4x hamil 4x di kuret – Erlena

Haiii semua, salam kenal…

Maaf saya ingin curhat disini, boleh yah ^^ mudah2n saja teman2 bisa membagi pengalamannya dengan saya yah…^^ mohon bagi2 info/pengalaman teman2 ^^

Saya Erlen, dari kecil saya suka sekali sama anak2. makanya begitu saya menikah saya ingin sekali lgs punya anak. saya tdk mau menunda-nunda kehamilan. tapi… tuhanku berkehendak lain…apa ini karma saya ???
ingin sekali saya merasakan spt perempuan2/wanita2 yg bisa hamil sampai 9bln, melahirkan, merawat, menyayangi, mendidik anak, membesarkan anak2 nya dan saya juga ingin sekali dipanggil MAMA.. dan melihat suami menjadi seorang Ayah ^^ , seperti teman2 saya yg bahagia dengan anak2 nya. tp… kenapa saya tidak ?!

Oh ya..saya dan suami skrg berusia 29 thn (suami saya hanya lebih tua 12hari doank dgn saya ^^). perkawinan saya sudah berjalan selama 4thn di bln dec nanti… dan saya sudah 4x hamil dan 4x juga saya gagal (di kuret). skrg saya jadi ingin selalu menyendiri dan gak mau ketemu siapa pun…

Untuk pertama kali nya saya hamil. suami meminta saya agar saya diperiksa di bidan/klinik. (selain dekat rumah, biayanya juga jauh lbh murah.) dihitung dari akhir mens saya, bidan blg saya hamil 12 minggu. wkt periksa, bidan sempat bingung/tdk yakin klo saya hamil. akhirnya saya beri hasil tes pack. wkt di usg bayi/janin saya tdk terlihat. di usg sampai lama, dicari2 akhirnya ketemu juga. janin saya ternyata ngumpet (perasaan saya jd cemas campur senang).

Saya disuruh balik lg 2minggu. tp selang bbrp hari kemudian saya mengalami pendarahan. duh.. seperti lg mens tp sakit/mules luar biasa sekali. (ampuunn saya gak mau ngalamin spt ni lg) akhir nya saya dilarikan ke rs hermina daan mogot oleh suami dengan naik motor pada jam 11 malam. nahan sakit sambil tunggu dokter yg akhirnya dtg jam 5 pagi. saya lgs dibawa ke ruangan operasi, saya dikuret. ternyata janin/anak saya sudah meninggal di dlm dan telah hancur.

Di thn 2009 bln juni saya mencoba periksa darah. ternyata saya pernah tertempel toxo, rubbela, cmv. dokter menyatakan saya bersih 90%. dan 10% lg saya disuruh periksa darah apa saya lupa. saya keburu hamil lg tuk ke 2x nya. dari awal hamil ke 2 ini dokter rs family pluit bilang saya hamil kosong/BO dan pd usia kandungan 10minggu tetap hamil kosong dan saya harus dikuret lg…

Hanya selang 5/6 bln kemudian saya hamil tuk ke 3x nya. saya pindah dokter lg. saya pakai dokter di rs hermina tangerang. selama pemeriksaan kandungan saya dokter bilang klo janin saya dari wkt ke wkt perkembangannya terhambat. tidak berkembang.. sampai di usia kandungan 3bln… janin/bayi saya dinyatakan tdk ada detak jantung dan pertumbuhannya tdk sesuai, akhir na dikuret lg deh..
dokter suru saya periksa ACA dan Antibodi lupus. dan hasilnya BAIK…

Kehamilan saya yang ke 4 (saya akui memang tralu cpt saya sudah hamil lagi padahal baru 5bln lbh yg lalu saya dikuret) saya kembali hamil dan pindah dokter lg, saya pakai dokter di rs cinta kasih Tzu chi.

Sampai pemeriksaan kandungan berusia 6 minggu dokter memberi kabar yg gembira karena saya bisa melihat detak jantung si janin. dokter saya memberi obat tambahan yaitu dimana saya tiap malam harus suntik dibawah puser sampai melahirkan dan obat yg dimasukan lewat vagina.. bahagia sekali saya bisa mendapat kabar baik… saya rela disuntik tiap malam sampai perut saya biru2 dan nyeri usai di suntik dan juga saya rela mengeluarkan biaya yg cukup mahal tuk obat itu.

2 minggu kemudian saya periksa lagi. menunggu antrian di rs dengan hati senang sambil ditemanin mama tercinta, gak sabar nunggu kabar perkembangan si kecil yg ada di dlm perut ku ini ^^. akhirnya no ku di panggil dan masuk bertemu dokter sambil say hello sambil salaman. dokter tanya saya apa ada keluhan? saya blg tdk ada kecuali pusing dan mual dikit2. tapi begitu di USG sampai dokter tu bingung kemana si janin? sampai dokter nyari cukup lama dan saya diperlihatkan komputer nya yg hanya terlihat bayangan2 saja. pada minggu ke 8 ini semua kabar gembira tuh mendadak menjadi kabar menyedihkan… kata dokter 2 minggu lg saya harus dikuret. tp br seminggu saya keluar bercak darah dan sedikit sakit krn saya takut mengalami pendarahan seperti hamil pertama saya lgs minta di kuret.

Terakhir periksa dokter “F” menyarankan agar saya diperiksa hormon dan saya & suami periksa GENETIK di rs cipto(biaya kira2 Rp 1jt an/org) atau di rs family pluit (biaya kira2 Rp 2jt an/org) setelah tu saya juga hrs diambil jaringan yg ada di rahim.
sampai saat ni saya belum periksa karena saya juga blm kembali dapat haid dan yg terutama masalah kami adalah kami masih mengumpulkan uang tuk biaya2 tersebut yg menurut kami cukup besar. mungkin dlm wkt dekat ini saya mau KB dulu sampai uang terkumpul. kira2 KB apa yg bagus tp tidak berdampak negatif?

Adakah diantara kalian yang mengalami seperti saya? mohon share nya yah.. saya bingung krn saudara saya blg klo masalah genetik jangan dipaksakan punya anak. saya disarankan untuk adopsi anak/bayi tabung saja. karena saudara saya ni punya ponakan yg anak nya dari balita hingga kini hrs bolak balik msk rs (karena gen ibu-ayah nya sama.)

Teman2 ada yang pernah berhasil program Bayi Tabung? mohon info yg detail nya yah…
maaaf curhat saya seperti cerita ^^ hehe kepanjangan yah? ^^ tq bbu

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 2.75 out of 5)
Loading...

6 thoughts on “4x hamil 4x di kuret – Erlena

  1. Fanna

    Hi Erlena

    Salam Kenal.Saya sangat mengerti perasaan kamu utk menjadi seorang ibu. Saya juga sampai sekarang belom mempunyai momongan, nikah sudah 8 tahun. Masalah saya dan suami sangat rumit sehingga harus melalui bayi tabung. Mengenai masalah kamu, ada teman saya yang juga mengalami hal seperti kamu, dia sudah puluhan kali dikuret, kira2 sudah 15 kali, dan dokternya mengatakan bahwa dia dan suami DNAnya ngak cocok. Jadi tidak bisa punya anak sama sekali. Untuk hamil, sangat mudah, tapi setelah hamil, sang bayi cuma bisa berkembang untuk beberapa bulan, dan habis itu mengalami keguguran. Cobalah cari informasi tentang current miscarriage di net, mana tau ada informasi yg dapat membantu. Kita cuma bisa berencana, tapi Tuhan yg menentukan. Jadi masih ada harapan. Jangan putus asa.

  2. Randolf

    tolong saya bu… saya bingung sekali.. pasangan saya hamil.. dan sudah 3 bulan lamanya… apa memakai obat seperti cytotec itu ampuh? apa harus di kuret? kalau iya.. berapa biaya untuk di kuret.. namun saya mau nanya.. untuk di kuret.. apa kita di opname di rumah sakit atau sesudah di kuret kita boleh pulang dan normal? apa harus dengan orangtua ke rumah sakit untuk melakukan kuret? mohon d balas secepatnya…

  3. Tary Ajiansyah

    Hi Erlena …. salam kenal semua ..
    Yang sabar ya say, Tuhan pasti kasih jalan buat kita. sambil jalan aja konsultasi dengan dokter jalan yang terbaik seperti apa. Banyak berdoa biar diberi kemudahan.

    Aq punya kejadian yang sama sudah hamil 4x. Hamil pertama dan ke2 keguguran, hamil yang ke 3 dan ke 4 hamil ektopik (diluar kandungan) jd harus dipotong saluranku. dah ga tau rasanya campur aduk sedihnya, saluranku dipotong, janinku ilang dll. solusi terakhir bayi tabung.

    saya sekarang lg program BT di RSCM Kencana klinik Yasmin dg Dr. Muharrom. semua tes sudah dijalanin dari imun celluler, AMH,TORCH, ACA, FSH, LH, Prolaktin, estradiol HSG, Sperma sampe tindakan Heteroskopi. Alhamdulilah sma hasilnya bagus. H18 kemaren saya dicek folikel ada 30 an cmn ukuran kecil2. Finally dokter ambil short protocol dimana baru Haid ke 2 di bulan ini akan mulai suntikan2.

    Mohon doanya ya temen2 semua .. kira2 ada yang tau ga ya .. persiapan apa aja sebelum OPU ma ET… ?
    eniwei thankz b4

  4. dewy

    hay mbak ,,,,,,,,,
    aq dewy,,,,aq juga sama halnya dengan kamu, aq dah nikah di tahun 2008 bula juni, aq juga penyayang anak2,
    ceritaku memang keseleruhan hampir sama sama km, beanya cuma di tahun pertama aq nikah, aq dah hamil, dan saat usia 5 bulan hampir 6 bulan aq keguguran, saat itu babyq jenis kelamin laki2, aq syok berat, dan 3 bulan sessudahnya aq hamil lg,aq seneng bgt dong, tpi dokter bilang aq BO di usia kandungan hampir 3 bulan, dikuret aq,,,, kecewa lagi kan, ketiga kalinya dan keempat kalinya, sama juga,, saat usia kandungan 2 bln divonis dokter BO, dan yang terakhir bulan nov atau dec 2011 ni aq di vonis BO juga, tapi untuk yang terakhir ini aq gak kuret,,,,,,dan pendarahan hampir 2 minggu,,, duh sakit banget perutq pas pendarahan,,,,dan di blan berikutnya aq gak mens,,,sampai hampir 4 bulanan,,,aq gak kedokter juga,,,, soalnya biaya buat priksa yang lebih lanjut mahal banget, suami aq juga masih nabung buat priksa,,,,aq terusin ceritaq td,, sampai akhirnya dibulan ke4 aq gak mens, bulan berikutnya baru mens, nich baru 2x mens aq,,, dan seminggu lalu saat aq mens aq ngeluarin kayak daging ato apa gitu aq jga gak tau,,,, soalnya aq gak kedokter, takut di VONIS VONIS lagi,,,,,
    aq malu tiap kali orang tanya kapan giliran aq punya anak,,,,,,
    SEPERTI SUDAH TAK MENGHARAPKAN,,,DAN TAK MAU DI UJI LAGI
    tapi aq tetep berusaha,,,apapun dengan cara apapun aq coba gimana cara bisa aq hamil lagi,,, sher aq ya di mail aq,,,, tar kalo aq dah hamil beneran GAK BO BO LAGI aq kasih tau,,,,,,

    ELAMAT BERUSAHA YACH,,,,,,,,,SABAR,,,,,,,ALLAH GAK KAN NGUJI KITA LEBIH DARI KEMAMPUAN KITA…….

    KITA PASTI BISA PUNYA ANAK LAGI…….
    GAK SEKARANG MUNGKIN NANTI……….

  5. yanti

    Hi Erlena,
    Jgn putus asa, Tuhan gak akan ngasih cobaan diluar kemampuan kita. Dua bln stlh menikah aku hamil, tp diusia 1 bln, aku pendarahan, bulan depannya aku hamil lg, tp sama jg… pedarahan lg, baru 6,5 tahun kmdn aku hamil, sekarang sdh memasuki bulan ke-8, Insyaallah akhir bln juni aku melahirkan.
    Klo pengalaman temenku, hamil pertama dia keguguran, yg kedua keguguran jg, yg ketiga diusia kehamilan 6 bulan tiba2 kepala babynya mengkerut dan mengecil (dan meninggal), ternyata ia kena toxo, dokternya bilang dia tdk boleh hamil smp virusnya hilang. Lalu dia ganti dokter, dokter barunya bilang dia harus tetep program hamil, akhirnya dia hamil jg… smp dia melahirkan dia hrs konsumsi obat2an spy virusnya tdk menyerang. Alhamdulillah… skrg anaknya sdh 2.
    jadi kesimpulannya, harus tetep semangat ya….

  6. lusi

    Hai mb erlenas salam kenal n tetap semangat ya..saya udah 8 th menikah juga belum memiliki momongan, dan udah 5x hamil selalu mengalami keguguran,untuk hamil sy sangat mudah tetapi tiap memasuki bulan ke 6 sy mengalami kontraksi dan janin harus di keluarkan..udah tes ini itu tidak ada masalah.dr aja sampe bingung sampe akhirnya terakhir kata dokter mungkin jaringan otot rahim sy tidak bisa berkembang..sy membaca cerita mb erlena sudah pernah cek jaringan..kira2 d RS mana ya mb krn di sini (riau)fasilitas n dr kurang lengkap..mohon infonya.terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*