5x inseminasi gagal, disarankan untuk bayi tabung – Dwi Respati

Hai semua… lam kenal ya…. aku mo cerita tentang pengalamanku ikut inseminasi. aku sudah nikah selama 8 th, dan sampai sekarang belum dikaruniai momongan.

Kita datang ke dokter kandungan setelah 2 th nikah dan belum hamil-2 juga. waktu itu aku kontrol ke hermina depok. dan disarankan ama dr obgyn spy cek lab. dari hasil lab diketahui kalo suami ada mslh di sperma dan dirujuk ke dr andrologi. sewaktu diperiksa andrologi ternyata suami kena varikokel. karena belum terlalu parah, ama androlog diberi obat aja.

Setelah bbrp bulan, oleh androlog kita disarankan untuk inseminasi. kita setuju. dan dilakukanlah insem di hermina sebanyak 2x. tp semuanya gagal. setelah itu kita stop ke dr obgyn dan mencoba pengobatan alternatif di bintaro. tp itu pun ga ada hasilnya, dan kita pun stop.

Baru pada th 2009 kita kembali kontrol ke dr obgyn. waktu itu diputuskan ke dr ivan, sesuai rekomen dr temen. nov 2009 aku kontrol ke bunda depok dan ditangani oleh dr ivan. sewaktu usg v ketahuan kalo di rahimku sebelah kanan ada miom 1.5cm & kista 1 cm. disarankan spy dilakukan laparoskopi-endoskopi untuk bersihin rahim. des 2009 aku menjalani pembersihan rahim dan ternyata ada polip servik juga. wah lengkap deh….

Selesai operasi kita disarankan ama dr ivan untuk mencoba hamil secara alami dulu selama 3 bulan. dan ternyata ga berhasil hamil juga akhirnya kita lanjutkan ke proses insem. kita sudah menjalani proses insem sebanyak 3x di morula menteng, yaitu maret, april dan juni kemaren. ternyata gagal semuanya. sedih banget rasanya. apalagi insem ketiga ini… kalo inget rasanya pingin nangis lagi….

Tadi pagi aku habis kontrol lagi ke dr ivan. dan dia menyarankan supaya bayi tabung. sekarang usiaku sdh 40th. waktu aku tanya chance untuk berhasil berapa persen, dia bilang untuk usia 40 th sekitar 22-25%. klo usia masih 35th kebwh chance nya bisa sampe 50%. tp ga ada salahnya untuk dicoba. kt dr ivan respon sel telur ku cukup bagus. jadi yg harus dipersiapkan adalah mental, fisik dan finance. kata nya di morula BT sekitar 60-70jt tergantung banyaknya obat yg dipakai…. makanya sekarang kita masih mikir-2 untuk BT. kalo misalnya siap untuk BT, kemungkinan setelah lebaran…..

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (11 votes, average: 2.18 out of 5)
Loading...

31 thoughts on “5x inseminasi gagal, disarankan untuk bayi tabung – Dwi Respati

  1. iin

    Mba dwi : yg sabar yah mba…. saya salut ama mba inseminasi sampe ikut 5x.
    Mudah2an mba d beri kelancaran dlm rejeki …. amin. mba knp enga cb d silom surabaya aja?

  2. Dhila

    Hai Dwi ! salam kenal !
    kasus yang Dwi alami hampir sama dgn kasusku.Usiaku skrg sdh masuk 41 thn, kami menikah sdh 14 thn, stlh 2 thn menikah dan blm dikaruniai anak kami lgs memeriksakan diri ke klinik Melati RS. Harapan Kita. waktu itu kami ditangani dr. Irsal dan dr. Muchsin Jafar dari hasil pemeriksaan lab ditemukan suami menderita varikokel (jumlah sperma < 20 jt dan motilitas 0%) sementara aku sendiri menjalani HSG dari hasil HSG dr mengatakan kedua tubaku paten, stlh mengetahui itu kami ke dr.Akmal Taher di klinik Cendrawasih RSCM dan disarankan suami u/ operasi, stlh operasi dan blm ada hasil jg akhirnya kami memutuskan u/ inseminasi. 2x inseminasi gagal dan dr menyarankan u/ bayi tabung saja. waktu itu kami hanya bisa pasrah saja krn kendala biaya, pengobatan kami hentikan. thn 2003 kami mengangkat anak (masih keponakan) skrg usianya sdh 7 thn. Sebenarnya kami sdh cukup bahagia dgn kehadiran anak angkat kami, tapi stlh membaca posting teman2 disini semangat sy u/ memiliki anak sendiri membara lagi, rencananya september atau desember thn ini kami akan mencoba ke klinik morulla, RS. Bunda tp mengingat usia sy yg sdh 41 thn sy agak pesimis jg. Jika ada teman2 yg pernah berhasil bt di usia 40an tlg share ya….trims.

  3. Michelle

    Salam kenal Dwi,

    Bukannya mengecilkan hati ya, tetapi memang dr. Ivan benar, kalau usia sudah diatas 35 kesempatannya jauh lebih kecil. Mangkanya kemarin saya maksa untuk ikutan BT mumpung usia masih 35, dengan perkiraan kalau gagal masih bisa ulang 2x dan belum terlalu tua. Puji Tuhan kemarin satu kali mencoba berhasil, walaupun embrio yang dipakai termasuk moderate, tidak terlalu bagus.

    Mungkin kalau Dwi mau mencoba BT, supaya nggak persiapan kosong, bisa di barengin dulu dengan terapi akupuntur di RSCM dengan dr. Loona?? Coba disearch di forum ini dech, dengan tag “pengobatan alternatif”.

    Terus, coba juga dibantu dengan minum supplement Evening Primrose Oil dan Vitamin E…ini fungsinya buat meremajakan sel-sel tubuh (terutama kesuburan) jadi bisa membantu kondisi. Selain itu, terapi minum jus jeruk/wortel/tomat yang kaya vitamin C dan anti oksidan, dan banyak-banyak konsumsi sayur2 an yang mengandung vitamin E (tauge, dll).

    BTW, sudah shopping tempat IVF belum? Aku pribadi sich di Bunda (Morula) Menteng, sama dr. Taufik, dan setahu aku dr. Ivan juga bagus, tetapi siapa tahu bisa ada tempat lain yang bisa lebih murah dengan success rate lebih tinggi?? Kalau dr. Ivan bilang telurnya bagus, berarti memang tempat bersarangnya saja yang kurang bagus kemarin ya? Artinya, kesempatan berhasil masih ada, karena aku aja yang telurnya jelek dan tempat bersarangnya jelek bisa berhasil kok, Mbak.

    Tetap semangat, jangan putus asa dan good luck yaa!!!

  4. dyna

    klo blh tau, biaya insem d morulla brp ya? rencana sih sy mo insem dlm wkt deket. mhon infonya ya..

  5. thin

    Salam kenal…
    tetap smangat aja mbk…tidak ada yg tidak mungkin…usia 40thn jg bisa hamil kok…kmrn liat gak acara di trans7 yg pasangan dah berumur ikut BT dan hanya 1 embrio yg ditanam dan ternyata ..Berhasil!!!so tetep smangat dan thinking positive…

  6. shanty aris

    Halo Dwi,,salam kenal.
    Semangat dan jgn pesimis ya,,,aku baca majalah people si kelly preston yg umurnya 47 tahun (istri John Travolta) sekarang malah hamil kembar setelah BT juga. Kalo bisa sih 3 bulan sebelum BT memperbanyak suplemen yg bisa meningkatkan kesuburan dan sebaiknya ikutan terapi akupuntur utk kesuburan dulu utk mempersiapkan tubuh lebih ramah menerima calon embryo dan meningkatkan kualitas sel telur. Moga berhasil. Amin…

  7. irma lonita

    salam kenal… yg sabar ya mbak… ak jga 5 tahun nih belum dapet momongan,tp apapun jalannya aku tetep “berusaha” .. ak yakin tuhan gak tidur n slalu bisa melihat apa keinginan kita, tp ‘dia’ jga tetap memberi apa yg terbaik bagi kita menurut ‘dia’ dan buan menurut apa yg kita inginkan… intina.. jgn putus asa n terus berusaha… klo dah ‘waktuna’ pasti dikasih… aminnn… semangathhhh!! oh ya jga jgn stress.. ktana klo kita stress rahim akan mengeluarkan zat yg gak bisa menerima sperma n embrio.. jd mrk gak bisa nidasi deh… okee

  8. Lidya

    Dear, mbak Dwi…..
    Turut sedih dengan pengalamannya. Tetap semangant dan jangan bosan berusaha yah… Krn Tuhan melihat umatnya yang berusaha dgn sepenuh hati. Mudah2an dibukakan jalan untuk mendapat buah hati yg diidamkanm

  9. titi

    hi Dwi, tetap semangat ya umurku lebih tua, aq sempat positif 4 minggu, tapi mungkin belum rezeki…di kasih Tuhan aq udah 2 X BT n 2 thawing..aq masih dalam recovery setelah keguguran. Tetap aja aq masih semangat coba yang 3x insya allah tahun depan coba lagi, teman2… kita saling menguatkan…ya. semangat.

  10. dwirespati

    hai semuanya… salam kenal juga…
    btw thanks atas support nya ya… memang waktu gagal insem nya rasanya sedih banget… tp Alhamdulillah ada suami dan orang-2 sekitar yg sayang ama aku… mereka semua menghibur aku…

    sekarang ini aku rajin minum madu manuka, karena pernah denger madu itu bagus untuk kesuburan. dan mulai lagi minum jus tomat + apel + wortel….

    @dyna : biaya insem di morula kemaren sekitar 5-6 jt deh….

  11. lelia

    Hi mba Dwi..

    Waduh, 5x insem ya?. Biayanya jadi lebih gede dari usaha BT. Herannya, kenapa BT di jakarta (indonesia umumnya) lebih mahal dari pada di Penang, malaysia yang sekitar 35 jt. kalau dokter disini menganjurkan insem maks 3x kalau gagal tahap berikutnya lanjut BT. Biasanya langsung berhasil, karena badan sudah siap merespon.

    Ada juga teman di belanda coba 5x insem, malah bulan berikutnya hamil bayi kembar secara alami.. karena badannya sudah sangat subur dengan obat2an selama insem..

    Saya sendiri lagi menunggu hasil insem kedua. Pasrah.. kalau gagal saya coba sekali lagi. Semoga kita bisa mencapai cita2 mulia menjadi ibu… amin.

  12. dina

    mb dwi, tetap semangat ya, Allah punya rencana untuk kita2 yang belum diberi momongan. sy jg disarankan untuk insem, tp blum berani. saling mendoakan ya

  13. dwirespati

    @lelia : amin…. benernya aku insem 5x itu di 2 tmp berbeda dg dokter yg beda juga. pertama di hermina sebanyak 2x, stop sekitar 3 th trus ke morula menteng. yg di menteng tadinya dr ivan nyaranin 2x, tapi kita maunya coba 3x. terus dokter ivan nyaranin untuk bayi tabung. tapi karena bulan depan puasa, dan akan kepotong libur hari raya idul fitri, labnya libur. jadi klo kita mo ikut program BT setelah lebaran.
    waktu itu karena dana kita hanya cukup untuk insem….

    @iin : kalo aku tinggal di jawa timur seh, mau aja mbak nyoba ke dokter aucky. masalahnya suami ga bisa ninggalin kerjaan nya di jakarta…

  14. dwirespati

    @Michelle : aku pernah denger katanya kalo over vit E bisa nyebabkan kanker ya? trus ada yg bilang juga kalo kita pernah ada kista ato miom, vit E bisa memicu untuk tumbuh lagi… aku jadi ngeri deh denger nya…. makanya aku gak pernah konsumsi supplemen vit E.. takut…. ๐Ÿ™

    @dina : thanks support nya… aku dulu wkt mo insem semangat banget deh. cuma nunggu kepastiannya itu yg bikin deg-2 an… kadang malah bikin stress… makanya mo melangkah ke BT ini ama suami aku disuruh belajar ikhlas… ikhlas kalo misalnya ga berhasil….

    aku seh rencananya klo BT ga berhasil aku mo adopsi aja. itu kemaren sudah jadi keputusan berdua… doain ya… semoga semuanya baik-2 aja… amin..
    thanks…

  15. Michelle

    Dwi, semua yg overdosis pastinya memang nggak bagus. Mangkanya aku patokannya dosisnya yg dianjurkan di botol aku kurangin (misalnya kt botol 2×1, aku makannya 1×1) dan aku perbanyak dari alami (buah dan sayur) dan aku cari supplemen dari merek yg natural. Tapi aku nggak pernah dengar Vit E memicu kanker atau merangsang pertumbuhan kista atau miom ya?

    Sebetulnya paling bagus sich kalau bisa therapi akupuntur plus supplemen (baik yg kapsul maupun lewat juice+buah) serta pola makan sehat. Itu terbukti kok sama aku. Kita therapi akupressure (totok jari + pijit), makan supplement A, C, dan E plus Primrose, minum juice tomat/wortel/apel/jeruk 1x sehari dan mengurangi junk food. Setelah BT, satu kali aja tok cer. Padahal cuma dijalanin secara serius 2 bulan lho. Sebelumnya klu ingat aja. Di BIC ada akupuntur utk kesuburan di lt. 3 nya. Coba aja tanya2. Drpd gagal tanpa persiapan, nantinya kt penasaran, lbh baik gagal dgn persiapan, spy kita yakin sudah melakukan yg terbaik.

    Tapi diatas segala-galanya, memang harus pasrah dan ikhlas ya. Soalnya nunggu dari disuntik sampai OPU nya deg2 an (telurnya banyak atau tidak), nunggu OPU sampai ET deg2 an (embryo berkembang apa tidak), dr ET sampai test darah (plg menyiksa, 14 hari terpanjang dalam hidup saya) dan dari test darah ke USG pertama (gak sabar pengen lihat jadi nggak kantung fetusnya). Kalau nggak tawakal dan pasrah, bisa gila rasanya. Puji Tuhan saya berhasil. Tp waktu itu tekadnya nyoba max 2x. Krn sekarang sdh jadi, dana sy simpan untuk kehamilan berikutnya. Kalau dlm 2 thn blm hamil secara alami, BT lg untuk kasih adik ke bayi sy yg skrg.

  16. dwirespati

    Michelle : thanks info nya.. iya neh aku barusan baca di terapi alternatif. tadinya baca ttg pak sobri. memang ada temen yg berhasil disana, tp klo lihat datangnya yg harus dari subuh hanya untuk ambil nomor… hmmm… ga janji deh…
    makanya aku tertarik dg terapi akupuntur itu… oh ya… di BIC ada ya… ntar deh aku telp untuk nanya-2 ke sana.
    klo baca tulisan kamu, berarti ikut BT tekanannya bisa berlipat-2 dr insem ya… kemaren insem aja sempat down waktu gagal…. lha klo BT gagal…haduh……

    sekali lagi thanks banget infonya… Insya Allah aku mo ikutin saran kamu… thanks banyak ya…

  17. dwirespati

    @dyna : coba aja telpon ke klinik yasmin nanya ttg inseminasi. kemaren waktu aku nanya perkiraan biaya BT juga melalui telpon… no telp klinik yasmin 021 3928567 ato 0213913162.

    klo di morula kemaren sekali proses insem Rp.1.750.000,- tp itu belum ama obat-2 & biaya dokter sebelumnya. biasanya sekali insem dilakukan 2x berturut-2, sekarang ama besoknya. waktu aku total dari bill yg ada sekitar 5-6 jt deh…

  18. sisca

    hallo dwi boleh tau ga brapa biaya konsul ke dokter androlog.. suami saya disarankan ke dokter androlog krn masalah spermanya krg bagus,, ada referensi dokter ga? thanx ya,,

  19. dwirespati

    @sisca : kalo androlog biasanya tergantung ama tarif di RS tmp kita berobat. dulu aku ke androlog di RS hermina, depok sekitar th 2004. saat itu tarif androlog nya 90ribu. tp yg mahal itu obatnya. sebulan bisa 1jt lbh untuk obatnya aja. waktu itu androlog nya dr nugroho. orangnya baik, ramah dan sangat komunikatif. bahkan kalo ada pertanyaan kita bisa nanya via sms. aku denger-2 dr nugroho juga praktek di puri cinere.

  20. yuni

    Salam Kenal….

    Mau nanya, ada yang pernah berobat atau program BT dengan dr. Indra di Morulla Menteng?
    Karena selama ini referensi dan rekomendasi ke dr. Ivan.

    bagaimana saran2nya

  21. dwirespati

    Lam kenal, yuni….
    Klo dr indra, ???ยช?? aku tau beliau dokternya maudy kusnaedy. Tp banyak juga kok pasiennya. Klo dg dr ivan aku direkomen oleh temen, dan kebetulan dr ivan praktek juga di RS Bunda Margonda, Depok.

  22. yuni

    tks Dwi informasinya….Gmn perkembangan baby-nya

    Temen2 laen mungkin bs sharing yang pernah berobat ke dr Indra. Soalnya ak baru mau mulai program nich, dah 10 th belum berhasil juga

  23. fransiska Lasma

    salam kenal mba dwi, saya jd semakin semangat setelah baca pengalaman mba dwi, saya sdh merried 9t lebih, tp blm punya momongan, bln 11 kemarin sy insem dgn dr K di abdiwaluyo tp gatot, kemarin tgl 30 /12 sy udah M, saya dianjurkan dr BT,mgkn krn usia sy, sy bingung kl mau BT dannya blm cukup, apa saya insem lg ya, sy sedikit curhat, sy insem tgl 10/11 nov , seharusnya tgl 26 nov sy M tp bln nov tdk, tgl 10 des sy pulang kampung ke medan naik pesawat tp bawa obat,jd sebelum pulkam sy ke dr dl nanya sy bisa tdk naik pesawat, sy pulang dr medan tgl 23 des ,tgl 30 des sy M, sy mau nanya apa mgkn sy gagal insem krn sy naik pesawat,jd sy skrg lg sngt down, tp sesudah saya baca pengalaman mba dwi sy mau nyoba insem lg, kl dr bilang sy tdk ada masalah, yg masalah suami (kualitas sperma kurang bagus ),

  24. Rina

    hallo mbak salam kenal…. kebetulan saya bulan januari 2011 inseminasi… ternyata belum berhasil… mgkn belum jalannya… kecewa juga… tapi lihat pengalaman mbak mbak saya jadi semangat untuk coba lagi

  25. Ni

    hai salam kenal semuanya…..saya dlm wktu dekat ini juga mau langsung bt karena saya sudah lama menikah 7 tahun sama sekali belum pernah hamil.saya blm pernah insem saya pengen langsung ke bt aja.karena usia udah tidak muda lagi 35thn….buat yang ud berumur jangan pantang menyerah ya karena saya pernah punya pengalaman ketemu 1 ibu2 yang berhasil hamil lewat bayi tabung di usia 49 jadi lahirin pas umur 50 (dapat kembar cewek 2)saya ga sempat tanya banyak karena wktu itu saya ikut program hamil di rs mitra kemayoran.kata ibu itu dia sudah 4 kali ikut bayi tabung yang jadi ke 4 kalinya.dia ikut bt di kuala lumpur…jadi semua ibu2 yang di web ini apapun yang terjadi maju terus.apa yg bisa kita lakukan,lakukanlah selebihnya serahkan kepada Tuhan aja.

  26. Inggar

    Hai semua… salam kenal… q baca pengalaman kalian semua, q salut kalian wanita yang penuh semangat… semoga Tuhan melihat usaha keras yang kalian lakukan…q br nikah 8 bln tp blum dpt rejeki juga… ttep semangat ya!!! pasti indah pada waktunya… Amin…

  27. dwi respati

    Hai fransiska…. ikut berduka ya.. karena prog insem nya gagal….
    hai rina, hai ni, hai inggar… salam kenal ya…

    aku juga kemaren BT aku blom berhasil… rasanya sedih banget…. setelah BT gagal aku konsul lagi ama dr ivan, dan aku dikasih pengantar untuk cek ke lab antara lain ACA, protein S & C, lupus antikoagulant, FT3, FT4, TSHs, ANA, trus apa lagi ya.. lupa karena banyak yg di tes… dan dari hasil tes itu ketahuan kalo tyroid dibawah normal dan ada kekentalan darah. tapi kekentalan darah ketauan bukan dari tes ACA karena ACAku negatif. ketauannya dari lupus antikoagulant… saat ini aku lagi terapi ke dr jumhana. klo untuk tyroid Alhamdulillah sudah normal lagi….

  28. rees

    salam bunda, dalam thread ini sy sampaikan adakah sesiapa yg berniat utk adopsi anak perempuan ? sy seorang ibu yg tidak bernasib baik dan tengah dihadapi masalah yg amat sulit. Anak saya berusia 8bln, dia cantik, sehat dan berkulit putih. jika ada bunda yg ingin mengadopsi nya dan dpt memberikan kasih sayang layaknya orangtua kandung, sudikah kiranya utk datang ke rumah saya. jika serius please email ke : rees_1160@yahoo.com saya kan segera menghubungi.

  29. Ina

    Hi mba Dwi..
    Masih buka-buka forum ini gak ya? Gimana program ya dgn dr. Ivan thn lalu? Saya liat terakhir comment Mar’11.
    Saya di usia 39 dan baru mau mulai program dgn dr Ivan. Sebelumnya sudah inseminasi 2 kali dan BT 2 kali dgn dok berbeda. Dr. Ivan juga minta saya cek lab macam2 spt mba Dwi Dan hasilnya ANA saya positif, yg lainnya bagus. Beliau juga ksh Surat pengantar utk saya ke dr. Djumhana untuk periksa lanjut soal ANA saya. Rencananya minggu depan saya akan buat janji ke dr. Djumhana. Kira2 kena biaya brp ya utk test2 lab dr.Djumhana?
    Kalau teman2 lain ada info ttg dr.Djumhana mau juga dong.. Juga info ttg treatment utk ANA positif spt apa ya? Thanks sebelumnya ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*