalanya, karena belum tentu anak bisa baik sama orang tuanya.( anak bunuh ortu, narkoba, dll)
    Saya yakin ; Allah SWT pasti memberi yang terbaik untuk umatNya. pasti ada hikmahnya di balik tidak di berikan momongan.
    Saya 11 tahun menikah dan sangat bahagia hidup dengan suami saya tanpa ada momongan.
    “Tetapi kita harus berusaha dan berdoa”
    Sekali lagi mohon maaf apabila kata2 sy salah.
    Positive Thinking and GOOD LUCK…

  17. yan

    ibu nina,
    Suami saya rencana akan operasi pembuatan saluran sperma di RS Darmo tahun 2010.Dia dinyatakan azoospermia oleh dr. Aucky Hintng, tapi dengan pertimbangan biaya, kami memilih mencoba operasi pembukaan penyumbatan sperma lebih dahulu.
    Kalau boleh tau, apa penyebab kegagalan operasi suami waktu itu bu? Karena terus terang saya was was juga..takiy kalau tak berhasil
    Terima kasih sebelumnya ya

  18. nina

    Dear Ibu Yan,
    Saat itu saya sangat berharap operasi tsb berhasil, tetapi gagal dan doter tidak menjelaskan penyebabnya, di bilang : “belum berhasil” ,Penyebab Azoospermia juga tidak ada yg bisa menjelaskan….
    Saya sangat kecewa…harapan sy operasi tsb berhasil shg sy bisa hamil scr normal dan bisa punya anak 2…tanpa B.Tabung, tanpa selalu di ty orang2 kok belum py anak, tanpa selalu sy yg di salahkan belum hamil2 jg (mereka tahunya perempuan yg bermasalah..krn terlalu capek kerja, dll). Tetapi Allah SWT berkehendak lain.
    Saran saya ibu Yan konsultasi dengan beberapa dokter specialis Urologi sebagai perbandingan.
    th.2002 biaya operasi Rp.13 juta, saat ini berapa Ya?
    Ok. bu mungkin penjelasan sya ini bisa membantu.
    Berdoa dan berusaha… GoodLuck.

  19. mama qq

    Ibu, sy tertarik membaca keinginan ibu untuk adopsi anak, krn hal itu sdh sy alami. Sekedar sharing aja, sy pun penuh perjuangan untuk punya anak. Segala macem pemeriksaan, sampai laparaskopi n insem (2x) udah sy jalani dalam kurun waktu 5 tahun pernikahan km. semangat sy up n down, tp hasil blm ada. Sy pernah hamil (2x) secara alami tp blighted ovum alias bantat, tdk ada penjelasan yg memuaskan dr dokter mengenai penyebabnya. Km mmg blm pernah mencoba BT karena alasan mental n finansial. Lalu km memutuskan utk adopsi saja, untuk menceriakan rmh tangga kami dan mjd limpahan ksh syg km.Tidak gampang lho mencari anak yg bs diadopsi, sy sdh ke sayap ibu dan PA yg di Cipayung (Bina Balita kalo ga salah)tdk semua anak yg ada di PA itu bs diambil, ada yg statusnya titipan jd tdk bs diadopsi. Pun tdk semua keluarga lsg setuju dgn rencana adop ini, mertua sy mulanya ragu2,krn msh berpegang pd prinsip bobot, bibit,bebet (maklumlah org jadul) tp sy keukeuh aja, toh sy tdk akan merepotkan mereka.Lalu sy bertemu dgn ibu yg mengandung anak ketiganya. Kehamilan ini tdk ia harapkan krn 2 anaknya sdh besar2 dan alasan tdk sanggup membiayai (klasik ya?). Stl si baby lahir, ia diserahkan kpd km. Bayi laki2 yg sehat n lucu, Air mata berlinangan ketika menggendongnya, suamiku lalu mengumandangkan azan ditelinganya. 2 Bln kmdn km mulai urus surat2nya, demi kepastian hukum km mohon penetapan pengadilan, stl itu kami urus aktanya. Bkn apa2 bu, km cuma ingin proses adopsi ini sah menurut hkm negara tp tdk melanggar hkm agama. Sbg muslim km tau tdk bs mengubah nazab anak ini, dia tetaplah bin ayah kandungnya (tdk bs jd bin suami sy) penetapan pengadilan bkn utk mengklaim ia adalah anak kandung km, justru sbg publisitas bhw dia adl anak kandung dr ayah dan ibunya yg kmdn pengasuhannya diserahkan kpd km. Jujur nih (tp jgn blg siapa2 ya bu…) km buat 2 akta, yg 1 yg ali dibuat berdsrkan penetapan pengadilan, yg 1 yg aspal dibuat di capil kota km dgn menyebut dia anak kandung (cuma utk urusan sekolahnya nanti biar ga repot banyak pertanyaan)Jika tiba saatnya nanti pasti km akan beritahu dia keadaan yg sebenarnya. Km mencintainya sepenuh hati, tp km tdk memutuskan silaturahmi dgn keluarga kandungnya, meski dia blm mengerti, dia sdh km kenalkan dgn keluarganya. Tanpa km duga, memasuki usianya 1 setengah tahun, sy hamil, akhirnya pangeran cilikku jadi si sulung karena kemudian punya adik (laki2 juga) Alhamdulilah, Allah Maha Besar, penantian panjang kami berujung memasuki usia perkawinan yg ke tujuh. Skrg sulungku berusia 5 tahun dan si adik 3 tahun, kami mencintai dan menyayangi keduanya secara adil, buy one…get one…
    Utk kakak…mama slalu syg kamu, meski km tdk terlahir dr rahim mama sendiri, Allah mempertemukan kita dgn cara yg istimewa, kakak adl anak istimewa krn punya 2 ayah dan 2 ibu yg tak hentinya berdoa utk kakak.
    Utk adik,…km adalah jawaban dr doa yg tak hentinya km panjatkan, jawaban dr penantian panjang, jawaban dr perjuangan yg tak kenal menyerah…
    For both of you…bagi dunia kalian hanyalah seseorang, tapi bagi seseorang kalian adalah dunianya, i love you both..(sambil berkaca-kaca nih, oya 2 jagoan ku udah tidur, peace banget…)
    Smoga sharing ini ada manfaatnya, ingat ya bu, tidak dpt memiliki anak sendiri bukan kiamat, msh banyak anak lain yg butuh kasih sayang kita, tapi bkn tidak ada ujiannya, tdk mudah membesarkan anak yg bkn kita lahirkan sendiri, omongan miring kerabat atau teman pasti ada saja, tegar saja, kalau membesarkan anak sendiri itu sdh kewajiban, tp kalau membesarkan bukan anak sendiri smga mjd berkah bagi kita…amin..wassalam

  20. Ajeng

    Kalo boleh sy nimbrung… sy dah baca tulisan Ibu/mbak diatas & keadaan itu hampir sama dgn yg sy alami yaitu usaha melalui BT yg sampe saat ini blm berhasil.. Kebetulan sy malah ditawari utk mengadopsi bayi dr seorang kenalan, tp bhub.sy msh blm berpikir ke arah sana, nah..jikalau Ibu/mbak berminat, bs email ke sy aja: diajengnjey@yahoo.com, nanti sy beri info lengkapnya. Salam.

  21. Lukisa

    Dear Mama QQ,

    Terimakasih sekali atas sumbangan saran dan kisah nyata anda berbicara sangat manis akhirnya, yang tentu saja ini menambah semangat untuk rencana adopsi saya. Maaf juga agak lama memberikan komen disini, sebab masih parno (berkaca-kaca mulu)nih kalo baca coment2 baru, baik yang pro atau kontra dengan dengan cerita saya ini.

    Cerita anda membuat saya makin mantap dengan jalan adopsi. Walaupun saat ini saya sudah ada gadis kecil, 8 tahun sekarang ( mulai tinggal dengan saya sejak umur 6 tahun/anak kakak sendiri), tapi belum sreg rasanaya/belum rasa sebagai anak karena memang dia hanya dititipkan bukan diberikan.

    Sekali lagi terimakasih banyak untuk berbagi cerita yang indah ini dan sangat bermanfaat tentunya. Pada saat ini, saya sedang mengontek banyak pihak dalam rangka adopsi ini. Mudah2an ada jalan mudah untuk kami. Amien.

    Dear Ajeng,
    Saya sudah kirim email ke anda sehubungan dengan ketertarikan saya untuk adopsi. Saya akan di Jakarta tanggal 9 December 2009. Segera setelah sampai, saya akan mencoba menghubungi anda kembali.

    Demikian terimakasih. Salam Lukisa.

  22. Yanie

    Ikutan nimbrung ya??? terus terang saya sedih membaca artikel temen2 semua.. ternyata saya tdk sendiri.. byk temen2 disana yg bernasib sama seperti saya..jujur saya sambil menitihkan air mata saat membaca nya.. usia pernikahan saya sdh hampir memasuki taun ke-9 tgl 18 Maret 2010.. seperti taun2 sebelumnya menjelang tgl tersebut perasaan sudah kacau balau tdk menentu.. di Hari Raya Idul Adha kemaren ada teman saya yg menawarkan saya u adopsi.. katanya ada org yg melahirkan tp tdk mau merawat bayi nya.. dengan senang hati saya bilang ke suami… dan suami setuju.. alhamdulillah.. karena di hari itu capek sekali.. sehingga saya putuskan u pergi liat dihari berikut nya yaitu sabtu.. begitu saya liat bayi nya lucu sekali.. dlm pikiran saya koq ada org tua yg tega u tdk mau merawat bayi nya.. setelah saya tanya ke ibu dari si bayi.. ternyata itu anak yg ke-6 dan anak yg tdk diharapkan kehadirannya.. Masyaallah.. Terkadang saya berfikir kenapa org yg ekonomi nya pas2-an koq diberi kemudahan u mengandung.. sdgkan saya yg ekonomi nya jauh diatas dia, koq susah sekali mengandung.. terkadang sy berfikir lagi.. rasanya Allah tidak adil sama saya.. tp balik lagi mungkin Allah punya rencana lain yg lebih indah dari ini semua amin ya rabal alamin… singkat cerita sampe detik ini saya hub orgtua dari bayi tsb tidak ada jawaban.. padahal hp nya aktif.. Saya ambil hikmah dari kejadian ini, mungkin dng tdk jd nya saya mengadopsi seorang bayi, Allah akan memberikan bayi yg lucu, yg akan keluar dari rahim saya sendiri Amin ya rabal alamin.. mulai hari ini saya akan pergi berobat kembali. Mohon do’a nya ya temen2 semua. Tq

  23. Sandra

    Ikutan sharing ya.. aku juga merasa terbantu dengan adanya situs ini, baca semua tulisan2 bikin semangat & menyiapkan diri untuk program BT awal january 2010. Aku insyaallah akan nyoba di Klinik Teratai – RS Gading Pluit, karena lumayan deket rumah & ada salah satu teman kantor yang BT disitu dan berhasil (Teguh & Vivi – ada disitus ini juga ceritanya)
    Kata mas teguh, klinik teratai sangat informatif, bagian administrasinya sangat membantu & tiap bulan diadakan seminar ttg BT. Kebetulan untuk Januari 2010 akan diadakan tanggal 16, jam 08.00. Gratis & bisa tanya2 sebanyaknya, kl ada yg mau dateng, bisa ketemuan disana ya..

  24. weeya

    dear all# saya salut sekaligus sedih m’baca artikel ibu2 semua…semoga ALLAH,SWT berkenan utk secepatnya m’percayakan amanah-NYA pd Qta semua ya ibu2…amien.

    dear mba’ lukisa# saya sgt memahami apa yg mba’ rasakan,,karena saya jg pernah mengalami hal yg serupa,dua saluran tuba non patent.parahnya sumbatan ada dipangkal jd kemungkinan t’buka sgt tipis,,sempet stress mikirinnya.alhamdulillah,melalui 2x hidrotubasi & 10x diatermy, dan tentunya Doa yg tak putus akhirnya ALLAH menunjukkan kuasa-NYA & m’beri kesembuhan..skr lg program hamil,,minta doanya yah,,,semoga bs secepatnya punya baby..amien.
    mba’ jg ttp hrus semangat…tdk ada yg tdk mungkin bg-NYA…Qta cb ambil hikmahnya ya mba’,,mungkin ALLAH rindu utk b’temu mba’ dalam tahajud…don’t worry be happy..

    Yang terhormat ibu Ira# mhon maaf sebelumnya,,apa ibu pernah atau sedang mengalami hal yg serupa??terlepas pernah atau tidak,,saya rasa ibu sebagai wanita memahami perasaan & kondisi emosi ibu2 yg pernah atau sedang mengalami.alangkah bijaknya klau ibu dlam m’beri saran coba memilah ejaan kata yg dipakai,,klau ibu berkenan menelaah,klo tdk salah dari semua artikel diatas hanya ibu yg memakai tanda seru…semoga ibu berkenan utk memahami.terima kasih utk kesediaan m’baca saran dari saya…

  25. Frida Bravais

    dear lukisa

    sedih denger cerita lukisa, mungkin byk ibu2 yg mengalami sama seperti lukisa, mudah2an di beri ketabahan dan kesabaran, untuk saya sendiri belum berani utk mengikuti Bayi tabung krn umur saya jg sama seperti lukisa saat ini, jd kemungkinan BT masih takut tidak berhasil, sdh lama mengikuti berbagai macam program ke hamilan, dari papsmir, teropong rahim, laparascopy endrometreosis, sampe ikut inseminasi terakhir bln oktober 2009, tp belum berhasil utk hamil jg.. mau gimana ? pasrah.. ya pasrah.. tapi tetep aja kepikiran…

    akhir nya saya berniat adopsi anak, tp itu pun proses nya cukup sulit.. apakah ada yg mengalami hal ini utk mengadopsi anak ?(sebelum sy adopsi) gimana proses nya ?usia bayi ini sdh 1,6 thn(perempuan), tp ternyata sdh ada akta kelahiran nya ? gimana cara nya utk merubah akta kelahiran itu ? maksud nya nama ortu yg di akta di rubah menjadi nama saya dan suami ? biar bisa jd anak kandung dan bisa masuk KK saya ? agar dapat tunjangan di ktr suami jg .. kita harus ngurus kemana ?

    mohon bantuan nya kalo ada solusi nya..

    terimakasih

  26. melly

    @ mba nina, salam kenal…, bgm mba, sudah jalan belum programnya? Saya ada rncana program d siloam jg, kmungkinan bulan depan. Seneng rasanya pny temen sharing dsana, bs tau alamat email mba nina, nanti sy add via fb.. Tks.

  27. deni

    dear all,
    salam kenal y buat semuany…
    saya jg mengalami hal yg sama spt tmn2.saya ikut BT tp ga berhasil.
    6bln stlh pernikahan,sy&suamiperiksa kedokter,dokter memvonis sperma suami sy 0.
    jd kita putuskan tuk program BT.2X kita ikut program namun tdk berhasil.
    *BT pertama sy positif,embrio yg ditanam 3,2minggu kemudian pendarahan,saat Di USG msh ada 1 yg sisa seminggu kemudian USG lg ternyata janin tdk berkembang akibat pendarahan.
    *BT kedua positif tp saat di USG sampai 1,5bln janin tak juga kelihatan ternyata hamil kosong pdhl embrio yg ditanam 5.
    Krn msh blm rejeki,bln 4 thn 2009 sy putuskan tuk berhenti program,pdhl sisa embrio kita msh ada 4 lg.
    genap 3 thn pernikahan bln 9 kemarin sy& suami memutuskan tuk adopsi aj.krn lelah,badan sy naik 5 kg selama BT.
    ternyata tanpa kami tau rencana Tuhan,awal bln 2 kita dpt berkat anak perempuan yg cantik n lucu,ortuny ga sangguplg merawat(anak adopsi ortuny jg)
    akhirny kita keluarga putuskan tuk merawatny.
    Puji Tuhan si kecil langsung panggil mama & papa,sy anggap dia spt anak kandung sy sendiri.
    Tiap mlm dia minta adik & selalu berdoa biar Tuhan kasi dia adik.
    Puji Tuhan lg skrg sy sudah telat hampir 2 minggu.saya rencanany minggu dpn baru USG
    semoga saya hamil dgn mujizat doa anakku sayang.
    Semoga jg tmn2 mengalami hal yg sama.
    anak adopsi jgn kita anggap org lain,tp anggaplah darah daging jg,niscaya Tuhan mengabulkan doa kita klu kita dgn tulus menyanyangi anak Titipanny.
    syhallom….
    Tuhan memberkati

  28. Eema

    Hoi, Aku Erma d Holland. Senang deh ak bs baca your story so I have new experience now about BT. I am 34 years dan blm pnya baby juga padahal aku dah pingin banget lho….maklum dah tua he he he.
    My planning is next year ak mau coba BT di Yogyakarta tpi setelah baca ceritamu dan tmn2 yg lain bnyak yg mengalami kegagalan jd ak ga semangat lagi deh utk coba BT krn biaya mahal dan ga ada garansi. Coba ada garansi klo gagal uang kembali 50% he he he, ak psti lsg coba. Anyway thanks atas informasinya D aaaaaaaaaa

  29. fikri

    yang mau mengadopsi anak, hbungi sza ke no 085291800550…

    kami bukan pedagang anak,, tp kami ingin membantu tmen kami yng skg Lg hamiL di luar nikah & cwoNya kabuur gt za,,, tlongin ank itu nNti,dy tdak bersaLah skLipun dy turun ke dunia tmpa ayah nya… selamatkan ank tmen kami mbk…
    skg umur kandunganNYa skitar 8 bulan…
    scepatNya..

  30. nia

    setelah mencoba hampir sepuluh thn ngak berhasil akhirnya memutuskan adopsi anak dari panti asuhan .thanks God akhirnya berjalan lancar sekarang udah mulai foster parent’s

  31. Retna

    Salam kenal, siapapun anda semoga perkenalan ini bisa sedikit membesarkan hati anda. Saya adalah seorang wanita usia 44 th, suami 48 th. Kami menikah th 1996. Memang sangat sulit menerima sebuah kenyataan yang … continued in post Mengadopsi anak.

  32. ai

    hai all, saya adalah single parent umur 28thn bagi 2 anak balita. saya bersedia menjadi surrogate mother bagi pasangan suami istri yang mempunyai embrio sehat tp bermasalah dengan rahimnya. sedikit info klo saya dah 2 kali melahirkan dengan persalinan normal dengan berat masing2 3,5 kg dan 3,750 kg. kedua anak saya Alhamdulillah sehat dan montok. bagi yang berminat ( jika itu memungkinkan di Indonesia )bisa kirim email ke mychildren810@yahoo.com

  33. mia

    Salam kenal, aku mia , br menikah 9 bln n juga belum merasakan hamil. Ngga sengaja nemu web n forum diskusi ini tapi bersyukur banget bisa baca cerita ibu2 smua, salut dan terharu dengan cerita2nya n saya semakin sadar bahwa hanya Allah yang tahu waktu yg indah buat hamba2nya. Jadi jangan pernah patah semangat, jangan putus berdoa, mudah2an kita akan selalu menjadi manusia yang pandai bersyukur. Cheers 🙂

  34. diyan

    Salam kenal, aku diyan.. air mataku trs kluar ktika mbaca kisah dari para ibunda semua. Saya merasa tidak sendirian,, Saya sudah menikah hampir 2 tahun dan belum diberikan momongan. Kami hanya berserah diri usaha dan berdoa kpd ALLaH SWT agar kami diberikan jalan tuk memperoleh momongan. kami hanyalah kluarga sederhana yg tak mampu mnjalani program BT, saya hanyalah seorang guru honorer bgitupun dg suami. Membaca kisah dari para ibunda semua saya jadi lebih bersemangat. Insya Allah ada jalan,, walaupun kelak saya akan memperoleh momongan dengan jalan adopsi tetap akan kami syukuri karena itu adalah cara ALLah memberikan kami momongan tuk melengkapi kebahagiaan kami.

  35. zilla

    salam ! kepada semua mohon maaf sy sebelum nya apabila tidak menyukai terbaca nya thread ini, anda semua bersusah payah utuk mendapat kan cahaya mata tetapi sy ingin mengadopsi kan anak sy yg akan lahir pada akhir bulan ini, menurut hasil usg janin dlm keadaan sehat tp jenis kelamin blm di ketahui krn sy hnya melakukan usg 1X saja sewaktu janin berumur 8 bln, pd wkt usg jenis kelamin terhalang oleh bokong si bayi. sy mencari pasangan suami istri yg sdh lama menikah tp blm di karunia kan anak dan benar-benar siap untuk menerima bayi ini layak nya anak kandung sendiri. pasangan suami istri tersebut harus baik hati, mapan dan berkecukupan agar si anak mendapatkan kehidupan yg layak.sy inginkan orangtua angkat yg open minded dan tidak ber-keberaan dlm hal apa pun.jika ada pasangan suami istri yg benar-benar serius ingin mengadopsi silakan kirim sedikit profil atau no telp yg bs di hubungi ke email sy : kaylapurnama@ymail.com
    saya akan segera membalas/menghubungi Bapak/Ibu.

  36. kurnia

    Bagi bapak / ibu yang berniat mau adopsi anak silahkan hub kami.

    masih dalam kandungan dengan usia 8 bulan.

    Syarat dari kami adalah bersedia membiayai proses persalinan dan setelah lahir / keluar dari rumah sakit bayi lgsg dibawa.

    Maaf…kami tidak menjual bayi !!!

    Bagi yang serius dapat menghubungi kami di email:

    slametkurnia95@yahoo.com.

  37. arga

    bila ada yg serius pngen bgt adopsi ank sya tpi msih dlam kandungan sy,hub sya k no 085721799918..usia kandungan sya 5blan,,sya domisili d bandung…

  38. bee

    Shalom. Selamat siang. Saya hendak memohon bantuan kepada saudara2 yang membaca post saya ini. Saya dan suami sudah menikah hampir 7 tahun, kami belum dikaruniai keturunan. Kami berdomisili di Jakarta. Sebagai informasi, saya berdarah keturunan Jawa-Thailand, dan suami saya Chinese. Kami mohon apabila ada yang memiliki informasi bagi kami untuk dapat mengadopsi seorang bayi, mohon dengan sangat untuk dapat menghubungi saya melalui email arimbi.huhnholz@yahoo.com atau bbm saya 748E00B5.
    Terima kasih sebesar-besarnya kami ucapkan. Tuhan memberkati.

  39. Joan

    Saya ingin mohon bantuan teman-teman disini jika ada yang memiliki info mengenai adopsi bayi usia 0-5 bulan. Saya dan suami sudah menikah selama 8 tahun dan hingga saat ini belum dikaruniai keturunan. Saya usia 38 thn dan suami 48thn. Kami sudah berusaha dengan program IVF dan FET beberapa kali tapi tidak berhasil. Saya dapat dihubungi di email rdjoanita@yahoo.com.
    Terima kasih atas bantuan rekan-rekan semua.

Comments are closed.