bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

6th July 2014

Menunggu pembagian raport rasanya makin dag dig dug aja – Putri

Hallo Semua sudah setahun lamanya saya follow website ini untuk menambah pengetahuan tambahan tentang bayi tabung.

Umur saya 27 thn dan suami 30 thn.
kasus : unexplain fertility
Effort : iui 2x gagal dan sedang menunggu hasil IVF

Singkat cerita saya program bayi tabung di BIC dengan dr. Arie Polim. Beliau dokter yg komunikatif dan informatif. selama program dengan beliau alhamdulilah saya nyaman. Kebetulan dibulan juni ada promo kartini do bic. Mulailah saya menjalani treatment di H+2 haid.
Setelah saya di screening hiv, hepatitis, torch, amh dan hormon dinyatakan saya layak mengikuti program bayi tabung dengan obat ELONVA 150 mg. Keunggulan ELONVA kalin tidak perlu suntik setiap hari seperti gonal f or puregon. Disuntikan H+2 Elonva di RSIA Bunda dan hari ke H+6,7,8 di suntik Olgalutran agar telur tidak pecah. H+9 Konsul ternyata telurku yg besar nanggung banget jadi ditambahkan puregon 225 iu dan olgalutran. Dan dijadwalkan H12 dijadwalkan OPUdab saya menghasilkan 11 telur. Dari 11 telur yg bisa jadi embrio 2 saja dengan kualitas good. karena 8 sel telur immature atau belum matang. Tapi diupayakan dimatangkan diluar dengan IVM dan yg jadi cuma 1 blastosis yg di freeze.
H14 dijadwalkan ET yang ditanam 2 embrio kualitas good. Sama sekali gak sakit tp kurang nyaman aja krn harus tahan pipis. Saya hanya istirahat 1 jam saja dan diperbolehkan pulang.

Menurut saya penantian 14 hari itu sungguh sanggat menguras emosi. Sebisa mungkin mengontrol emoai. Yg saya rasakan after ET perut kembung saja mungkin karena efek obat. Nah sekarang H-4 menjelang pembagian raport rasanya makin dag dig dug aja. Udah terasa tanda2 mens lagi seperti keram2, pinggang agak sakit, sama miss v mulai lembab gitu.

Mungkin saya boleh tanya gak apakah ada bunda sekalian yg merasakan seperti saya dan hasilnya Positif mengingat tgl 9 Juli jadwal bagi raport

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

posted in Efek samping, Jakarta, Obat, Proses | 25 Comments


23rd June 2014

Berhasil setelah thaw cycle ke 2 – Syen

Dear moms..
saya syen.. saya mau berbagi pengalaman bayi tabung.. saya berumur 29 tahun lama pernikahan 2,5 tahun..setelah satu tahun menikah saya baru mulai periksa ke dokter kandungan di bandung.. namun di bdg saya hanya dikasi obat penyubur saja krn ktnya sel telor saya kecil 9 bulan yg lalu saya mulai serius program dan pindah ke dokter di bic morulla.. hasil hsg dua saluran saya tersumbat dan harus bayi tabung solusinya lalu saya mulai program bayi tabung dan dapat 8 embrio..pada hari embrio transfer dimasukan 3 embrio,dan hasil bhcgnya 0,60 yakni gagal..
3 bulan kemudian saya thaw cycle dengan 2 embrio hasil sama gagal total dgn bhcg 10,60..dan selama masa 2 minggu penantian saya kena OHSS .. dada nyeri hingga sesek nafas hingga oleh dokter dikasi infus albumin…bener bener serasa dunia berakhir moms… sedih bgt hasil bhcg selalu rendahh.

Selang 2 bulan saya memutuskan pindah dokter tetapi masi di klinik yg sama.. dokter menyarankan operasi laparoskopi untuk melihat apa penyebab 2 kalo gagal bayi tabung sedangkan semuanya bagus, usia pun masi muda. hasil dari laparoskopi ternyata bagus dan tidak ada apa – apa yang salah.
setelah istirahat 2 bulan saya memutuskan thaw cycle yg ke 2 dgn 3 embrio dgn dr caroline..
selama masa penantian setiap pagi saya makan putih telur rebus sebanyak 6 buah, minum susu kedelai non sugar sehari dua kali, jus alpukat satu kali sehari, dan susu tinggi protein (sy pakai susu yg buat fitnes) sehari 2 kali berkaca dari program sebelumnya yang mengharuskan saya banyak mengkonsumsi protein tinggi untuk mencegah OHSS lagi.. alhamdulillah setelah dua minggu hasil tes darah positif dgn bhcg 200,10. pertama kali usg uda terlihat ada 2 kantung janin dan sudah ada denyut nadinya.. mohon doanya yaa teman 2 biar lancar terus… amiin
untuk yg sedang berusaha memiliki anak semangat ya moms.. mudah2 an pengalaman saya bisa membantu.. terima kasih

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

posted in Berhasil hamil, Jakarta, OHSS, Thaw cycle | 24 Comments


6th June 2014

Keberhasilan bayi tabung di usia 38th ke atas – Nada

Dear moms,
Saya nada usia 38 th pernah Icsi di usia 34th dapat cuma 4 telor dan kualitas’y ga bagus soo gagaal.
sampai saat belom mencoba lagi di karnakan halangan dan ekonomi poblem jadi tertunda. masalahnya sekarang aq jadi parno (takut kondisi telur makin buruk) dengan usia ku yg sudah 38 th. Aku sangat berharap ada temen2 yg mao sharing pengalaman keberhasilannya di usia 38 th ke atas untuk me suport mental ini.
terima kasih sebelumnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

posted in Tingkat keberhasilan | 26 Comments


6th June 2014

Inseminasi untuk mendapat anak laki-laki (pisah kromosom) – Violetta

Hai moms n calon moms, saya mau nanya ada ga yg pernah melakukan inseminasi untuk mendapat bayi laki2 (pisah kromosom ). Apa bener Bisa terjadi ya hal spt itu?
Tolong infonya donk. Krn sy ingin punya anak laki2, sebelumnya sy sdh punya anak perempuan. Tolong infonya ya moms…
Thx before.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 4.50 out of 5)
Loading ... Loading ...

posted in Inseminasi | 3 Comments


5th June 2014

Mulut rahim lemah – Rita

Di tahun 2011 yang lalu, saya dan suami memutuskan bayi tabung karena diagnosa dari dokter tuba falopiku kedua duanya non paten, saat itu umurku 29 tahun. Datanglah kami ke RS Siloam Surabaya dan memutuskan bayi tabung, Setelah menjalani prosesnya,,ada 6 embrio yang didapat, 3 ditanam di rahim ku dan 2 lagi di Frozen.

Alhamdulillah 2 embrio berkembang dengan baik dan aku berhasil hamil kembar aku bahagia sekali. Setelahnya aku memutuskan untuk balik ke kampung halaman diusia kandungan 2 bulan. Setelah itu 6 bulan berlalu kandunganku bertambah besar, pada pagi hari ketika bangun pagi tiba2 ada cairan yang keluar betapa kagetnya aku…seketika itu juga aku dibawa ke rumah sakit lokal dan disana aku diharuskan bedrest dokter kandungan yang merawat aku melihat bawah mulut rahimku lemah dan kemudian dokter memutuskan menjahit mulut rahim ku..,,tetapi tidak selang beberapa hari aku kesakitan dan akhirnya jahitan itu harus dilepas dan akhirnya aku harus iklas melepas 2 buah hatiku ( mereka kuberi nama miko dan zifa ).

Tahun 2014 ini akhirnya aku punya keberanian lagi untuk mencoba bayi tabung menggunakan frozen embrio.
Adakah yang bernasib sama dengan ku, punya mulut rahim yang lemah dan pernah dijahit ? dan bagaimana selanjutnya ketika program lagi dan berhasil apa perlu nanti setelah 4 bulan kandungan perlu dijahit lagi ? siapa tau ada teman2 yang punya masukan atau punya pengalaman yang sama denganku.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

posted in Berhasil hamil, Masalah kehamilan, Surabaya, Tuba fallopi bermasalah | 23 Comments


3rd June 2014

Pengalaman bayi tabung dgn Dr. Karel (RS. Abdi Waluyo) – Marina

Hai teman2 seperjuangan. Saya Marina, mau cerita pengalaman bayi tabung yg br saja sy lalui. Selama ini hanya jadi pembaca saja sambil belajar dr pengalaman teman2 & cari informasi ttg bayi tabung. Sy sdh menikah hampir 9 thn, umur sy saat ini 37 thn dan belum pernah hamil sblmnya. Masalah sy dan suami dr bbrp thn konsultasi ke bbrp dktr, suami varikokel (sdh operasi thn lalu) dan oligoteratozoospermia. sy sendiri thn 2006 dibilang py antibodi tinggi dan sempat treatment dgn PLI tp blm berhasil hamil. Selain itu, Haid lancar, saluran indung telur dua2nya paten, tdk ada kista/miom, sel telur selama ini hasil pemeriksaan dokter bagus. Jd sy sendiri kadang bingung knp sulit hamil alami apalagi setelah suami dioperasi dan treatment obat.

Akhirnya stlh bbrp kali konsul ke dokter, disarankan utk ikut program bayi tabung. Cari2 di internet tempat yg cocok (mostly info yg kami dpt dari bayi-tabung.com ini) akhirnya 2 thn lalu mutusin utk coba bayi tabung di RS. S. (yogya). Sdh bolak balik bbrp kali ksana bahkan sdh ijin cuti 3 mgu dr ktr tp pas mau mulai program slh satu dktr info bahwa dgn kondisi sperma suami akan sulit bayi tabung jadi harus disembuhkan dulu (sy jg bingung bukankah bayi tabung itu adlh solusi dr sperma issue). Akhirnya kami balik jkt dgn bingung dan balik ke dktr androlog yg diagnosa suami sy varikokel dan dkt kami jg bingung krn mnrt beliau hrsnya bayi tabung bs dilakukan walaupun sperma kurang dgn metode ICSI. Akhirnya dokter sarankan utk operasi varikokel dan stlh operasi kami coba alami tp stlh bbrp bulan kami putuskan utk coba bayi tabung lagi tp di jkt krn bolak balik luar kota takes time & money. Dari hasil survei byk yg sarankan di Klinik Morula-Bunda.

Akhirnya sekitar mei 2013 kami coba konsul dgn dr. Irham dan stlh menceritakan riwayat medis kami slama ini dktr sarankan bayi tabung krn faktor umur sy jg dan dr hasil pemeriksaan darah kami berdua, dokter blg km sdh bs program bayi tabung. Sy tanyakan kondisi sperma suami sy apakah memungkinkan utk bayi tabung (krn pengalaman yl) dan dokter mengatakan justru kasus spt kami inilah… istilahnya “mainannya bayi tabung” alias tdk masalah. Kbetulan saat itu ada promo sekitar 45 jt. Tp pas mau program tnyata krn ada slh paham dgn bag. adm promo tdk bs dberlakukan krn pas proses OPU nti sdh lewat dr masa promo (walaupun pas mulai program msh di masa promo) kira2 spt itulah. akhirnya kami pikir2 lagi krn takut biaya bs sampe 70 jt mgkn lebih. Maklum tabungan kami tdk byk dan sdh byk pengeluaran utk pemeriksaan dan operasi suami.
Akhirnya kami memutuskan utk coba konsul ke RS. Abdi Waluyo dgn Dr. Karel. memang sblmnya sy jg sdh dgr ttg Dr. Karel bahkan kakaknya suster dokter androlog suami dan relasi ktr sy jg ada yg berhasil hamil kembar dgn Dr. Karel. Dan awalnya memang ada 2 pilihan: Morula dan Abdi waluyo. Akhirnya sekitar Jun 2013 kami coba konsul ke Dr Karel. Pertama dpt no akhir 20. Memang dibatesin per hari 20 pasien.

Kesan pertama dokternya tdk byk bicara krn memang sdh tua ya.. tp ramah. Bbrp kali dokter Karel absen krn sakit dan digantikan Dr. Sigit, dimana dokternya informatif dan baiiik bgt. Mgkn krn msh muda jg ya. Akhirya mulai program bayi tabung di Abdi Waluyo s/d OPU. Dari 5 telor ada 4 yg diambil. Karena di AW tdk bs ICSI (dktr mutusin ICSI dgn kondisi sperma suami sy) akhirnya ICSI dan ET di RS Bunda. Ada 3 embrio yg di-transfer (1 Excellent dan 2 Good). Tapi stlh konsul lg 1 bln kmd, Dr. Karel bilang bayi tabung sy kali itu blm berhasil. (Oh ya, sblm program sy jg sempat bbrp kali Akupuntur). Sedih bgt krn harapan satu2nya saat itu gagal. Tp krn tahu bukan hanya kami yg merasakan kesedihan spt ini, jd km tdk putus asa dan berniat coba lg.

Finally, hampir sethn kmd setelah kumpulin modal dan persiapkan mental, kami coba lagi utk ikut bayi tabung kedua dgn Dr. Karel.
Tgl 22 Maret sy mulai konsultasi pertama kali dgn dktr karel dan lgsg blg mau program bayi tabung ke-2. Program ke 2 ini Dr. Karel lbh sehat krn tdk pernah absen spt thn lalu. Puji Tuhan semoga dktr dberikan kesehatan spy bs m’bantu pasien2 yg b’harap bgt py buah hati. Konsul 1 Sy dikasih 1 vit dan suami agak bykan dan disuruh datang pas haid hari kedua utk mulai program.

Tgl 19 Apr, pas haid hari kedua kami kontrol, USG dan dikasih obat spt biasa (Gastrul, Progynova, Primperan, Kenacort)
Tgl 26 April, seminggu kemudian USG lagi utk lihat perkembgn sel telur dan saat itu dokter sempat komen, kl rahim sy bagus dan tebal, sel telur jg bgs.. pokoknya yg bagus2. Sy lgsg bersyukur krn mmg sejak 1-2 bln sblm program sy berusaha makan sehat dan rajin nge-gym/yoga. Pagi makan 2-3 telor (menjelang dekat OPU bs sampe 5 telur), madu, juice : wortel, tomat, apel, siang bw makan ke kntr (tdk pernah jajan), sore kc hijau, malam makan alpukat. Info ini jg sy dpt dr tmn2 (trims buat tmn2 yg sdh sharing). tp gak tau knp sy gak ikut akupuntur lg, agak malas jg saat itu. hehe. Jgn ditiru. Kunjungan kali ini sy dikasih obat lbh byk dr minggu lalu.

Tgl 5 Mei, kontrol lagi, disuruh bw fertitest tp gak jd dipakai tp disuruh balik besoknya, USG dan mnrt dokter ada 2 telur disebelah kiri dan 5 sblh kanan yg besar dan dikasih obat lg utk bbrp hari sampai OPU. (obatnya lbh sedkit dr mgu lalu).

Tgl 6 Mei, Konsul terakhir sblm OPU, cek urin dgn fertitest dan disuntik Cetrotide. Jam 1 Pagi tgl 7 Mei disuruh ke RS utk suntik lagi Ovidrel dan 5 mnt kmd lanjut suntik Gonal F dgn kondisi ngantuk2. hehe.. mana hrs siap2 kerja jam 5 pg. Tp krn enjoy jd dijalanin dgn sukacita aja.

Tgl 8 Mei, OPU jam 11.30. Aku ngantor dulu (untungnya ktr di thamrin jd kl bolak balik ke RS deket, Cuma 15-20 mnt), suami duluan ke RS utk urus admin dan jam 11 teng aku sampe. hehe..mepet. Tes tekanan darah dan siap2 masuk ruang tindakan. OPU cuma 30-45 mnt kyknya. setelah sadar dokter bilang dari 7 telor yg bisa diambil hanya 4 telur. Pengalaman yl dari 4 yg diambil ada 3 yg di-transfer, aku berharap kali ini jg sama. Bahkan ak b’harap bgt ada lbh dr 3 yg bgs jd bs di simpan. Setelah istirahat 2 jam aku balik lagi ke kantor (krn abis ET mau cuti seminggu jd gak enak kalo byk bolos). Perut agak nyeri dikit tp msh sanggup kok, jam 5 teng langsung capcus pulang.

Oh iya, mulai akhir thn 2013 Abdi waluyo sdh bisa ICSI, jd aku gak perlu ICSI di RS lain (bahkan wkt konsul, sempat tercetus dr Dr. Karel kl ICSI di Abdi Waluyo byk yg berhasil drpd di tmpt lain beliau praktek.. wkt itu dgrnya harapan makin membumbung dan bersyukur gak perlu pindah2.
Tgl 9 Mei, dpt telp dr Dr. Titiek (tim Dr. Karel) bhw dari 4 telur yg diambil dan di ICSI cuma 1 yg berkembang bagus. Tuinnnggg… sedih banget dan syok. Kok bisa, pdhl persiapan dan makananku lbh afdol dr thn lalu. Tp memang aku dan suami pas program sempat gantian kena flu, apa krn kondisi tubuh gak fit jg berpengaruh ya. Harap2 cemas kalo tdk ada embrio yg bs di transfer. Tp dr. titiek ttp optimis dan blg besok siap2 ET. Walopun tdk sesuai dgn harapan awal tp ak trus berdoa dan berserah semoga besok semua lancar. Tuhan tahu wkt yg terindah buat kami. Amin.

Tgl 10 Mei hari sabtu. The big day. ET dijadwalin jam 4 sore. ada obat yg harus diminum jam setengah dua. jam 3 sampe di AW dan suami urus admin aku di tensi dan suster bawa ke ruang tindakan utk persiapan. Ketemu Dr titiek dan lgsg info bahwa satu2nya embrio-ku berkembang dgn baik, sesuai yg diharapkan. Puji Tuhan. Gak lama kmd Dr karel datang mulailah beliau proses ET. Diiringi doa dgn harapan satu2nya embrio-ku dgn kualitas Excellent dimasukkan ke rahimku, ak berserah. Terima kasih Tuhan sdh mendampingi setiap proses yg ak jalani, ak benar2 berserah kpdmu. Bayi tabung-ku kali ini ak memang lbh tenang, berusaha enjoy dan happy, gak mau mikir yg aneh2.

Seperti biasa dr Karel haruskan ak utk nginap semalam di RS. Dan selama 5 jam gak boleh BAK. Apalagi turun tmpt tidur. Aku dipindah ke ruang perawatan dan baru BAK jam 10 mlm pake pispot. Untungnya gak t’lalu berasa pipis. Ak gak berani miring2, Cuma terlentang aj. Suster jg blg jgn byk gerak dan baru blh turun bsk pagi. Ak nurut aja, toh ini smua demi yg terbaik jg. Bahkan sampe bsk pagi ak gak mau turun dulu lbh milih BAK di pispot aj. Menjelang siang pas boleh pulang br turun tmpt tidur.
Di rumah bedrest total sampai hari kamis. Jadi sekitar 5 hari sejak ET. Selama bedrest berusaha utk tenang, gak mikir macem2, makan yg sehat2 dan byk senyum. Krn ak percaya senyum itu bikin suasana hati riang. Perasaan stlh ET, perut spt kembung (buang angin trus) walopun makan setiap 3 jam sekali. Perut bwh spt kram/ditarik2, sembelit.. itu jg terus berlanjut sampe skrg. Perut kyknya cepat bgt membesar ya. Seminggu stlh ET sempat pusing/migren dan mual 3 hr abis itu hilang. Hari ke 6 ak masuk kerja spt biasa. Peraaanku slama di kntr malah lbh santai, agak bandel dikit ya (dbanding yg 1 jalan aja pelaaan bgt), tmn jg blg yg kali ini aku beda. Tp memang kl ini kyknya lebih optimis walopun hanya 1 embrio di dlm rahimku, tp ak percaya kl Tuhan berkehendak maka akan terjadi. Begitu sampe rumah ak lgsg rebahan di kmr gak ngapa2in. Istirahat total.

Tgl 24 Mei 2 minggu stlh ET, hari penentuan sekaligus hari yg menegangkan. Kontrol pertama stlh ET. Dpt no 14, dktr agak terlambat krn ada ET. Ak baru dipanggil jam setengah 9 mlm. nunggu yg paling lama selama ini. Tp ak jg gak se-deg2an atau ketakutan spt thn lalu. Pas di USG, baru sj mulai dktr lgsg komen.. (kira2 begini) Wah, kalau spt ini biasanya hamil. Sepertinya hamil ini. Ak lgsg teriak, yg bener dtr.. Puji Tuhan. Dokter suruh ak beli alat tes kehamilan dan ambil urin. Ak sama suami pandang2an sambil mo nangis tp senyum sambil ke apotik, rasanya gak percaya. Gak brp lama, kami masuk lagi dan dktr tes pake alat dan hasilnya positif (btw dirmh ak mmg ga pernah test krn takut..hehe). Selamat ya kata dktr. Mnrt dktr sdh 4 mgu. Obatnya diterusin dan ditambahkan vit. Sy ty apa perlu suntik penguat, dktr bilang obat yg diminum itu sdh tmsk obat penguat. Disuruh balik 2 mgu lg utk lihat perkembangannya. Oh Tuhan, semoga semua lancar, semoga janinku baik2 saja. Sambil nunggu obat serasa hatiku melompat2 kegirangan. Ak sama suami gak berhenti pandang2an dan bersyukur dlm hati. Bbrp pasangan ty ak sdh hamil brp bln (krn mmg perutku cepet besar ya, skg aja kyk sdh 2 bln). Ak seneng bgt jwbnya ak blg 4 mgu, trus mrk tanya2 ttg proses bayi tabung.

Saat ini sdh jalan 5 mgu, ak ttp kerja dan aktifitas biasa tp lbh hati2. Perubahannya PD sakit, kadang2 perut msh kram dan kl sore kadang pinggang agak pegel. Mual kadang2 sh, pagi2 sm tengah malam t gak parah. Trus setiap 2-3 jam perut laper kadang subuh2 kebangun dan gak bs tidur krn laper. Jadi ak ngemil biskuit dh subuh2.
Biaya yg dihabiskan selama proses :
- Konsul, Obat2-an sampai sblm OPU dan 3 kali suntik : Rp. 2.783.750
- OPU, ICSI & obat2an : 19.497.750
- ET & rawat inap & obat2an : 14.177.050
Total 39.154.500

Demikian teman2 sharing dr sy. Semoga bermanfaat buat tmn2 yg lg cari info bayi tabung dgn biaya yg tdk terlalu mahal. Jgn putus asa, walopun misalnya sel telur cuma sedikit jgn pantang menyerah. Kalau Tuhan sang pemberi kehidupan berkehendak walaupun bagi kita mustahil tp tdk bagi Tuhan. Yg penting makan yg sehat, enjoy dan tdk stress. Mohon doanya tmn2 semoga kehamilan sy lancar. Terima kasih bayi-tabung.com. Terima kasih tmn2 yg sdh sharing. Tuhan memberkati.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

posted in Antibody, Berhasil hamil, Biaya, Jakarta, Obat, Proses, Sperma bermasalah | 30 Comments


  • Recent Comments

  • Wenny: Sy jg lg hamil kembar dgn usia kehamilani masuk 22 minggu. Ada yg...
  • lusia: wah menarik sekali.salam kenal semuanya.saya juga lagi menjalani...
  • yan: amin, amin. km blh add pin aq 7d342070.
  • Danil: @dear mba venny: Teman saya juga mempunyai masalah azoospermia....
  • Caroline: Aminn.. Trimakasih ya yan.. Ini aku lg mau suntik pregnyl lg...
  • yan: oww kalau begitu kamu pasti hamil. ga ush terll dipikirin, yakin aj...
  • Caroline: Aku udah dikasih aspirin pengencer darah sih.. aku prnh tny sm...
  • yan: @caroline, kl saya blh saran, km coba cek kekentalan darah. karena...