Ada kran air di perutku

Saya terkena efek samping proses bayi tabung sindrom stimulasi pertumbuhan telur yang berlebihan. Perut membesar seperti orang hamil. Bayangkan berat badan tambah 5 kilogram dalam waktu kurang dari satu minggu… mulai terasa setelah telur dikeluarkan.

Karena susah makan, tidak bisa bergerak dengan bebas, sesak nafas akhirnya dokter suruh saya rawat inap di rumah sakit. Awalnya dokter suruh saya bertahan, rasanya perut mau pecah … kalau ditekan keras seperti gendang. Makan sedikit langsung terasa kenyang. Akhirnya saya tidak tahan perut mau pecah rasanya dan dokter akhirnya memutuskan untuk mengeluarkan isi perut saya. Tahukah Anda apa yang ada di perut saya? cairan … yang terus bertambah & bertambah.

Saya dioperasi, cairan dikeluarkan… berwarna kuning campur merah darah… tapi herannya tidak semua dikeluarkan. Dokter memasang saluran atau selang kecil di perut saya, selang tersebut ada klep di ujungnya… seperti kran air. Bayangkan ada kran air di perut saya! Aahhhh lega rasanya waktu cairan dikeluarkan. Sayang maksimal hanya bisa dikeluarkan 1,5 liter cairan sehari. Jadi kalau perut lagi kencang saya minta perawat untuk buka krannya… lega rasanya.

Pada hari ke 6 baru kelihatan perut tidak bertambah besar alias … kempes … dan kran pun dicabut. Hari ke delapan baru saya diperbolehkan pulang. Pengalaman yang paling tidak enak selama menjalankan proses bayi tabung.

Menurut dokter hanya 1% dari wanita yang mengalami efek samping ini yang harus ke rumah sakit untuk dikeluarkan cairannya lewat operasi… memang nasib saya belum beruntung. Tapi ternyata saya masih beruntung kata dokter (sudah masuk rumah sakit masih dibilang untung…), ada pasiennya yang harus masuk ICU dan tinggal di rumah sakit sampai satu bulan…. hhaaa??? mana tahan.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...

10 thoughts on “Ada kran air di perutku

  1. DYNA

    hal yang sama baru aja saya alami, hiperstimulasi? syukur, saya masih bisa tahan walau dada sakit & sulit bernafas, saya kaget sekali membaca pengalaman ini.
    tapi semua pengorbanan pasti ada hikmah nya ya kan? kita bisa mendapat kebahagiaan lebih dari yang lain, krn susssaaaaah bgt mau punya anak…he3 menghibur diri ni ye

  2. Cisca

    Boleh tau umur berapa? kenapa bisa sampe banyak air begitu? kan konon cuma 1% yg mengalami efek samping spt itu?
    saya baru mempertimbangkan untuk melakukan BT. hmmm. serem juga ya. ternyata bukan cuma pertimbangan biaya, tapi juga ada ‘bonus’ nya.
    oh ya, setelah melalui proses itu, apakah program BT kamu sukses (berhasil hamil) ? thanks buat sharing nya

  3. titi

    hello, teman2 aq mau nanya pengalaman thawcycle, senin dpn aq program thawcycle dgn natural cycle, berapa hari lama antara usg yang pertama sampai ET?? kebetulan aq pergi duluan baru suami nyusul ? thanks buat sharingnya

  4. Muthya

    Hi..sy jg mengalami hyperstimulan saat ini, tp bedanya rasa perut kembung tsb baru terasa setelah sy di suntik pregnyl dosis 1 ampul. Itu juga krn hasil darah E2 saya yg turun drastis ( lbh dari setengah) jd utk mempertahankan embrio diberikan suntik tsb. Tp stlh sy dirawat (smpe Lebaran di RS Bunda)selama 9hari dan terapi Albumin yg di berikan Dr. Ivan kesehatan & kondisi makin membaik. Tp yg saya rasakan skr keram/kebas pada paha kiri yg seperti terbakar rasanya.. ada yg pernah alami ini ? kata dokter sih ada penggumpalan darah krn perut tertekan

  5. novita

    aduhh..kok jd ngeri mslhnya aku mau bt bln dpn,mslhnya lagi ini program tuk ngedapetin anak ke dua,sdkt telling story wkt melahirkan anak pertama stlh cesar aku infeksi,perut kembung,sulit napas,kencing darah..jdnya dioperasi lagi,aduhh tersiksa bgt..efeknya lagi dulu yang aku gampang bgt hamilnya skrg jd susah hamil krn fshku tinggi bgt,mens jd setaon cuma 3 kali,jd tktt ngebayangin wkt dulu,anyway gimana caranya spy gak hyper stymulation pls share dong kl ada yg casenya sama ama aku..ato another comment

  6. novita

    hai…salam kenal semua..to itha gmn program bt ama dr indranya, sukses ga cz aq bl dpn mau bt ama dia di bunda…tku

  7. itha

    HI NOVITA..salam kenal aku bukan di rs bunda tapi di rs family pluit, sekrg aku sndg suntik gonal nihh..
    kamu bulan depan ya mau mulai btnya, semoga lancar ya untuk dapetin anak ke-2 ini.kalo menrtku sih ohss (hiperstimulasi) itu resiko kalo kita ikut program BT yah terutama saat kita menstimulate folikel yang banyak, shgg tjd perut kembung dan cairan bertambah shg sesak nafas. biasanya dokter bs tahu kok kalo kita bakalan ohss dari tes darah saat itu yang selalu di kontrol.
    Semoga sukses ya nov..

  8. immanuella

    Hai ikutan ya.
    @muthya: aku mirip kamu, e2 menurun drastis stlh et, bsk mau suntik pregnyi 1500, tp kamu bhrhsl ga bt-nya? Pls jwb ya. Duh worry bgt deh jadinya. Makasih.
    @all: salam kenal ya, semoga nerhasil. Amin

  9. bella

    hai muthya n all….aku jg ohss,opname 5hari di siloam..juga merasakan paha sebelah kanan terasa kesemutan,panas spt terbakar…apakah ini bisa hilang?

  10. Tiplek

    Hai! Aku udah 4 hari opname di RSHS karena OHSS.
    Kehamilan udah 3 minggu dan kembar. Mungkin kembar itu penyebabnya, ditambah dengan respon tubuh tiap orang yg unik.
    Aku sama sekali gak ada faktor OHSS, usia 32, gak kurus tapi juga gak gemuk (58/156), gak ada PCOS, jumlah sel telur cuma 6. Selama proses sampai ET lancar banget, gak ada keluhan apapun, gak ada kembung, cek darah juga gak ada gejala. Jadi team dokterku pada kaget semua pas tau aku OHSS. Suntik HCG juga cuma 3000 IU (normalnya bisa 5000 IU).
    Aku curiga something wrong pas ngeliat perut kayak hamil 4 bulan dan sakiiiit banget hanya dalam 3 hari. Sempet rawat jalan selama 4 hari tapi makin parah, suami stress, akupun sama. Akhirnya rawat inap, dikasih Cygest utk penguat kandungan, Progynova (hanya di awal), Caberlin utk supressan ovarium dan infus albumin (> 1.5 juta 1 botol per hari). Makan putih telor cuma nahan 1-2 per hari itu pun dengan kamuflase pake siomay, gado-gado, salad tuna, nasi tim, dll. Aku ngerasa kebantu susu Melilea karena rasanya enak, protein tinggi dan low cholesterol. Baru pertama minum susu ini ternyata sangat membantu. Bisa juga pake susu Ensure kalo bosen Melilea.
    Dokter bilang 1-2 hari boleh pulang tapi tetep tight monitoring di rumah. InsyaAlloh.

Comments are closed.