2 kali hamil dari program bayi tabung – Nana

Hai salam kenal,
Saya mo sharing ke temen-temen semua, karena web ini sangat membantu saya mencari informasi mengenai program bayi tabung.

Alhamdulillah dari program thaw cycle saya bisa hamil, sekarang usia kehamilan 18 minggu. Sebelumnya pada bulan Januari program pertama dari fresh cycle saya sempat hamil jg tapi hanya bertahan 6 minggu setelah itu abortus spontan. Kata dokter, keguguran pada usia kehamilan segitu karena perkembangan kromosom yang gak sempurna jadi tubuh akan mengeluarkan secara otomatis.

Saya mo cerita dari awal y.. saya n suami udah 6 thn menikah. Alasan kami melakukan program bayi tabung karena suami azoospermia sedangkan saya gak ada masalah apa-apa. Saya ikut program di RS.Family Pluit. Bulan Januari kami mulai program yang pertama pada H-2 haid, prosesnya kurang lebih sama dengan teman-teman yang lain. Suntikan yang diberikan ke saya Gonal F, centrotide, dan suntik Pregnyl sebelum OPU/Ovum Pick Up. Selama diberi stimulus..saya rajin makan makanan yang mengandung protein seperti ikan laut, telur rebus dimakan putihnya.

Pada saat saya OPU, suami dilakukan operasi pengambilan sperma. Alhamdulillah sperma dapat di ambil dari lapisan atas dan jumlahnya bagus menurut dokter. Kami tidur semalam di rumah sakit. Dari hasil OPU di ambil 21 sel telur, karena sel telur yang saya hasilkan banyak maka ngalamin over stimulus..perut terasa kembung dan nafas agak sesak. Dari 21 sel telur hanya 18 yang dapat dilakukan pembuahan, dari jumlah itu 12 yang dapat membelah sampai hari ke-3, pada hari ke-4 hanya 6 embrio yang dapat membelah sempurna.

Pada hari-4 saya ET/Embrio Transfer, 3 di transfer ke rahim saya dan 3 embrio lagi dibekukan di freezer. 2 minggu kemudian saya dateng ke rumah sakit untuk tes pack dan hasilnya +, waktu itu seneng banget. Dan 2 minggu setelah itu saya datang lagi untuk usg, tp dari hasil usg ternyata gak terbentuk kantong kehamilan sebagai tanda kalo embrio berkembang. Dokter menyuruh saya untuk tunggu 1 minggu lagi, saat itu rasanya hopeless. Sore hari setelah sampai rumah, timbul flek coklat dan saya tanyakan ke susternya sbg contact person program  bayi tabung. Ktnya gak apa-apa ibu bedrest aja. Flek itu sampai hari ke-3 dan akhirnya perut saya kontraksi dan pendarahan, rasanya sakit sekali. Saya langsung ke ugd, setelah di usg kt dokter..gak terlihat tanda-tanda kehamilan dan saya mengalami abortus spontan. Rasanya sedih sekali, dunia bagaikan runtuh.

Setelah bbrp hari menangis, saya mulai ikhlas dan optimis untuk program berikutnya karena saya masih punya 3 embrio beku. Saya berencana bulan September akan mulai lagi. H-2 bulan september datang untuk usg, ternyata ada kista yang ukurannya besar n saya belum bisa mulai pada saat itu. Kista harus dikecilkan dulu dengan meminum obat microgynon selama sebulan.

Pada bulan oktober saya baru bisa mulai, thaw cycle ini lebih ringan cuma dikasih obat minum femara selama 5 hari. Lalu H-12 periksa usg, 2 hari kemudian suntik ovidrel, dan 5 hari berikutnya ET. Sebelum ET, dr.Muchsin Jaffar sebagai ketua klinik menerangkan bahwa dari 3 embrio beku setelah proses pencairan hanya 1 yang survive kualitasnya masih bagus sedangkan 2 lagi bentuknya rusak. Saya pasrahkan saja semuanya pada Allah swt smg embrio yang 1 ini berkembang baik dan kami dipercaya menjadi orangtua. Proses ET pun berlangsung, setelah itu tiduran selama 2 jam gak boleh turun dari kasur, saya disuntik pregnyl lalu boleh pulang. Suntikan pregnyl sampai 3 kali selang 4 hari sekali. 2 minggu kemudian setelah ET, saya tes urine dan hasilnya + hamil. Rasanya seneng banget, tapi saya belum tenang karena pengalaman program pertama.

Pada minggu ke-6 saya usg untuk melihat perkembangannya, tenyata sudah terbentuk kantong kehamilan. Tapi selang 3 hari ketika buang air kecil keluar darah hitam tapi perut saya enggak kontraksi spt pada program pertama, gak ada rasa sakit sama sekali. Saya langsung ke rumahsakit, setelah di usg ternyata kantong kehamilan saya gak ada masalah masih dalam keadaan baik, pendarahan ini berasal dari dinding rahim yg belum menutup pada saat proses perkembangan. Saya minta rawat inap, karena khawatir terjadi sesuatu ketika perjalanan pulang. Rawat inap selama 3 hari, lalu di usg lagi dan hasilnya baik.

Seminggu kemudian pada minggu ke-7 saya diminta kontrol kembali untuk di usg, dan diperiksa janin dalam keadaan baik dan detak jantung sudah ada. Mendengar detak jantung itu rasanya plong sekali, tapi dokter memberitahu akan ada pendarahan lagi dan saya disuruh hati-hati. Sore hari setelah pulang dari rumahsakit, keluar flek sedikit tapi makin banyak sampai hari ketiga. Lalu saya ke rumahsakit kembali, ternyata sama seperti sebelumnya pendarahan dari dinding rahim dan saya disuruh bedrest hanya boleh ke kamar mandi. Karena suami akan dinas keluar kota dan dirumah gak ada siapa-siapa, maka saya minta rawat inap sampai bersih. Dari keluar rumahsakit itu minggu ke-7 sampai sekarang minggu ke-18 kehamilan alhamdulillah janin berkembang dengan baik. Sekarang saya lebih tenang karena udah melewati trisemester pertama.

Begitu cerita saya mengikuti program Bayi Tabung ini, semoga bermanfaat yaaa untuk temen-temen… Semangat ya dan kalo sedang menjalani program ini ikhlaskan semuanya agar kita rileks ngejalaninnya, percayalah akan indah pada waktunya…  Bagi yang belum berhasil jangan terlalu lama kecewa, masih banyak hal positif yang bisa dilakukan

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...

36 thoughts on “2 kali hamil dari program bayi tabung – Nana

  1. nitta

    Mbak Nana,

    Selamat ya atas keberhasilan bayi tabungnya. Semoga semuanya berjalan lancar samapi kelahirannya nanti.
    OYa mbak, aku mau tanya, saat program bayi tabung usia mbak nana dan suami berapa tahun ya?

    Thanks

    Rgds

  2. Nana

    Hai mb’nitta,

    Amin makasih y.. Program yang pertama saya dan suami usia 30 tahun, sedangkan yang thaw cycle 31 tahun.
    Mb’nitta mau program juga?

  3. isti

    slm kenl mb.nana
    selamt atas kehmilnnya semga lancar smp lahir.mau tnya dong di rs.famili pluit biaya hbis brp totl ksemuanya.mksih.

  4. estee

    Salam kenal mbak Nana, senangnya sudah positif.. Selamat ya, semoga mbak dan sang janin selalu sehat.
    Mbak ikut bay-tab di Jakarta ya, aku juga. Cuma saya di klinik Teratai di RS Gading Peluit. Saat ini aku sedang disuntik Suprefact selama 16 hari. Senin depan (hari ke 17)baru periksa darah n USG.

  5. nitta

    Dear Nana,

    Aku sudah pernah ikut program bayi tabung di RS Family bulan januari lalu dan gagal. Apakah karena faktor usia Y? hehehe Tentu saja karena Allah SWT belum memberikan ya……
    Jika sudah ada rezeki lagi kami akan coba lagi kok.
    Amin

  6. Nana

    @mb’isti :
    amin, makasih y.. saya ikut program tahun 2011,kl total biaya untuk programnya aja +/- rp. 78,5jt.
    PROGRAM-1 fresh cycle rp.60jt harga paket untuk kasus azoospermia dimana suami harus di operasi pengambilan sperma. Biaya penambahan Gonal-F dan Cetrotide +/- rp.6,5jt (waktu pematangan telur saya perlu tambahan suntikan, sedangkan harga paket udah ditentukan Gonal-F 2250 Iu dan Centrotide 4 ampul jika perlu lebih dari itu maka kita harus nambah biaya lagi). Biaya freezer rp.3jt untuk 2 tahun. Sedangkan untuk PROGRAM-2 thaw cycle rp.9jt biaya ET-Embrio Transfer.

    kalo +/- biaya pra sampai pasca program : program-1 total rp.76jt, ke-2 total rp.15jt (sampai kehamilan minggu ke-6, selanjutnya saya pindah RS dan pakai asuransi kantor tapi masih ditangani dokter yang sama, karena kl di rs.family kwitansi tertulis ‘jasa dokter fertilitas’. Kan asuransi g mau klaim u masalah fertilitas. Tp mmg krn saya udah dalam keadaan hamil, hehehe…cari celah u keluar bebas dari biaya). Oh iya..setelah hamil kita dikasih suntikan penguat seminggu sekali sampai bulan ke-3. Sebelum program kedua saya jg ikut akupuntur selama 3 bulan, mmg menurut dokter ivf..akupuntur g membuktikan dan g memberikan hasil yang signifikan bahwa dpt meningkatkan keberhasilan ivf. tp menurut dokter akupuntur, akupuntur dapat mempelancar peredaran darah, dan menyeimbangkan hormon2 reproduksi. Dulu saya ragu2 u akupuntur tp dipikir2 selama ada kebaikannya saya jalani aja.

    hehehe…saya kepanjangan y, jadi curhat nih..
    smg membantu y mb’isti. Mo rencana program y?

    @Mb’estee :
    Amin, makasih y mb.. iya saya ikut di jakarta. Waaah lg program y.. jd ingat masa2 itu 🙂 dibawa santai aja ga boleh stress walo tiap hari di suntik. Tips dari dr.akupuntur ku..slm program rileks dan ikhlas,bayangkan kalo mb’estee bakal punya baby krn itu akan membantu hormon2 dalam tubuh membentuk kesiapan kehamilan pada rahim. Begitu jg dgn suaminya. Goodluck y..

    @Mb’nitta :
    oh gt..mdh2n bisa cpt terkumpul rezekinya y.. tenang mb..mb’nitta n suami ga sendiri kok, saya baru yang kedua bisa berkembang 🙂 smg mb’nitta menyusul

  7. fitri

    Selamat ya atas kehamilannya.
    Mbk kalo boleh tau, ada beberapa pertanyaan, sebagai berikut:
    – Waktu terima raport kadar BHCG berapa mbak?
    – Setelah kejadian nge-flek, mbak cek BHCG gak? kalo dicek, nilainya berapa ya?
    – mbk boleh tau alamat email atau pin BB ?
    terima kasih byk.

  8. Cecilia

    @nana:

    Congrats yah for the pregnancy,

    Mau tanya mba nana akupuntur dimana? Boleh dishare nama, lokasi dan no telp akupunturnya?

    Tq

  9. Nana

    @mb’fitri :
    Mksh y.. kl di family cuma test pack bcg aja, nanti nunggu bentar trs kita dikasih liat hslnya +/-. Wkt program pertama di ambil darah tp hsl lab slm bgs ga dikasihtau k kita. Wkt nge-flek ga di cek nilai BHCG nya, hanya di usg dalam n diliat sumbernya dr mana apakah dr dinding rahim ato placentanya. Kalo saya dl dari dinding rahim keliatan kaya ada ‘sobekan’ gt, warnanya agak memudar dibanding sekeliling yang lebih tebal warna arsirannya.
    Aku g pk BB nih, alamat email aja y nana_010180@yahoo.com
    kl mo nanya2 email aja y..ditunggu.. 🙂
    Dah mulai program?

    @cecilia :
    Dl akupuntur di Rs.hermina depok dgn dr.Elis Tiahesara, jl. Raya siliwangi, tlp.77202525. Biaya u dokternya rp.110rb, biaya jarum tergantung berapa jmlh yg dipakai..kira2 total +/- rp.145rb.

  10. anggi

    dear mba nana,

    Selamat utk kehamilannya.. 🙂 sekedar share, saya sudah menikah hampir 5 tahun dan belum dikaruniai anak. Saya pun pernah hamil, usia kandungan kira2 6 minggu dan akhirnya keguguran karena flek, padal sudah bedrest 1 minggu.o

    Maaf tapi saya blm bnyk pengalaman soal program kehamilan. Saya boleh tahu bedanya thaw cycle dan fresh cycle?

    Terima kasih sebelumnya atas share-nya..

    Regards

  11. Nana

    @fhea : FSH suami 2,5

    @anggi : Fresh cycle itu proses dari awal bayi tabung, setelah istri di beri stimulus hormon dan diperoleh sel telur lalu dilakukan pembuahan dgn metode icsi dimana sperma disuntikkan ke sel telur. Akan diperoleh embrio dr proses pembuahan tsb, embrio itu lah yg digunakan. Sedangkan kalo thaw cycle, embrio yg digunakan pada saat Embrio Transfer adalah embrio yang dibekukan sisa dari proses fresh cycle yang blm digunakan.

  12. anggi

    I see.. Makasih mba penjelasannya detail bgt, aku jd ngerti skrg 🙂

    Aku hamilnya alami, itu bulan Desember 2011 kemarin. Skrg aku lg program sama dokter karel di abdi waluyo, disuruh coba alami dulu 1-2 bulan, kalau blm berhasil baru coba insem / BT.

    Med recordku ga ada masalah so far, sejauh ini udah tes torch, HSG, sperma suami jg bagus, tes hormon jg ga ada masalah.

    Saat ini dktr karel kasih obat anti virus dan jamur sebanyak 3 resep utk aku n suami. Skrg udh masuk resep ke-3, obatnya namanya valtrex. Namun sbnrnya agak ragu krn stlh aku cari tahu, tenyata obat tsb utk herpes. Sejauh ini saya blm ada gejala2 herpes. Tp aku coba minum n jalanin dulu, mudah2an berhasil.

    Doakan semoga bs hamil menyusul mba nana yah, amiinn 🙂

  13. Nana

    @anggi : iya sama2, mdh2n membantu. wah kamu udah nikah 5thn y, kita beda setahun nih.. aku doakan mdh2n anggi bs hamil alami kalo med record bgs gt, anggi-suami bs sambil di bantu dgn akupuntur sapatau membantu. semangat y.. 🙂

  14. itha

    @mb Nana…selamat ya atas kehamilanya, thn 2009 awal juga saya pernah ikut program BT yg ke-2 di RS Family Pluit tp sayangnya baik Fresh dan Thaw juga blm berhasil ya..faktor sebabnya saya ikut BT krn suami azzo n vericocel tp mgkn krn usia kami saat itu saya sdh 36 dan suami 51, padahl saya sdh ikuti akupuntur juga mb selama 4 bln, tp mgkn blm saatnya ya mb..moga2 sehat walafiat ya mb sd lahiran…sekrg konsul nya ke dr mana mb..

  15. anggi

    @mba nana : ternyata bulan ini aku gagal lagi.. 🙁 sepertinya mau coba inseminasi dulu bulan depan.. Kalau mau inseminasi baiknya mulai konsultasi di hari keberapa haid ya? Mungkin kurang lebih sama seperti BT waktu mba lakuin dulu. Maaf ya mba aku nanya-nya hal2 basic bgt, maklum aku pemula di program ini.. Kalau akupuntur ada tempat yg direkomendasi ga mba? Makasih sebelumnya ya mba..

  16. Nana

    @itha : amin, makasih doanya.. oh thn 2009 kynya dokter2nya masih sama y. Skrg kontrol dgn dr.yuslam di rspi krn lbh dekat rmh n medical record saya beliau udah tau, beliau praktek dsana jg selain di klinik fertility-family. Mb’itha apa ada rencana mo ikut lg?

    @anggi : ikut sedih nggi.. 🙁 mengenai inseminasi saya ga tau, soalnya untuk kasus saya opsinya hanya bayi tabung. Jd saya g ngerti tuh..maaf y ga bs bantu. Anggi bs baca pengalaman tmn2 lain di blog ini ttg insem. He..he..he..pertanyaan basic jg g apa2 kok, nyantai aja. Dl jg saya blank bgt mengenai program BT. Untuk akupuntur saya di rs.hermina depok yg mudah dijangkau dr rmh, tp sblmnya saya tanya ke dokter ybs apa bisa menangani u persiapan BT. Yg sy tau dr blog ini utk di jkrt akupuntur fertilitas byk yang ikut di rscm. Smg menbantu y nggi…

  17. ariena

    hai mb Nana… seneng bgt yaa akhrnya brhasil hamil,, moga ibu dan bayi sehat slalu sampai proses persalinan.. mb, aku mo nanya, kalo utk akupuntur itu apa hrs sm ahli akupuntur yg ngerti titik2 kesuburan ? aku pernah baca artikel, katanya gak smua ahli akupuntur ngerti titik2 kesuburan n bisa bantu kita2 yg mau program BT..

  18. Stella

    Hai mbak Nana.. Salam kenal ya… Selamat atas kehamilan, lancar sampai melahirkan dedek bayi nya sehat Selalu. Kalo bole tau mbak dapat yg short atau long y? Trus ada test Mock ET gak?? Kalo ada apakah ada efek samping nya? Keg flek gitu?? Soal nya aku juga lagi program Bln ini, dpt yg long. Mudah2an kehamilan mbak menular padaku ya….

  19. Nana

    @ariena : amin, makasih y..iya seneng bgt nih skrg udah 6,5bulan 🙂 mdh2 menular ke temen2 semua. Sebaiknya mmg hrs yg ngerti dan udah biasa menangani mslh kesuburan, byk jg ahli akupuntur lebih sering menangani mslh untuk kegemukan, kecantikan, dll. Sebaiknya sblm mulai tanya2 dl ke susternya, dokter tsb biasa menangani apa. Ato lgs tanya ke dokternya. Saya baca di forum ini kalo di jakarta ada di rscm, akupuntur yg khusus untuk program BT. Kl boleh tau mb’ariena masalahnya apa?

    @Stella : Amin, makasih y..mdh2 menular 🙂 Saya yg short protokol, test Mock ET itu apa y?? apa maksudnya tes u pengukuran posisi penempatan embrio ketika ET nanti? kl iya, dl saya di tes-nya ketika h-2 pertama kali datang. Iya saya flek di program k-1 n k-2, kt suster sih selama flek coklat aja n sedikit g apa2 krn itu proses penempelan embrio. Tp dr pengalaman saya kl makin byk hrs hati2, cpt aja di usg untuk di cek sumbernya dari mana. Ga semua yg + mengalami flek kok, ada jg yg lancar2 aja. Mdh2 mb’stella berhasil + dan lancar kehamilannya y. Program dimana mb?

  20. vivy

    Dear Nana,

    Salam kenal ya…:)
    aku vivy…:)
    Congratz untuk keberhasilan kehamilannya dalam program bayi tabung di
    RS Family, semoga kehamilan nya lancar dan sehat-sehat ya, sampai baby
    nya di lahirkan nanti, emmm…ngomong” baby nya kembar atau ga nih?
    hehehe.
    aku coba email ke nana_010180@yahoo.com tapi tidak terkirim, jadi aku ke web aja, hehehe

    aku udah nikah 6 taun lebih dan blom sempet hamil, karena menderita
    kista endometriosis 2006-2010 baru dioperasi laparoscopy di RS Family,
    karena hasil HSG tuba Follopy tersumbat kedua-dua nya, dokter
    menganjurkan untuk menempuh jalur Bayi Tabung akhir desember 2011,
    tapi karena blom siap dan mau tau banyak tentang artikel bayi tabung,
    aku dan suami memutuskan taun ini untuk program, mengingat usia aku
    udah 32 taun dan suami usia 36 taun.

    oh iya karena ini bayi tabung yang pertama kali buatku, aku mau banyak
    tanya nih sama nana, maaf ya merepotkan…..
    1. persiapan bayi tabung apa aja ya? selain biaya dan mental, misalkan
    harus akupuntur dulu atau makan makanan yang mengandung protein atau
    apa?
    2. biaya bayi tabung kamu dari awal konsultasi sampai dokter
    menyatakan positip hamil, sekitar berapa juta?
    3. proses suntik Hormon gonal F, suntik sama suster atau suntik
    sendiri di rumah?
    4. pada saat OPU (Ovum Pick Up) itu kan sakit sekali kalo tidak
    dibius, apakah di RS Family pada saat OPU dibius atau tidak, seperti
    di RS Siloam surabaya itu temen ku jalanain bayi tabung tidak dibius,
    menurut temenku sakitnya ampun” deh)
    6. melakukan konsultasi dengan dokter, dan cek awal pemeriksaan darah
    + sperma + hormon itu hari keberapa menstruasi ya?
    7. kira’ dari pengecekan awal sampai melewati suntik gonal F lalu OPU
    dan ET,membutuhkan waktu berapa minggu?

    sementara ini dulu pertanyaan dari aku, maaf banget ya banyak
    pertanyaan nya, thanks sebelumnya ya atas waktu mau balas dan jawab
    semua pertanyaan ku…

    Regard’s
    vivy (vy1810@gmail.com)

  21. Laras

    Hallooo…. Salam kenal semuanya… Seneng ya bs gabung…
    @nana.. Selamat Yaa….. Berhasil BT … Semoga sehat2 baby and ibunya… Amin.
    @anggi… Wah..Kita sama2 program BT di dokter karel RS abdi waluyo, kt sharing2 ya…aku skrg lg program BT.. Sdh transfer embrio…skrg lg deg2kan nunggu hasil. Senang bgt Ada group ini.. Jd berasa gak alone.. Bisa saling bagi pengalaman dan saling support.
    GBU all..

  22. nita

    salam kenal mb nana” sy nita 28th.pernah hamil ektopik 1x.

    oktober 2011 kami mlkukan ivf tp gk berhasil.
    mei 2012 kembali mlkukan ivf,ni adl embrio yg dibekukan tp hanya hamil 8minggu sbb dokte mengatakan baby gk ada jantungnya,untungnya bs spontan aborsi.dokter mengatakan lepas 3bln bs mlkukan ivf lg sbb kami masih ada embrio yg dibekukan.kami risau klu ivf ke3 nti berhasil hamil tp terjadi mslh yg sama kyk ivf ke2.
    dulu masa keluarkan ovari total da 36 tp yg bagus 9.6biji dibekukan.sy risau mslh keguguran akan berulang sbb ivf ke3 nti menggunakan embrio yg sama waktu dikeluarkan.sy ada baca ovari yg dihasilkan melalui hormon lebih bnyk persen rosaknya dibandingkan dgn ovari yg alami.sbb setahu sy hamil kosong disebabkan kelainan kromosom.
    sblum membuat ivf ke2 mb nana pun ada cikit2 ketakutan macam sy gk?
    mb nana sy tunggu balasanya atau mb nana sms sy di 0060143493298,nti bs lah kita kontek2.

  23. MURNI

    Dear All ,

    Saya senang baca2 pengalaman teman2 semua, saya juga baru melakukan BT pertamaku ,ET 18/9 dan pada hari tgl 3/10 sekitar 16 hari setelah ET aku mengalami Flek coklat dan hari ke 17 fleknya makin banyak tetapi bukan darah segar n nyeri di perut tidak terlalu sakit dan hari ke 18 pagi keluar gumpalan sebesar kelereng tetapi bukan darah seperti putih kayak kantong kosong gitu ,setelah itu fleknya berhenti dan hari 19 mulai ada flek warna pink tapi ngak banyak….saya mau tanya donk teman 2 ada ngak yang ngalamin kayak saya …..?mohon informasinya.

  24. Dini

    Salam kenal mbak nana,
    Saya dini,37 thn. Tgl 16 okt 2012. Saya opu di rs abdi waluyo. Pada waktu itu dapat 24 telur, dan 10 yg berhasil membelah. Tgl 20 okt, saya et dengan 3 embrio yg ditanam sedang sisanya di freeze. Sehari setelah et, saya juga mengalami sesak nafas dan perut terasa kembung. Saya juga pipis terus setiap 2 jam sekali. Sekarang sdh 7 hari pasca et, dan rasa itu masih terus terasa.

    Sy sdh diskusi dengan dokter, tp menurut dokter itu normal efek dr telur yg banyak. Sehingga hanya dianjurkan banyak minum air putih. Atau kalau memang rasa sakit agak terasa lebih boleh minum panadol. Kalau mbak nana waktu itu terasa kembung dan sesak nafasnya sampai berapa lama ya?
    Makasih

  25. dian

    Salam kenal mbak Nana,
    Semoga sehat dan lancar smp lahiran ya..

    Saya Dian 36 th, severe oat / smpat azo, miom, rahim retro, 8 th nikah.
    May kmrn IVF#1 dg 2 et blast grade 1 tp 1 blighted ovum dan 1 tdk berkembang
    pada 9 mg 5 hari..

    Lalu skrg 4hari stlah FET, 2 blast grade 1..

    Saya berusaha pasrah tapi sulit sekali utk tdk membanding2kan gejala yg dialami.
    Waktu yg kmrn, ga lama stlah ET lgs terasa kembung, spt mau haid, sakit di perut, lapar yg berlebihan, sensitif
    dg debu dll. Sdgkan yg skrg smp saat ini sy tdk merasa apa2 kec (maaf) sering buang angin.

    Yg sy mau tanya, apa gejala yg mbak Nana alami setelah ET dan FET?
    Apakah beda, atau sama? Mohon pencerahannya ya mbak.

    Terimakasih banyak.

  26. vincy

    dear mbak nana.. congratz y.. pasti agi sibuk2nya ngurus anak… sy rencana mo mulai bulan ini bayi tabung d family pluit… setelah mengumpulkan keberanian untuk menghadapinya.. dukung doa y..

  27. Yuni

    Lam kenal smua ya……mbak Nana babynya dah usia brp skrg? Ntuk temen2 tetap semangat ya,yuni sept’12 BT di family,usia 42,alhamdulillah Allah memberikan anugrah terindah,baby twin kami sekarang dah usia 4bln

  28. mom

    salam kenal juga mbak yuni…. senengnya ya skali dapet langsung 2, ga sia2 deh perjuangannya.
    kemarin program ivf di family dgn dok siapa? total biaya berapa?
    sebelum program apakah diharuskan untuk histeroskopi? thanks…

  29. Yuni

    @mom : alhamdulillah,klo di family mereka Tim,jd kita ndak bs pilih dokter,tp awal konsul yuni minta sama dr.Muchsin Jaffar (ketua Tim) selanjutnya menyesuaikan dgn jadwal dokter yg ada saat kita dtg pd siklus haid hari ke2 namun tetap dipantau dr.Much sin,paketnya 57 jg,tp yuni kmrn ada penambahan obt saat stimulasi sel telur,krg lbh totalnya 65,tiap org bs beda tergt kdsi n permslhn kt,mom pin bb brp?biar enak sharing,btw histeroscopy apa ya mom

  30. Rachma

    Selamat Yuni dpt baby twin…program BT yang ke berapa? sdh nikah berapa tahun? klu di RS Family maksimal usia berapa yang ditangani? nanti aku sms an ya…rencana awal tahun 2014 mau program BT juga. Terima kasih telah memberi kami semangat.

  31. Yuni

    Thx Rachma,prog.BT ke2,yg 1 di Penang,LWE dgn dr.NPW,blum berhasil,alhamdulillah di Family dpt twin,di Family yg yuni tau usia 48 aja ada dan berhasil,ok,ditunggu SMS nya

  32. Berty

    Siang moms, ak hbs ET tgl 16 sept 2015, skg lg h2c, yg dirasakan kembung banget sampe sesak klo pagi Dan malam, Hari ke 7 keluar flek dikit bgt, aku ga bedrest tp dirumah byk istirahat, trs Hari ke 9 Tes pack alhamdulillah dua garis yg satu msh Samar, tp siangnya keluar gumpalan darah Dan panik, ak lsg bedrest, bbrp menit ak bangun nge flek lagi agak banyak, hiks…makin panik trs SMS dokternya disuruh nambah utrogestan yg sehari 2x jd 3x, lalu cek bhcg juga Hari ini (ke 9), mohon doanya ya smoga sehat Dan berhasil hamil kuat aamiin

Comments are closed.